Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Kembali Bangkit di Masa Pandemi Ala Korban Efisiensi
Meskipun wanita memiliki paras dan hati yang mudah meluluhkan orang lain, nyatanya kenyataan dalam kehidupan tak selamanya akan menjadi indah layaknya pelangi. Saat pandemi covid 19 menghampiri warga Indonesia, semua orang seperti mengalami serangan jantung akan dirinya sendiri. Omset penjualan menurun, dilarang bepergian, harus tetap di rumah, dan kehilangan pekerjaan.


Photo By Tribunnews.com

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa, ‘Gapapa lo ilang kerjaan, kan masih ada suami”. Sayangnya kebanyakan wanita bekerja bukan hanya untuk mendapatkan uang tetapi juga mengejar cita-cita. Selain itu, gak semua orang sist punya suami yang selamat dari fenomena efisiensi. Kalau pun selamat, ada juga yang ngalamin namanya gaji dipotong. Kebutuhan keluarga yang bejibun tetapi pemasukan seret, rasanya berat ngeliat keinginan sang buah hati harus dikorbankan karena ada kebutuhan yang jauh lebih penting.

Produktivitas perempuan sesungguhnya gak kalah dari laki-laki. Mengikuti alur kerja yang cepat, berpikir kritis, dan mengembangkan ide juga semuanya bisa dilakukan oleh perempuan. Ambisius dan cita-cita yang tinggi untuk mendapatkan posisi tertentu harus patah di tengah jalan karena bencana virus corona. Dulu, bisa membeli apa-apa dengan uang sendiri. Anak minta mainan bisa dipenuhi, biaya pendidikan anak bukan lagi menjadi beban, belanja online lancar jaya, tapi.. Menyusutnya pemasukan diri karena efisiensi mengubah itu semua.

Beruntung jika setiap individu menyadari pentingnya investasi. Jadi, ketika dirinya dan sang suami harus berhenti bekerja, masih terdapat tabungan yang bisa dikelola untuk beberapa waktu. Tapi, tak semua orang sadar akan pentingnya tabungan dan investasi. Maka dari itu lah banyak yang stress, mengeluh, dan akhirnya meminjam atau berhutang. Dengan kehidupan yang serba meminjam, rasanya lucu kalau kita hanya menyerah pada keadaan yang berarti walaupun hidup memberi kepahitan, usaha harus tetap dijalankan.


Photo By Sunlife.co.id

Bangkit dari suatu perubahan dan kondisi terburuk dalam hidup tentunya gak mudah terutama mungkin bagi kita wanita. Di satu sisi, pusing memikirkan besok makan apa dan cara mengatur uang bulanan yang berkurang, di sisi lain harus tetap menjadi sumber positif dalam rumah karena pasangan juga merasakan dampak yang tak kalah berat. Di tengah keringsungan ini, kita harus mencoba untuk tetap berusaha dan doa tak henti.

Mendapatkan merdeka finansial bagi keluarga bukan cuma bersumber dari pergerakan suami, melainkan kita bisa menjadi salah satu penyumbang. Jika mencari pekerjaan di perkantoran terdengar sulit dan persaingan cukup ketat, memanfaatkan hobi hal yang sah-sah aja, loh. Siapa bilang kalau hobi hanya hobi dan susah menghasilkan keuntungan? Beberapa aktivitas yang disukai bahkan bisa berubah menjadi bisnis.

Jika SIsta hobi memasak, bisa mencoba membangun catering atau rumah makan kecil-kecilan. Hobi membuat anyaman atau karya seni? Bisa dijual dalam e-commerce. Desain dan menjahit pun bisa diimplementasiin Sist dalam bisnis online. Pemasaran di era yang serba canggih dan mudah seperti sekarang ini bisa mempermudah segalanya. Yang dibutuhin adalah niat kita untuk bangkit dan menjadi lebih baik.

Tak jarang wanita korban PHK malah menjadi jauh lebih sukses dari sebelumnya. Salah satu contoh adalah ibu Feli Katri Lukitasari yang ane baca di Liputan6.com. Beliau ini adalah pekerja yang diphk dan akhirnya membangun usaha kuliner burger dan kebab. Walaupun di awal Ia tak memiliki keahlian dalam bidang ini, tetap berusaha dan anti putus ada merupakan  2 hal yang diemban oleh dirinya. Sekarang Ia memiliki 2 usaha katering yaitu Burger Addict dan Kebab Addict.


Photo By Liputan6.com

Nah, itu lah contoh comeback di masa pandemi dan pantang menyerah. Kita bisa bilang kalau hidup sekarang ini gak cuma susah buat diri sendiri aja melainkan banyak yang ngerasain. Jadi, ya jangan merasa paling susah apalagi patah semangat. Kalau mau berusaha pasti ada jalannya.


Diubah oleh adindaptrarn 06-08-2021 10:16
asamboigan
Aramina
cheria021
cheria021 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6.2K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan