CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Utang RI ke China Diam-diam Naik 474% Jadi Rp 305 T
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/612ca6f601db884a017c5c2c/utang-ri-ke-china-diam-diam-naik-474-jadi-rp-305-t

Utang RI ke China Diam-diam Naik 474% Jadi Rp 305 T

Utang RI ke China Diam-diam Naik 474% Jadi Rp 305 T

Bank Indonesia (BI) melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia per akhir kuartal II-2021 atau hingga akhir Juni 2021 mencapai US$ 415,1 miliar.
Dengan asumsi US$ 1 setara dengan Rp 14.300, maka ULN Indonesia adalah sekitar Rp 5.977 triliun. Utang luar negeri ini terdiri dari utang pemerintah, BUMN, dan sektor swasta.

Negara mungil tetangga Indonesia, yaitu Singapura, masih menjadi negara pemberi utang terbesar. Jumlah utang luar negeri Indonesia yang diperoleh dari Singapura mencapai US$ 64,83 miliar per Juni 2021, atau lebih dari Rp 933 triliun.

Pada data tersebut ada yang menarik, yaitu angka utang luar negeri Indonesia ke China yang jumlahnya naik tinggi sekitar 474% dalam 10 tahun terakhir.

Pada 2011, angka utang luar negeri Indonesia ke China tercatat US$ 3,701 miliar atau sekitar Rp 53,29 triliun. Angka ini melonjak tinggi di Juni 2021 menjadi US$ 21,246 miliar, atau sekitar Rp 305,9 triliun.

Tidak dijelaskan dalam data tersebut, apakah utang tersebut merupakan utang pemerintah, BUMN, atau utang swasta. Namun yang pasti, utang pemerintah dan bank sentral Indonesia ke China tercatat hanya US$ 1,73 miliar hingga Juni 2021. Naik dari posisi di 2011 yang sebesar US$ 787 juta.

Berikut lima besar pemberi utang luar negeri terbesar Indonesia setelah Singapura di nomor satu:
- Amerika Serikat (AS) sebesar US$ 30,56 miliar atau sekitar Rp 469 triliun
- Jepang US$ 27,181 miliar atau sekitar Rp 391 triliun
- China US$ 21,246 miliar atau sekitar Rp 305 triliun
- International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) US$ 18,034 miliar atau sekitar Rp 259 triliun
- Hong Kong US$ 15,051 miliar atau sekitar Rp 216 triliun

"ULN di akhir triwulan II-2021 turun 0,1% (qtq) dibandingkan dengan posisi ULN triwulan I-2021 sebesar US$ 415,3 miliar. Secara tahunan, pertumbuhan ULN triwulan II-2021 juga melambat, dari 7,2% (yoy) pada triwulan sebelumnya menjadi 1,9% (yoy). Perkembangan tersebut didorong oleh perlambatan pertumbuhan ULN Pemerintah dan kontraksi ULN swasta," sebut keterangan tertulis BI soal posisi utang luar negeri.

/:imlek/: <<<sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
pinjem yuan tapi bayarnya pake usdollar sungguh ironi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Hutang pemerintah bentuk dlm surat berharga..jgn pikir Kayak elu hutang k temanmu y hahhahah..
Klo mao hujat pemerintah sekolah ekonomi dulu..
profile-picture
profile-picture
EnzoMan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dengan asumsi US$ 1 setara dengan Rp 14.300, maka ULN Indonesia adalah sekitar Rp 5.977 triliun. Utang luar negeri ini terdiri dari utang pemerintah, BUMN, dan sektor swasta.


masih kecil lah kebayar ma indo..kan masih punya persediaan.. 11000 T.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buzztrader
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Oh. Sekarang utang ke Amerika gede ya.

Yang ane tau dulu kalau g Singapura. Jepang. Korsel. Atau China.

Bagus deh masih banyak negara yang percaya Indonesia
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Singapore duit dari mana ya????
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagus donk. Walau negara ini banyak bgt kadrun yg jadi beban, dunia internasional masih percaya indon layak diutangin...
emoticon-Angkat Beer
Ras unggul dilawan

emoticon-Ngakak
Gaji ente juga meningkat 400% kan dibanding 10 tahun lalu....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kata emak ane...
klw kita ngutang nggk bayar.... ntar d akhirat dtagih.....

emoticon-Cool

Utang RI kyakny bayar d akhirat aj
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
yg gua bingung, sodaranya kadruns kok gak ada yg ngasih hutang ya ke kita? padahal tiap tahun kita habiskan ratusan milyar buat kirim warga kita ke sana, tapi saat kita butuh, kok gak mau bantu? padahal kita mau minjam, bukan ngemisemoticon-Marah
Negara gede.. kekayaan melimpah.. hihihi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa takut hutang gede? Kan disini biasa ngutang ga bayar, lebih galak yg ngutang dari yg di hutangin.

Tinggal ga usah bayar aja emang mau apa?
profile-picture
StormFury memberi reputasi
Diubah oleh Betutubali
Menurut serat Jogoboyo

Bendera Merah putih
merah = China
Putih = Kadrun
Dibangun oleh China dan Kadrun, Bubar oleh China dan Kadrun

emoticon-raining emoticon-raining

profile-picture
ruuuruuu memberi reputasi
Makanya tiap jeng sri bikin SUN (surat utang negara) belilah emoticon-Hammer2
Diubah oleh ruuuruuu
"Pada 2011, angka utang luar negeri Indonesia ke China tercatat US$ 3,701 miliar atau sekitar Rp 53,29 triliun. Angka ini melonjak tinggi di Juni 2021 menjadi US$ 21,246 miliar, atau sekitar Rp 305,9 triliun.

Tidak dijelaskan dalam data tersebut, apakah utang tersebut merupakan utang pemerintah, BUMN, atau utang swasta. Namun yang pasti, utang pemerintah dan bank sentral Indonesia ke China tercatat hanya US$ 1,73 miliar hingga Juni 2021. Naik dari posisi di 2011 yang sebesar US$ 787 juta."

judul klikbait bombastis ternyata utang pemerintah ke china malah jauh lebih kecil dari total utang yg ada. itupun kalau dihitung dari 2011 masi dari jaman sby berarti pemerintah kita sudah utang ke china.
Masih aman
Total utang indo 6000an triliun.

Jepang aja ngutang 170.000an triliun gak lunas lunas
Rakyat nya cuek aja emoticon-Toast
Asal jadi aset hidup sih ga masalah, cuma klo liat mental birokrat kita, utang emang bikin khawatir.
wadoh, macam mana ini, harusnya ngutang ke ngarab, biar lebih barokah duitnya..
Bayar bunga nya aj rp 400 Triliun/ tahun


https://www.cnbcindonesia.com/news/20210816135054-4-268791/tahun-depan-jokowi-harus-bayar-bunga-utang-rp-405-triliun
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gak papa bukan gw yang bayar
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di