adindaptrarnAvatar border
TS
adindaptrarn
Efek Buruk Tinggal Bersama Orang Tua Ketika Sudah Menikah
Pernikahan bukan hanya menyatukan dua manusia tetapi juga menyatukan dua background kehidupan keluarga yang berbeda. Melirik hal tersebut, rasanya seperti undian ketika kita memulai hubungan dengan pasangan. Tak ada kepastian keluarga seperti apa yang akan didapatkan. Beberapa orang mendapatkan mertua sederhana bahkan jauh dari kata ikut campur hubungan sang anak. Namun, terdapat juga mertua dengan sifat penuh perhatian kepada anaknya maka dari itu suka kepo sampai ke hal pribadi salah satunya ranah percintaan.


Photo By Womantalk.com


Ketika mengucap janji suci, bukan lagi urusan aku dan kamu tapi segala hal menjadi kita. Keputusan yang akan diambil menyangkut dengan urusan rumah tangga harus disetujui oleh kedua belah pihak. Salah satu yang paling penting adalah dimana akan bertempat tinggal. Ada baiknya, Sista dan pasangan mendiskusikan hal ini sebelum menikah biar semuanya jelas dan sebagai perempuan kita punya persiapan. Biasanya ada 2 pilihan, yaitu tinggal lepas dari orang tua atau masih satu rumah.

Sebenarnya dari 2 keputusan tersebut tak ada yang salah karena setiap orang mempunyai alasannya sendiri. Tinggal bersama orang tua bisa karena faktor kewajiban menjaga, keuangan, atau faktor lainnya. Sedangkan pasangan yang memilih tinggal terpisah biasanya fokus untuk membangun diri dan rumah tangga mereka serta belajar mandiri. Tapi, apa sih efek buruk kalau udah menikah dan masih tinggal sama orang tua? Di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan Sista yang masih galau soal hal ini!

Urusan Rumah Tangga Terekspos
Bertengkar dan memiliki pendapat yang berbeda tentunya hal yang wajar terjadi dalam suatu hubungan. Keadaan ini nih sist yang suka lebih terekspos sama orang luar ketika kita tinggal di rumah orang tua. Ntah itu mertua atau ortu kita sendir dan kita juga gak tau siapa aja yang bakal ada di rumah itu.

Kurang Mandiri
Karena terbiasa dengan tempat yang udah ada bahkan mungkin beberapa hal diurus oleh orang luar, seperti masak, bersih-bersih, dan urusan rumah tangga lainnya. Maka kebanyakan efek buruk dari tinggal bersama ortu adalah kurang kemandirian dalam diri pasangan. Ntah itu berarti sang istri atau suami, ada beberapa hal yang sebenarnya menjadi kewajiban tetapi kurang belajar kalau tinggal bersama orang tua.

Dikomentarin Mertua
Nah, ini menurut ane jadi salah satu yang ramai dan banyak banget dikeluhin kalau kita tinggal sama mertua, yaitu dikomenin. Mau cewek atau cowok pasti ada aja kekurangan di mata sang mertua. Maka dari itu memilih tinggal terpisah akan memberikan kebebasan lebih untuk kedua sejoli.


Photo By Diadona.id


Ketergantungan
Sebagai kepala rumah tangga dan keluarga baru, terdapat tanggung jawab untuk menyediakan tempat untuk keluarga kecilnya. Namun, ketika punya tempat yang dirasa udah aman, terkadang beberapa orang lupa dengan mencari tempat sendiri karena ngerasa ada dan jadi ketergantungan.

Kurangnya Privasi
Apapun yang terjadi dalam urusan rumah tangga, selayaknya hanya diketahui antara suami dan istri. Pembicaraan atau kondisi apapun selayaknya tak diketahui banyak orang. Ketika tinggal bersama orang lain, maka rumah tangga menjadi kurang privasi. 

Resiko Ikut Campur Orang Luar
Tinggal bersama orang tua memiliki efek kurangnya tempat yang hanya tentang kalian berdua aja. Maka dari itu, setiap ada permasalahan, sosok di luar pernikahan bisa melihat dan menelaah lalu ikut campur dalam proses penyelesaiannya. Hal ini berdampak negatif karena bisa terjadi berulang-ulang kali dan kalian jadi kehilangan identitas hubungan.


Photo By Theasianparent.com


Sista perlu pahamin yah, kalau gak selamanya tinggal sama orang tua setelah menikah adalah hal yang buruk dan kembali lagi ke kebutuhan rumah tangga kalian. Kira-kira menurut kalian, oke gak sih tinggal bareng atau mending terpisah aja? Tulis di kolom komen, ya!





alfidanger
cheria021
Rohmatullah212
Rohmatullah212 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
12.1K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan