CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
C-130 Hercules Mencapai Usia Pengabdian 67 Tahun, Long Live Herky !!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/612670c5f1624c4317332a3f/c-130-hercules-mencapai-usia-pengabdian-67-tahun-long-live-herky

C-130 Hercules Mencapai Usia Pengabdian 67 Tahun, Long Live Herky !!!

Kemarin ane baru membaca threadyang ditulis oleh agan @mynameisant, yang membahas penerbangan pesawat C-130 Hercules terakhir dari Vietnam pada 29 April 1975. Setelah membaca thread tersebut, ane pun teringat akan hal menarik seputar pesawat angkut legendaris tersebut. Nah, menyambung tulisan dari agan @mynameisant, ane akan membahas soal hari bersejarah bagi Hercules.

Meski sedikit terlupakan dan tidak banyak orang yang tahu, sebenarnya pada 23 Agustus 2021 lalu menjadi hari bersejarah bagi pesawat C-130 Hercules (Herky), pasalnya pesawat angkut ini pada tahun ini resmi mencapai usia pengabdian 67 tahun. Sebuah usia yang tak lagi muda, meski demikian Herky masih jadi andalan sampai saat ini. Hercules pun kini juga menjadi salah satu pesawat yang paling lama diproduksi dalam sejarah.

Prototype pertama C-130 Hercules dengan kode YC-130A diterbangkan untuk pertama kali dari Burbank, California pada 23 Agustus 1954. Dan 67 tahun kemudian, produksi pesawat C-130 Hercules masih berjalan sampai saat ini. Proses kelahiran Herky sangat panjang gan, sebelum diproduksi massal, Lockheed sebagai perancang harus berkompetisi dengan 5 manufaktur pesawat yang lain.

Pada awalnya Angkatan Udara AS menilai jika pesawat kargo yang mereka gunakan selama Perang Korea seperti Fairchild C-119 Flying Boxcars, Douglas C-47 Skytrain dan Curtiss C-46 Komando sudah tidak bisa memenuhi spesifikasi. Untuk itu mereka menawarkan proposal kepada beberapa perusahaan untuk membuat pesawat baru. Tak tanggung-tanggung gan, 9 perusahaan diberi proposal untuk mendesain pesawat baru, ke-9 perusahaan tersebut antara lain: Boeing, Douglas, Fairchild, Lockheed, Martin, Chase Aircraft, North American, Northrop, dan Airlifts Inc. Salah satu persyaratan untuk pesawat tersebut asalah mampu membawa 92 penumpang, 72 pasukan tempur atau 64 pasukan terjun payung di kompartemen kargo yang panjangnya sekitar 12 m, tinggi 2.7 m, dan lebar 3 m.


Quote:



Namun, Fairchild, North American, Martin, dan Northrop memutuskan untuk tidak ikut berpartisipasi dalam program tersebut. Lima perusahaan yang tersisa menawarkan total sepuluh desain: Lockheed dua, Boeing satu, Chase tiga, Douglas tiga, dan Airlifts Inc satu. Namun, pada akhirnya desain pesawat buatan Lockheed yang dipilih.

Lockheed Aircraft Corporation yang memenangkan kompetisi kemudian mendapat kontrak untuk memproduksi dua prototype pesawat yang bernama YC-130 pada 2 Juli 1951. Dengan konfigurasi empat mesin turboprop, YC-130 dapat lepas landas hanya dalam jarak 800 kaki. Selain kemampuan mengangkatnya yang luar biasa, pesawat ini juga bisa bermanuver dengan sangat baik, melampaui semua persyaratan kinerja Angkatan Udara Amerika Serikat.

Setelah berhasil melakukan uji coba penerbangan, kontrak produksi pun diterima. Awalnya Hercules diproduksi di Burbank, karena kapasitas produksi sudah penuh, kemudian seluruh produksi C-130 dipindahkan ke fasilitas Lockheed lain, yakni di Marietta. Produksi pesawat pertama disebut sebagai C-130A, yang diterbangkan untuk pertama kalinya di Marietta pada 7 April 1955. C-130A dibekali empat mesin turboprop Allison T56-A-lA, yang masing-masing menghasilkan tenaga 3.750 hp. Tenaga tersebut digunakan untuk menggerakkan baling-baling elektrik Curtiss-Wright tiga bilah. Secara umum, Hercules dapat mengangkut 92 pasukan/64 pasukan linud/74 pasien. Pesawat ini memiliki payload 20,4 ton.


Quote:



Dalam perjalanannya Herky sempat mengalami beberapa perubahan, seperti mekanisme perubahan pitch baling-baling yang kemudian mengadopsi model hidrolik. Bagian baling-baling juga diganti dengan Hamilton-Standard yang berbilah empat. Dua hal itu menjadi perubahan pertama dari sekian banyak modifikasi dan upgrade yang dilakukan selama enam dekade, membuat Hercules tetap menjadi andalan banyak negara, termasuk di Indonesia.

Di lingkungan Angkatan Udara AS C-130 digunakan untuk berbagai misi, mulai dari transportasi udara, misi evakuasi medis, penerjunan personel dan kargo, tanker udara, misi bantuan bencana alam, pasokan ke Antartika, pengintaian cuaca, tugas pemadam kebakaran serta varian gunship. Berikut ini sekilas perkembangan varian keluarga Herky dari masa ke masa:


Quote:




Hercules Pertama Milik Indonesia


Dikutip dari indomiliter.com, tanggal 18 Maret 1960 Indonesia resmi mengoperasikan C-130B pertama di luar Amerika. Indonesia juga menjadi negara ketiga pengguna pesawat ini, setelah sebelumnya Australia memakai C-130A pada tahun 1958. Dalam sebuah upacara di Lanud Kemayoran, Jakarta, C-130B pertama diserahkan oleh Wakil Presiden Lockheed Corp Carl Squier, kepada Menteri/Pangau Laksamana Udara Suryadarma pada 18 Maret 1960. Sejak saat itu TNI AU (dulu AURI) memasuki babak baru dalam penggunaan pesawat angkut berat.

Yang menarik, C-130 Hercules dengan kode T-1301 diterbangkan dari AS ke Indonesia oleh awak TNI AU (AURI). Penerbangan pertama ini menempuh jarak sekitar 21 ribu km dan melintasi Laut Pasifik, Laut China dan Laut Jawa. Pada masanya, apa yang dilakukan awak TNI AU merupakan delivery flight terjauh yang pernah dilakukan oleh suatu Angkatan Udara.

Hingga memasuki tahun 1970-an, C-130 Hercules TNI AU menggunakan kode penerbangan – T. Di kemudian hari, kode penerbangan untuk skadron angkut berat dirubah, dari “T” menjadi “A.” Kemudian C-130B Hercules T-1301 berubah menjadi A-1301, pesawat bermesin turboprop ini ditempatkan pada Skadron Udara 32 yang bermarkas di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Total pada era 1960-an TNI AU memiliki 10 unit Hercules, terdiri dari varian kargo C-130B 8 unit dan varian pesawat tanker KC-130B sebanyak dua unit. Saat ini pesawat dengan kode T-1301 dapat dilihat di Museum Pusat TNI Dirgantara Mandala di Yogyakarta.


Quote:



Beragam operasi militer dan operasi militer bukan perang seolah tak bisa dilepaskan dari sosok Herky. Di setiap gelaran kekuatan militer yang melibatkan pasukan lintas udara, sudah dipastikan ada sosok Herky. Mulai dari Pperasi Trikora, Dwikora, dan Operasi Seroja menjadi bukti atas battle proven-nya Hercules. Saat terjadi bencana alam di Indonesia, pesawat ini menjadi garda terdepan untuk mengirim bantuan logistik. Saat musim kemarau panjang, tugas menyemai hujan buatan pun juga dipasrahkan pada Hercules.

Keberhasilan Indonesia mendapat pesawat kargo legendaris ini sebenarnya berkat lobi yang dilakukan oleh Presiden Sukarno kepada Presiden AS saat itu, yakni`John F Kennedy. Selain menjalin kedekatan dengm Kennedy, kebetulan pada akhir tahun 1950-an terjadi peristiwa yang menggemparkan publik tanah air. Pasalnya salah satu agen CIA yang bernama Allan Pope yang membantu kelompok pemberontak Permesta dan memperkuat AUREV-Permesta berhasil ditembak jatuh Kapten Udara Penerbang Dewanto dalam pertempuran udara.

Pada tahun 1959, Sukarno pun berkunjung ke AS atas undangan Kennedy untuk melepas Allan Pope, pilot CIA yang berstatus sipil. Namun, Sukarno tidak mau melepaskan Allan Pope begitu saja, beliau kemudian meminta Kennedy untuk memberikan Indonesia pesawat baru untuk kebutuhan AURI sebagai ganti pelepasan Pope.

Kennedy menyetujui hal tersebut, dia lantas menawarkan "pengganti" Pope kepada Sukarno. Berdasar kebutuhan AURI saat itu, Panglima AURI, Laksamana Madya Udara Suryadarma mengatakan bahwa, AURI memerlukan pengganti pesawat transportasi de Havilland Canada DHC-4 Caribou. Pilihan kemudian jatuh kepada pesawat Hercules C-130B, bahkan saat kunjungan ke AS, Sukarno sempat berkunjung ke pabrik Lockheed untuk melihat langsung proses produksi pesawat. Setelah berhasil membujuk Kennedy untuk menukar Allan Pope dengan Hercules, maka Indonesia berhak mendapat 10 unit varian C-130B yang diterbangkan dengan proses penerbangan ferry flight dari AS ke Indonesia.


Quote:



Saat ini varian paling baru dari keluarga Hercules adalah C-130J Super Hercules, kedepannya TNI AU juga akan mengoperasikan varian terbaru ini. Menurut Rapim TNI AU pada awal tahun 2021, C-130J masuk daftar beli, meski tidak disebutkan berapa pesawat yang akan dibeli. Sebenarnya C-130J bukan pesawat baru, ia memasuki layanan Angkatan Udara AS pada akhir tahun 1990-an.

Meski desainnya tidak banyak mengalami perubahan, akan tetapi Hercules tetap mampu membuktikam bahwa ia tetap layak digunakan untuk keperluan mengangkut kargo untuk kebutuhan militer maupun non militer dinera modern. Kemampuan lepas landas dan mendarat di landasan yang buruk adalah salah satu keunggulannya. Dengan masa pengabdian hampir setengah abad lebih, sulit membayangkan untuk mencari pengganti Hercules. Long Live Herky !


Quote:



Demikian sedikit ulasan mengenai C-130 Hercules yang memasuki masa pengabdian 67 tahun, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk agan dan sista. Tetap semangat dan tetap jaga kesehatan, sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: 1.2.3.4
Ilustrasi Foto: indomiliter.com, the aviontist.com, U.S Air Force
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 2
C-130 Hercules Mencapai Usia Pengabdian 67 Tahun, Long Live Herky !!!

67 tahun ? Long Live Herky !!!

Best Komen emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Waahhh bahas Hercules C-130 jadi ingat gempa bumi palu, pengalaman liburan tak terlupakan emoticon-Big Grin
Hercules C-130 disebut sebagai pesawat tangguh, sebab ia mampu mendarat dan lepas landas di landasan pacu yang pendek, dengan panjang run way kurang dari 2.000 meter Karena itu lah, C-130 bisa dioperasikan di daerah pegunungan dan medan menantang lainnya atau di landasan pacu yang tidak disiapkan Pesawat ini sangat byk membantu 10 jempol buat Hercules C-130emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Hercules Satu2 nya pesawat yg lalu lalang membawa bantuan waktu gempa, tsunami palu, pada saat itu landasan pacu hampir semua retak gara2 gempa, tapi pesawat yg 1 ini mampu mendarat sangat baik...bahkan lalu lalang tiap hari membawa bantuan....
👍Bravo TNI & Hercules C-130emoticon-Belgia
C-130 Hercules Mencapai Usia Pengabdian 67 Tahun, Long Live Herky !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh volcom77
Lockheed Martin AC 130 Gunship adalah varian paling nyeleneh dan mematikan dalam keluarga C 130 series karena menyimpang dari kodratnya sebagai pesawat angkut kelas medium yang justru dikembangkan menjadi ground attack aircraft dan close air support aircraft.
Sesuai namanya, AC 130 Gunship merupakan penerus dari project Gunship I : Douglas AC 47 Spooky.
Sama dengan varian angkutnya C 130 Hercules, project gunship II : AC 130 Gunship juga dikembangkan mulai tahun 1967 dengan menggunakan Precision Strike Package pada saat perang Vietnam sedang berlangsung.
AC 130 Gunship tidak diperjualbelikan kepada angkatan bersenjata dari negara lain karena perlindungan teknologinya dan eksklusif hanya dipakai oleh USAF Special Operation Squadron dan Flight Test Squadron.

Varian dari AC 130 Gunship :

1. AC 130 A Spectre ( 1968 - 1995 )
Senjata utama :
A. 4 X 7.62 mm GE GAU 2 minigun
B. 4 X 20 mm GE M 61 Vulcan 6 barrel rotary cannon.
Total ada 19 unit AC 130 A Spectre dan dipensiunkan thn 1995.

2. AC 130 E Pave Spectre. ( 1971 )
Senjata utama :
A. 2 X 7.62 mm GE GAU 2 minigun
B. 2 X 20 mm GE M 61 Vulcan 6 barrel rotary cannon
C. 2 X 40 mm Bofors L 60 cannon.
Total ada 11 unit AC 130 E Pave Spectre dan 10 unit dikonversi menjadi AC 130 E Pave AEGIS

3. AC 130 E Pave AEGIS ( 1972 )
Senjata utama :
A. 2 X 20 mm GE M 61 Vulcan 6 barrel rotary cannon
B. 1 X 40 mm Bofors L 60 cannon
C. 1 X 105 mm RIA M 102 Howitzer
Total ada 10 unit AC 130 E Pave AEGIS dan 8 unit dikonversi menjadi AC 130 H Spectre.

4. AC 130 H Spectre ( 1971 - 2015 )
Senjata utama :
A. 1 X 25 mm GE GAU 12 5 barrel rotary cannon
B. 1 X 40 mm Bofors L 60 cannon
C. 1 X 105 mm RIA M 102 Howitzer
Total ada 8 unit AC 130 H Spectre dan dipensiunkan thn 2015.

5. AC 130 U Spooky II ( 1994 - 2019 )
Senjata utama :
A. 1 X 25 mm GE GAU 12 5 barrel rotary cannon
B. 1 X 40 mm Bofors L 60 cannon
C. 1 x 105 mm RIA M 102 Howitzer
Total ada 10 unit AC 130 U Spooky II dan dipensiunkan thn 2019.

6. AC 130 W Stinger II ( 2013 - today )
Senjata utama :
A. 1 X 25 mm GE GAU 12 5 barrel rotary cannon
B. 1 X 105 mm RIA M 102 Howitzer
C. AGM 176 Griffin
D. GBU 44/B Viper Strike
Total ada 7 unit AC 130 W Stinger II

7. AC 130 J Ghost Rider ( 2015 - today )
Senjata utama :
A. 1 X 30 mm Bushmaster Mk II GAU 23 cannon
B. 1 X 105 mm RIA M 102 Howitzer ( optional )
C. AGM 114 Hellfire
D. GBU 39 atau GBU 53 SDB
Total ada 37 unit AC 130 J Ghost Rider dan masih operasional sampai sekarang.

Sepanjang pengabdiannya dari tahun 1968 - 2021 hanya ada 2 insiden pada AC 130 Gunship :

1. 31 Januari 1991, AC 130 E Spectre callsign " spirit 03 " dari USAF 1st Special Operation Wing ditembak jatuh rudal SAM Irak di Khafji dalam Operation Dessert Storm dan menewaskan 14 crew nya.

2. 15 Maret 1994, AC 130 E Spectre callsign " Jockey 14 " dari USAF 16th Special Operation Squadron jatuh di Malindi - Kenya dalam Somalia - Operation Continue Hope setelah satu peluru HE kanon tiba tiba meledak didalam laras kanon 105 mm dalam routine check pada firing weapon system. 9 dari 14 crew meninggal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadrunslayer dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Quote:


C - 130 Hercules... Pesawat yang begitu banyak muncul di lembaran-lembaran sejarah negara Indonesia.
... Well done Rajawali! emoticon-Jempol

Mengawali kiprahnya di langit Nusantara saat Trikora dengan infiltrasi pasukan ke bumi Cendrawasih. Belanda segera scramble pesawat Neptune untuk mencegat Hercules. segera Satuan Radar AURI memperingatkan Hercules yang masih terbang rendah seusai drop pasukan. Pilot beri perintah "Beuk Maar! (hantam saja, alias beri full power!), bersama dengan co pilot mendorong penuh throttle sambil menarik control wheel. di layar radar nampak Neptune hanya bisa berputar-putar di titik yang sama tetapi berbeda ketinggian karena service ceilling Hercules ada di atas Neptune.

Tak hanya di saat jaya, Hercules pula yang dipakai untuk menista AURI di 1965. dituduhkan saat Mahmilub bahwa AURI dituduh melakukan black flight ke Tiongkok untuk mengambil 25.000 pucuk senjata Tcung dengan Hercules

Walau dinista, Hercules dengan segala daya pada 7 Desember 1975 mengantar pasukan Lintas Udara dan Kopasandha (termasuk Lettu Inf. Luhut Binsar Panjaitan), melayang beberapa ratus meter diatas Dili ditengah tembakan gencar, pasukan berhasil diterjunkan!

