machinAvatar border
TS
machin
Mau Pamer Motor atau Emang Bandel? Nongkrong Kog di Jalur Penyelamat?!
Selamat malam agan aganwati, sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose

ilustrasi

Penghuni KasKus ada yang pernah jalan-jalan ke Cangar, Kota Batu, Jawa Timur? Kalau pernah, pasti tahu kan ya bagaimana kondisi jalannya di sana. Jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Nah, ada daerah yang lokasinya memiliki tanjakan yang cukup panjang, sehingga seringkali ada pengguna mobil atau motor yang remnya blong. Karena seringnya terjadi kejadian tersebut, di daerah jalan tersebut disediakan jalur penyelamat bagi kendaraan yang mengalami kondisi darurat seperti itu. Biasanya, jalur penyelamat ini diberikan bantalan untuk menahan kendaraan yang butuh berhenti secara darurat. Kadang ada yang menggunakan ban bekas atau ada pula yang menggunakan "gabah" yang dimasukkan karung beras. Sehingga benturan kendaraan lebih terminimalisir dan mengurangi atau menghindari korban jiwa.


Dengan fungsi yang seperti itu, jadi jelas, secara fungsional itu harus selalu kosong dan tidak ada orang atau kendaraan yang berhenti di area tersebut. Karena area ini yang memiliki panjang dan lebar rata-rata 20 meter dan 3 meter, seringkali dijadikan oleh anak-anak muda tempat nongkrong di area ini.


Gerombolan pemotor semacam ini tak jarang terlihat berhenti di tempat-tempat yang kosong dan luas. Salah satunya adalah area jalur penyelamat ini. Aku kurang tahu tujuan mereka apa berhenti di tempat seperti itu. Sebagai orang yang jarang sekali bepergian rombongan menggunakan motor atau sebutannya sebagai "anak touring", aku tidak paham maksud dan tujuan mereka berhenti di tempat seperti itu.

Sudah jelas terpampang tulisan bahwa dilarang untuk berfoto ria di sepanjang jalur penyelamatan. Tidak hanya berfoto, di situ juga tertulis bahwa dilarang berhenti/parkir di area itu, kog  ya masih saja dilanggar? Sebenarnya orang-orang seperti mereka ini darurat apa sih? Darurat membaca atau darurat melihat kanan kiri? Atau darurat lainnya?


sumber
Kalau tiba-tiba ada mobil atau kendaraan besar sedang membutuhkan jalur penyelamatan itu? Kira-kira apa sempat itu rombongan pemotor mengamankan kendaraan mereka? Kalau semuanya sedang kondisi awas sih kemungkinan untuk selamat masih ada, lha  kalau misal mereka ada yang  meleng ? Ya jelas wafat lah.
Kejadian pada foto ketiga tersebut di jalur penyelamat turunan emen di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Polisi Tindak Pengendara Roda Dua Nekat Nongkrong di Jalur Penyelamat Turunan Emen Subang, Jawa Barat. Jalur itu termasuk salah satu jalur yang sering terjadi kecelakaan, makanya itu dikasih jalur penyelamatan.


Quote:

--
Terimakasih banyak sudah mampir di thread  sederhana ini.
Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose
Diubah oleh machin 30-08-2021 13:05
yasyah81
antonisalim007
meowila
meowila dan 21 lainnya memberi reputasi
22
11.4K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan