VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
Meningkatkan Kreativitas Anak Lewat Aktivitas Sehari-hari

Assalamualaikum ....
Hallo Gansist, semoga selalu sehat dan penuh berkah.


Anak adalah individu yang masih murni dan otaknya dipenuhi rasa ingin tahu yang tinggi. Apa saja yang ditemui selalu menarik di mata anak-anak. Jika kita jeli, sebenarnya hal apapun yang dilakukan anak dapat dijadikan bahan pembelajaran. Meskipun terlihat simpel dan sepele, namun justru itulah yang sangat dibutuhkan oleh anak untuk menjadi individu yang lebih baik lagi di masa depan. Belajar dari pengalaman adalah guru kehidupan yang terbaik.


Dari pengalaman yang diperoleh oleh anak itulah akan dapat muncul nilai-nilai Kreativitas. Apalagi nih, di masa pandemi, ditambah liburan sekolah, anak-anak dapat mengeksplorasi berbagai macam potensi yang dimilikinya lewat perilaku sehari-hari.


Menurut ane, kreativitas anak akan terbentuk dari bagaimana cara anak menanggapi suatu peristiwa. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka tingkat kreativitas anak semakin tinggi.


Ada beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kreativitas anak lewat aktivitas sehari-hari di rumah. Ane ambil contoh apa yang anak ane lakukan sehari-hari :


1. Mengerjakan apa yang menarik buat anak-anak
Anak ane cowok yang beranjak remaja, kebetulan dia itu suka memperhatikan jika ayahnya sedang otak-atik atau memperbaiki kendaraan. Saat itulah adalah saat terbaik kita sebagai orangtua mengajak anak untuk turut serta membantu memperbaiki kendaraan. Lakukan tanpa ada paksaan ya, biarkan anak mengekplor rasa ingin tahunya.


Sumber : dokpri

2. Belajar dan berkreasi dari aktivitas sehari-hari
Keseharian anak melihat aktivitas orang tuanya dirumah, cenderung memunculkan rasa ingin tahu dan ingin mencoba. Contoh simpel anak ane tiap hari melihat ane memasak, karena penasaran dia pun mencoba memasak juga, ya sesuai kemampuannya. Terkadang jiwa kreatifnya muncul, makanan yang dimasak dimodifikasi sesuai dengan apa yang ada diimajinasinya.


Sumber : dokpri


3. Biarkan anak mengeluarkan imajinasi dalam otaknya
Mengisi waktu santai dan senggang, anak-anak senang sekali membuat hal-hal baru. Seperti bocah yang satu ini, membuat pesawat dengan menggunakan bubur kertas dan kerangka kawat. Hasilnya luar biasa untuk anak seumurannya.



Sumber : dokpri


4. Lakukan dengan bahagia
Biarkan anak melakukan aktivitas dan berkreasi dengan hati bahagia. Tanpa tekanan dan beban.


Sumber : dokpri


5. Puaskan rasa ingin tahunya terhadap suatu hal
Jika anak sedang mengexplore kreativitasnya, biarkan dia mencari tahu sendiri, awasi dan beritahu jika apa yang anak lakukan sudah melewati batas.



Sumber : dokpri


6. Bermain permainan yang meningkatkan daya kreativitas anak
Jika anak bermain menggunakan media bermain atau mainan, gunakan mainan yang dapat mengajak anak untuk berpikir. Contohnya adalah bermain Lego. Anak dapat membuat apa saja yang mereka sukai.


Sumber : ini


7. Beri kebebasan ruang gerak dan beri kepercayaan pada anak.
Hal ini dapat membuat anak lebih percaya pada diri sendiri dan belajar untuk bertanggungjawab terhadap apa yang sudah dilakukan. Sehingga, anak akan tahu batasan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.


Sumber : dokpri


8. Beri apresiasi pada anak
Pada dasarnya anak senang dipuji, oleh karena itu beri apresiasi atau pujian pada anak jika apa yang dilakukannya itu baik, sebaliknya beri semangat lebih dan yakinkan anak pasti mampu berbuat lebih baik lagi jika anak gagal pada suatu hal.


Sumber : dokpri


Nah Gansist, untuk membuat anak menjadi kreatif ga perlu dengan cara yang sulit dan mahal. Cukup dengan aktivitas sehari-hari yang sering kita temui. Asalkan kita konsisten dan rajin memberikan stimulasi pada anak, ane jamin anak akan menjadi pribadi yang lebih baik dan mempunyai jiwa kreativitas yang tinggi.


Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Sumber Tulisan : Opini Pribadi
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi dan tercantum

makola
Tlsnat
cheria021
cheria021 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.8K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan