ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Studi di Inggris: Perlindungan Vaksin Berkurang Seiring Waktu, Lalu Bagaimana?


Perlindungan terhadap virus corona berkurang di antara mereka yang telah menerima dua suntikan vaksin AstraZeneca dan Pfizer, sebuah studi baru di Inggris menemukan.

Analisis dari studi aplikasi ZOE Covid Inggris terhadap lebih dari 400.000 orang yang telah menerima kedua suntikan vaksin Pfizer-BioNTech, menunjukkan bahwa itu 88% efektif dalam melindungi terhadap virus corona sebulan setelah menerima kedua suntikan. Namun, efektivitasnya turun menjadi 74% lima atau enam bulan setelah menerima kedua dosis vaksin Pfizer.

Dalam studi yang sama, analisis terhadap lebih dari 700.000 orang yang telah menerima kedua dosis vaksin Oxford-AstraZeneca menunjukkan efektivitasnya turun dari 77% setelah satu bulan menjadi 67% dalam empat hingga lima bulan.

Data dikumpulkan setelah 26 Mei, ketika varian delta menjadi strain dominan, kata Tim Spector, yang menjalankan studi aplikasi ZOE Covid yang sedang berlangsung.

Spector, seorang profesor epidemiologi genetik di King's College London, mempresentasikan data terbaru ini selama webinar pada hari Selasa dan mengatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan "manfaat yang berkurang" dari perlindungan dari kedua vaksin ini seiring berjalannya bulan.

Hampir 42 juta orang di Inggris, 77% dari populasi berusia di atas 16 tahun, telah menerima dua dosis vaksin Covid, menurut data pemerintah yang terakhir diperbarui pada hari Selasa. Data harian menunjukkan 30.838 infeksi Covid-19 telah dicatat pada hari Selasa, sementara 174 orang telah meninggal dalam 28 hari setelah dites positif terkena virus.

Alexander Hammers, seorang profesor pencitraan dan ilmu saraf di King's College London, mengatakan di webinar itu sudah diketahui dari virus corona lain bahwa kekebalan terhadap penyakit cenderung tidak berlangsung seumur hidup.

“Jadi kami tahu akan ada beberapa leveling off dan cara saya melihat ini adalah leveling off sebenarnya sedikit lebih lambat dari yang saya harapkan,” katanya.

Dan meskipun data memang menunjukkan “penurunan” efektivitas vaksin dari waktu ke waktu, Hammers mengatakan bahwa orang “mungkin masih setidaknya 50% terlindungi.”

“Ingat ketika vaksin pertama kali dikembangkan, diharapkan mereka memiliki kemanjuran 60%-70% dan semua orang terkejut bahwa mereka datang lebih dari 80%, kadang-kadang lebih dari 90,” tambahnya.

Namun demikian, Spector mengatakan dia masih "sedikit khawatir" dengan data virus corona yang keluar dari Israel, yang memiliki salah satu program vaksinasi tercepat di dunia dan mengungguli Inggris.

Dia menunjukkan bahwa Israel mulai melihat peningkatan rawat inap dan kematian akibat virus corona, meskipun sebagian besar penduduknya divaksinasi.

Data yang diterbitkan oleh Israel pada bulan Juli, menunjukkan bahwa vaksin Pfizer hanya efektif 16% terhadap infeksi simtomatik bagi orang-orang yang menerima dua dosis pada bulan Januari.

Namun, membandingkan hasil itu rumit, mengingat perbedaan dalam sifat program vaksinasi di berbagai negara, serta perbedaan dalam tanggal studi, kelompok usia, dan rezim pengujian Covid.

Dua penelitian AS yang diterbitkan Selasa oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan berkurangnya kekebalan terhadap Covid di antara mereka yang divaksinasi penuh, salah satunya difokuskan pada pekerja garis depan.

Panelis webinar studi ZOE Covid juga membahas apakah keefektifan vaksin yang berkurang akan meningkatkan kebutuhan suntikan vaksin Covid-19 di masa depan.

 Spector menunjukkan fakta bahwa Israel sudah mulai berencana untuk memberikan tembakan booster.

Anna Goodman, seorang konsultan penyakit menular dan kedokteran umum di kepercayaan yayasan NHS Guy's and St Thomas di London, yang mengerjakan uji coba penguat vaksin Covid mengatakan dia membayangkan bahwa "penguat pada waktunya akan dibutuhkan tetapi saya ingin waktu itu setelah semua orang di dunia divaksinasi.”






selisik.com
selisik.com memberi reputasi
-1
892
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan