iskrimAvatar border
TS
iskrim
Inilah Persamaan Berhutang Dan Pengguna Narkoba, Jangan Ditiru Meski Kepepet!


[ HT# 773 ]

Setiap manusia memang harus memiliki tujuan hidup agar tercapai apa yang dicitakan dan diharapkan. Tujuan hidup seseorang memang bermacam-macam, salah satunya adalah ingin bebas finansial.

Pemenuhan kebutuhan manusia biasanya terbagi dua; kebutuhan yang sifatnya mendasar dan keinginan. Ketika sebuah keinginan mengalahkan kebutuhan dasar maka sifat serakah dan merugikan orang lain menjadi sikap yang terlihat oleh seseorang yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.

Lalu dimana persamaan orang berhutang dengan pemakai narkoba? Secara mendasar menurut saya adalah sama-sama ingin cepat terpenuhi kebutuhannya berdasarkan keinginan secara instan.

Bisa kita lihat bagaimana orang bersusah payah demi berhutang sana-sini, tak berbeda dengan pinjaman secara instan online, dampaknya sama saja sadar atau tidak sadar kita akan terjerat dalam lingkar saithon.



Jika tidak bisa melunasi hutang sesuai dengan perjanjian kita sebagai kreditur biasanya akan terus ditagih, makin stress melihat orang lebih darinya, selalu diteror oleh debcollector tak kenal waktu.

Mirisnya mereka yang tidak siap mental dengan keadaan ini akan mudah menyerah, misal dengan mengakhiri hidupnya, menjual apa saja demi membayar hutang, gelap mata yang akhirnya menjadi pencuri demi gali lubang tutup lubang. Begitu seterusnya demi membayar hutang dan bunganya.


Tidak beda jauh dengan pengguna narkoba, awalnya coba-coba, ketika sudah ketergantungan hidupnya akan masuk dalam lingkaran saithon. Tabungan habis-jual barang-cari pinjaman-beli narkoba-menikmati narkoba. Saking ketergatungan dengan narkoba begitulah seterusnya alur hidupnya.



Ketika uang dan barang habis untuk membeli narkoba dia akan melakukan segala cara. Si pemakai akan resah terus hidupnya, gelisah ketika narkoba tidak ditangannya, selalu diteror dalam imajinasi semunya dan menjadi buruan polisi. Hidup jadi terasingkan dan merasa tidak aman.

Menjadi pelajaran hidup bagi kita yang masih sadsr dan legawa dalam menjalani hidup yang sementara ini. Kalau menurut guru saya; sering-seringlah melihat nasib orang lain yang tidak seberuntung kita, perkuat iman, milikilah karakter dan percaya diri agar lebih tegar dan kuat dalam menjalani hidup.

Dalam hidup ini saya pribadi memiliki prinsip menjauh dari urusan : kepolisian, rumah sakit, hutang piutang. Tapi lebih mendekat kepada ilmu, agama, bersosialisasi yang sehat dan membangun karakter.

Dikondisi saat ini semoga kita selalu diberi kemudahan, kesehatan dan kesabaran oleh Tuhan. Aamiin. Bagaimana menurutmu?



"BERHUTANG dan NARKOBA
SECARA SADAR, SAMA SAJA DENGAN MEMBAKAR KAKI SENDIRI"

iskrim





Copyright © 2016 - 2021 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 




Diubah oleh iskrim 01-09-2021 23:33
nosmotor
nyantaiwaelah
penyukabiru
penyukabiru dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan