andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Punya Uang Rusak Atau Dimakan Rayap? Tukar Aja Di BI

source

Ada beberapa orang berpendapat kalau hidup tanpa cinta ibarat rumah tanpa pintu, ibarat taman tanpa bunga dan masih banyak ibarat-ibarat lainnya. Tapi, menurut ane yang paling pasti dan paling mempengaruhi kehidupan adalah hidup tanpa adanya uang.

Kenapa demikian? Kagak perlu ane sebutkan alasannya, karena setiap dari Agan dan Sista seranah Kaskus raya sudah sangat hafal gimana keadaan ketika tidak punya uang. Mau beli ini itu sulit, pengen kesana-sini sulit, bahkan pengen ketemu Doi juga susah karena kagak ada uang buat bayarin jajan dan beli bensin.

Tapi, ada hal diatas kagak begitu berarti ketimbang uang yang kita punya udah gak layak edar atau rusak. Apalagi kalau uang yang ada ditabungan atau yang kita simpan habis dimakan rayap dan hewan pengerat lainnya. Pasti nyesek banget kalau sampe kejadian kek gitu terjadi dikehidupan kita.

Namun, jangan dulu ngamuk atau marah-marah gak jelas. Mending beresin uangnya dan sambung sesuai dengan lembaran dan warnanya serta bawa ke Bank dan tukarkan dengan uang yang baru lagi. Loh, emang bisa gitu uang rusak atau gak layak edar ditukar di Bank? Ya bisalah!

Sejatinya uang yang kita punya itu milik BI, dan BI wajib menukar uang yang rusak atau gak layak edar dengan uang yang baru sesuai nominalnya dengan catatan sebagai berikut ini. Keep scrolling and santuy ya GanSist.

Sebelumnya, gak semua uang rusak bisa GanSist tukar di BI, ada beberapa uang yang gak bisa ditukar. Contohnya:


Kesatu:
Uang yang mau GanSist tukar harus masih berlaku masa edarnya atau masih sah dan bukan uang lama.

Kedua:
Besar uang yang hendak ditukar harus lebih besar 2/3 bagian uang. Yang artinya uang rusak tidak boleh lebih dari 1/3 bagian uang yang rusak tersebut.

Ketiga:
Uang yang rusak harus ada nomor seri yang sama. Misalnya uang yang GanSist punya terpotong atau sobek, bagian satu dan yang lainnya harus ada, baru bisa ditukar.

Terus, gimana caranya buat nukarin uang rusak itu?

Kesatu:
Bawa uang rusak yang masih memenuhi syarat yang GanSist punya ke Bank Indonesia.

Kedua:
Datang ke BI atau Bank Umum yang ada layanan penukaran uang rusak.

Ketiga:
Berikan uang rusak yang Agan dan Sista punya ke petugas Bank.

Keempat:
Uang yang GanSist discanning sama petugas.

Kelima:
Kalau uang rusak yang GanSist punya masih sesuai syarat, bakalan diganti dengan yang baru dan sesuai nominal uang yang GanSist punya.

Keenam:
Kalau uang rusak GanSist gak sesuai syarat, GanSist diminta mengisi formulir pengajuan penelitian.

Ketujuh:
Kalau GanSist gak setuju, uang rusak dikembalikan sama GanSist lagi buat dibawa pulang dan gak bisa ditukar lagi di Bank.

Mudahkan GanSist? Jadi kalau punya uang rusak atau sobek jangan dibiarkan gitu aja, apalagi sampe dibuang. Ingat, nyari uang itu susah, kagak kayak lagi ngabisinnya yang gampang banget.

Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat buat kita semuanya ya GanSist. Sampai jumpa kembali dilain waktu dan ragam thread lainnya. Salam sejahtera, jangan lupa bersyukur dan selalu bahagia dimanapun kalian berada.


Thanks For Visiting
Adios
:terimakasih:terimakasih:terimakasih
Ditulis dan Dinarasikan Oleh:

referensi
bang.toyip
EriksaRizkiM
RyuDan2255
RyuDan2255 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
6.4K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan