adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
[ASK] Bagi Wanita, Menikah Kewajiban Atau Pilihan?

Gimana nih? Menurut Sista, kewajiban atau pilihan?

Well, sebenernya pas ane nulis ini, ane terinspirasi karena thread iniyang bilang kalau zaman sekarang perempuan banyak ditanya lebih pilih karir atau cinta. Padahal bagi kita yang ada seorang perempuan, hal tersebut bukan lagi menjadi pilihan, tapi ya menjadi salah satu ‘goals’. Umur berapa menikah, jenjang karir segimana, ekspektasi gaji yang diterima ketika di umur segini, dan banyak lagi pemikiran tentang masa depan yang selalu menghiasi pikiran wanita.


Photo By Tribunnews.com

Dari dulu sering banget nemuin perbedaan pendapat soal menikah. Mayoritas cewek pasti bakal bilang ‘Ya umur segini pokoknya gue nikah’ ‘Aduh masa nyokap udah ngomongin aja soal nikah’ tapi ada satu jawaban yang waktu itu keluar dari mulut temen ane dan unik banget, yaitu ‘Gue sih gak mau nikah’. Seketika gue langsung kaget dan mikir masih ada di Indonesia yang dimana budayanya mengeluarkan stigma negatif ketika terdapat umur yang udah mencukupi tapi belum juga mengucapkan ijab kabul.

Langsung lah dari situ mindset berubah dan berpikir mungkin sebenernya menikah itu bukan suatu kewajiban dan harusnya orang lain gak ikut campur sama urusan asmara walaupun itu teman terdekat. Pemikiran ane jadi bilang kalau setiap orang punya hak buat milih mau menikah atau nggak.

Setelah bulatin mindset kayak gitu, datenglah hukum agama yang menjelaskan dimana nikah adalah bentuk ibadah. Tiap orang yang menikah berarti udah memenuhi salah satu ibadah yang disuruh oleh tuhan. Ketakutan jika rezeki jadi dibagi dua, pemasukan sedikit, atau kebutuhan segudang ketika menikah, banyak orang bilang minim kejadian karena biasanya anugerah menikah adalah adanya ‘Wah, kayaknya ini rezeki dia (pasangan) deh lewat gue’ atau ‘Pas banget, gue mau nikah dapet rezeki’.

Kalo menikah itu pilihan tapi juga ibadah, jadi menurut Sista, menikah ini kewajiban atau pilihan masing-masing orangnya? Coba deh kalian sharing pemikiran mengenai hal ini di kolom komen bawah

Terlepas di antara 2 pilihan itu, menurut ane jangan pernah sia-siain masa lajang kalian atau menikah cuma karena udah banyak temen yang nikah ditambah orang tua udah dorong sana sini biar cepet menyandang status sebagai pasutri. Kalo kata Raditya Dika, ‘Menikahlah karena dia orangnya, bukan karena bukan waktunya’ emoticon-Big Grin


cheria021
cheria021 memberi reputasi
1
1.3K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan