CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61371ada2f45b05036063c0f/hati-hati-makan-sayur-mentah-jangan-sampai-mengalami-nasib-seperti-gadis-ini

Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!


Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!
sumber: gambar

Mengkonsumsi sayuran dapat membantu melancarkan sistem pencernaan kita dan tentunya banyak sekali manfaat lainnya yang akan kita dapatkan jika kita rajin mengkonsumsi sayuran. Salah satunya adalah mencegah penuaan dini dan menurunkan berat badan.

Sayuran tidak hanya dapat dikonsumsi setelah dimasak, tapi ada beberapa sayuran yang dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak alias mentah.

Pecinta makanan lalapan, gado-gado atau asinan pasti tahu gimana nikmatnya makan sayur mentah. Rasa manis dari sayurnya sangat terasa apalagi kalau dicolek dengan sambal yang pedas, hmmm rasanya pecah deh.


Manfaat mengkonsumsi sayuran mentah tidak kalah dengan saat dimasak, malah sebagian sayur ada yang kandungan vitamin didalamnya akan berkurang jika dimasak.

Namun, untuk penggemar sayuran mentah yang sangat perlu diperhatikan adalah cara mencuci sayuran tersebut. Karena bila mencucinya tidak bersih maka dikhawatirkan ada bakteri atau sisa-sisa pestisida yang masih menempel dan membahayakan kesehatan kita. Nah, kalau sudah begitu bukannya jadi semakin sehat malah mendatangkan penyakit baru, ya kan.


Selain itu, yang ditakutkan juga adalah kejadian seperti yang dialami seorang wanita yang sedang menikmati sayuran mentah di sebuah video yang aku tonton kemarin ini.

Spoiler for makan sayur mentah:


Wanita yang sedang asyik hendak memasukkan makanannya yang dibalut dengan daun selada itu tiba-tiba dikagetkan oleh sebuah penampakan yang keluar dari sayuran tersebut. Penampakan itu berupa seekor ulat yang biasanya ditemukan di dalam sayuran.

Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!

Hal seperti yang dialami wanita itu kemungkinan besar disebabkan karena kurang teliti saat membersihkan daun selada tersebut.

Membersihkan daun selada sebenarnya tidak ribet, kalau aku biasanya aku potong bagian bawahnya dulu, setelahnya dicuci perlembar, jadi dicuci satu-satu gitu, gak dimasukkan dalam dan dibasuh sekaligus gitu. Setelah itu baru ditiriskan, setelah tiris baru disandingkan dengan lalapan.


Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!

Kejadian serupa pernah aku alami saat hendak makan dengan sayur bayam yang dimasak bening di rumah seseorang. Pas mau ngambil sayurnya eh di dalamnya ada ulat segede jempol yang mati mengenaskan. Langsung saja aku buang beserta mangkuknya dan nafsu makan pun hilang dalam sekejap.

Setelah kejadian tersebut, meski bukan di rumahku sendiri, aku jadi lebih teliti saat masak sayur. Bahkan, aku sempat parno hingga berbulan-bulan untuk makan sayur.

Membersihkan sayuran seperti daun selada, brokoli, kubis, bayam, kangkung, sawi baik yang putih atau yang biasa (hijau) dan lainnya itu memang selain harus dicuci berkali-kali di air mengalir juga harus dilihat dengan teliti. Karena kadang memang ada makhluk kecil meliuk-liuk itu berbunyi di lipatan-lipatan sayur. Kalau ulatnya itu besar mungkin cepat terlihat, kadang ada ulatnya itu putih kecil-kecil gitu yang harus benar dilihat dengan teliti.

Saat mencuci sayuran yang berlipat atau tertumpuk seperti selada, kubis atau sawi putih dan sejenisnya maka baiknya dicuci tiap helai saja. Periksa seluruh permukaan tiap helai daun hingga ke sela-selanya, takut ada ulat atau sisa-sisa tanah yang terselip.



Oke, kiranya cukup sampai di sini dulu, semoga kejadian yang aku tuliskan ini bisa dibuat pelajaran, agar lebih hati-hati dan teliti saat memasak sayur atau saat makan di luar misalnya.

Apakah agan atau sista pernah mempunyai pengalaman seperti yang tertulis di thread ini? Yuk, cerita di kolom komentar!

emoticon-terimakasih

@istijabah
Referensi dan sumber gambar: di sini dan pengalaman pribadi.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh istijabah
Halaman 1 dari 3
Ngeri! Gak kebayang kalo tertelan
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Nyuci sayur berdaun lebar sprti sawi & selada itu lebih gampang krn selain ulatnya sangat jarang, klopun ada lebih terlihat dan mudah dibilas dgn air.

Yg lebih tricky cuci sayur bayam krn banyak lipatan suka ada kulit beras dari pupuk jerami, meski ulat juga sangat jarang.

Tg paling menantang itu membersihkan brokoli dan kembang kol...selain ulatnya banyak dan berbagai ukuran, juga sulit terlihat karena posisinya disela2 sempit. Meskipun klo termakan jg gak ada efek apa2 krn ulat daun gak beracun.

Tapi asal memilih sayur yg bersih, fisiknya bagus dan utuh sprtinya bakal lebih jarang ketemu ulat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miligan dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pengen dosa, tapi takut ngakak...
emoticon-Traveller
Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman gua makan Mie Ayam yg di dalamnya ada ulat ijo nya
profile-picture
profile-picture
ilnero dan istijabah memberi reputasi
Ndak apa, kabarnya isi perut kecoak dan ulat bakal jadi sumber protein di masa depan...emoticon-Leh Uga
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Hati-hati Makan Sayur Mentah, Jangan Sampai Mengalami Nasib Seperti Gadis Ini!
profile-picture
profile-picture
jiresh dan istijabah memberi reputasi
Ciri sayuran yang sehat alami ya yang ada/pernah dhinggapi ulatemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan istijabah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Iya, bayam lebih sulit. Aku biasa di ambil satu-satu daunnya, takut ketemu ulat 😭

Quote:


Pengen es krim tapi adanya tepung emoticon-Cape d...
Quote:


Waduh, dari daun sawinya ya?

Quote:


Waduh! Nyang bener, gan 😲
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
iyes brokoli lebih susah bersihinnya, uletnya ngumpet di sela² celah brokoli
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Ya komplit dapet protein nabati dan hewani
profile-picture
istijabah memberi reputasi
Tanda sayur sehat organik emoticon-Malu
profile-picture
ilnero memberi reputasi
Dimakan juga gak bikin mati....
profile-picture
kopiko0385 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
berarti ga bersih pas nyucinya ya gan emoticon-Big Grin
Kalo ulat mah gpp... Pernah ga makan daging ayam...antara tulang dan dagingnya ada ulat. Gw pernah...emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Lah vitamin itu, kek ulatnya pete, ulet itu kan makannya pete, jd sama kek peteemoticon-Ngakak
profile-picture
ilnero memberi reputasi
inilah ketakuan terbesar ane makan lalapan atau sayuran yg mentah di rumah makan... (walaupun konteksnya di video bkn di rumah makan ya gan) emoticon-Takut


apalagi makannya pake tangan... udah combo deh itu dua... walaupun udah cuci tangan, ane ga percaya sma tangan sendiri emoticon-Ngakak

skarang udh plus zamannya corona, dah combo 3x deh... makin ga dipercaya aja itu tangan ane... emoticon-Ngakak


mkn sayur di rumah setidaknya ane percaya krna ane bersihin sndiri bisa sampe stgh jam lebih klo banyak... kdang dicelup aer garem dlu emoticon-Ngakak
profile-picture
gpfan memberi reputasi
Diubah oleh gosyorenta
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane pernah makan rambutan, keluar ulat kecil pas dimulut
profile-picture
rizalirawan memberi reputasi
Ya iyalah jangan asal makan aja cuci dulu tuh sayurnya pake air mateng emoticon-Cape d...
ada uletnya itu yang bikin renyah crispy

emoticon-Leh Uga

ane maniak karedok gan.
kebayang kan tu karedok semuanya sayuran mentah.
Bismillah aja deh sebelom makan.
profile-picture
gpfan memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di