Dari 67 tahun pengabdian Hercules, banyak sudah cerita. tapi satu ini yang paling GILA!
Operation Credible Sport - untuk menyelamatkan sandera Kedubes AS di Teheran, Militer AS berusaha Mendaratkan YMC 130 H di Stadion sepak bola, kemudian take off dari stadion itu setelah sandera berhasil masuk ke Hercules. untungnya Operasi ini dibatalkan setelah pemerintah Iran bersedia bernegosiasi.

C-130 Hercules Mencapai Usia Pengabdian 67 Tahun, Long Live Herky !!!
30 mesin roket dipasang ke bawah, ke depan dan ke belakang..

C-130 Hercules Mencapai Usia Pengabdian 67 Tahun, Long Live Herky !!!
pada percobaan awal, frame hercules pun tak kuat menahan beban tekanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadrunslayer dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mynameisant
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


Video di bandar udara wamena ini
Tiap bulan masuk drop kebutuhan wamena baik pangan maupun sandang.
Disini kabut gunung pagi hari pernah memakan korban Hercules crash tahun 2016
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh labh
Jadi inget operation babylift di Vietnam tahun 1975 dulu, kalau gak salah C-130 ini jadi tulang punggung misi juga.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Pernah diuji coba untuk pendaratan di kapal induk utk tugas COD (Carrier Onboard Delivery) tahun 1963. Kapal induk yg dipake waktu itu adalah USS Forestal, dan Herculesnya sendiri adalah KC-130F milik USMC.

Quote:


Bahkan pernah dicoba takeoff-landing dari area sangat pendek dgn bantuan roket (JATO - Jet Assisted Take Off), tapi kecelakaan saat mendarat.


Kedua proyek gagal masuk tahap operasional.
Kecuali C-130 punya Tim Aerobatik Blue Angel US Navy..emoticon-Big Grin itupun buat atraksi aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pesawat minta uang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Agen spesial CIA yang pake B26 invader Lawrence Allen Pope ini payah juga... Untung aja gak dieksekusi.

Tapi gpp sih, kita jadi punya Herkules.

Salute buat penerbang Mustang Ignatius Dewanto.
emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ooohhh mata-mata USA toh awal Hercules ada di Indonesia....

Udah tua ternyataemoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Kapan pensiunnyaemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
ni pesawat kalau di hp tu kayak nokia 3310 yg tahan banting tapi jadul abiss wkwkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Kayak Windows XP. Walaupun dah keluar yg baru penggantinya tp masih lebih banyak orang yg menggunakannya. Hadir dengan memenuhi kebutuhan pengguna.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah punya temen yg dulu bawa pesawat ini.. testimoni nya.. ngeri-ngeri sedap.. kurang tau dah bre maksudnya apa emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Mgkn kini sebaik nya TNI AU bs bl 1 skudaron c17, tuk gantiin skuadron c130 nya..... Krn c17 bs di pake sbg peswat serbaguna, gan...... emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Ac 130 yg jd supported d COD emoticon-army
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Dari bulet ke lonjong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Majalah angkasa edisi khusus pernah membahas hercules... pesan terdalam dr pesawat hercules ini adalah yg bs mengganti hercules cuma hercules... pesawat cargo multiguna.. sama halnya dngn pesawat f-16.. kedua pesawat ini walau beda peran tp dr segi umur sama... battle proven n sampai dngn saat ini msh digunakan oleh bnyk negara...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Ane pernah nih numpang Hercules AU dari Jkt ke makassar,ternyata si herky mesti drop logistik dulu di Mataram dan biak.hehehe jd hampir seharian ane muter2 naik herky.pengalaman tak terlupakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Mighty Herky.. salah satu Masterpiece pesawat kargo multifungsi yang terus terbang dan gak habis dimakan jaman.

Siapa berani claim lebih baik ? hehe.. gak ada yg berani.. reputasi terbang mulai dari kutub utara / selatan dgn suhu dibawah Nol derajat , Suhu timur tengah diatas 30 derajat, pernah landing di kapal induk, bisa short take off, bisa jadi pesawat bantuan tembakan berat.. dll dll..

ini agak Blur nih.. Indonesia sendiri sebenarnya pengguna ke 2 selain Amerika, cuma tau sendiri Ostrali gak mau kalahan.. krn pada saat itu, Ostrali bergeming waktu Bung Karno minta barter si Alan Pope , Pilot CIA yg ditembak jatuh akhir tahun 60an dengan senjata dan 10 Ekor Hercules (akhirnya dapat 6 ekor).

Supaya terkesan gak memihak, jatah herky Ostrali yg tertunda akhirnya juga dipercepat.

Cuma Zeus yang ada diatas Hercules.. selama blon ada kapal terbang merk Zeus.. Hercules adalah yang terbaik emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di