Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Epidemiolog Tak Sepakat Klaim Jakarta Sudah Herd Immunity
Epidemiolog Tak Sepakat Klaim Jakarta Sudah Herd ImmunityJakarta, CNN Indonesia -- Epidemiolog dari Universitas Griffith Dicky Budiman tak sepakat dengan klaim Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria soal kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap virus corona (Covid-19) telah tercipta di ibu kota.
Dia mengamini sudah banyak warga DKI Jakarta yang menerima suntikan vaksin. Namun menurutnya, hal itu tidak membuat herd immunity otomatis tercipta di Jakarta, karena saat ini kasus penularan masih terjadi.

"Syarat lain misalnya yang belum banyak diketahui, seperti vaksinasi yang harus bisa mencegah penularan, belum ada saat ini. Kalau ada pun, tidak sesuai dengan yang diharapkan," kata dia saat dihubungi, Senin (23/8).

Ia mengatakan herd immunity adalah target jangka panjang yang memerlukan sejumlah kriteria untuk memenuhinya. Vaksinasi, kata dia, hanya salah satunya.

"Harus berhati-hati dalam mengelola ekspektasi, bahwa kalau bicara herd immunity itu tidak tepat, meskipun sudah katakanlah 100 persen penduduk divaksinasi pun itu bukan otomatis tercapai herd immunity itu," kata Dicky.

Dicky mengatakan penyebaran varian Delta dan varian lainnya juga patut diperhatikan oleh pemerintah daerah. Bisa saja varian-varian lain membuat vaksin menjadi tidak mujarab, sehingga target herd immunity semakin mundur.

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko juga bicara demikian. Menurutnya, herd immunity belum bisa dibilang sudah tercipta di Jakarta.

Miko mengatakan jika ingin mencapai herd immunity, seharusnya capaian vaksinasi menyentuh seluruh penduduk di Jakarta.
Sementara dari sejumlah pernyataan Pemprov, 30-40 persen yang disuntik vaksin adalah mereka yang ber-KTP luar Jakarta, tapi berkegiatan di Jakarta.

"Gubernur kan sudah bilang itu bukan semua penduduk. Itu yang berkegiatan di DKI Jakarta. Salah betul. Jadi Jakarta kalau menghitung jangan berdasarkan semua yang diimunisasi di Jakarta," katanya.

DPRD DKI Jakarta turut mengkritisi sikap Pemprov DKI yang mengklaim herd immunity dan sudah masuk kategori zona hijau Covid-19.

Ia mengaku telah melakukan pengecekan di sejumlah kelurahan dan menemukan vaksinasi yang belum merata. Dengan begitu, herd immunity sebenarnya belum tercipta karena masih ada warga yang belum divaksin.

"Kemarin itu juga banyak yang kita vaksin warga luar Jakarta, sementara orang Jakarta sendiri belum. Makanya saya bilang pak Wagub jangan terlalu klaim begitu," kata dia.


Ia mengaku juga ingin Covid-19 di Jakarta terkendali. Namun jika merujuk data pemerintah pusat, DKI Jakarta belum masuk zona hijau.

"Kalau soal zona hijau juga enggak pas. Pegangan kita adalah dari Satgas Covid Pusat yang mengatakan kita masih oranye," kata Jhony.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim wilayah ibu kota kini sudah menjadi zona hijau penularan Covid-29.

Dia juga menyebut kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19 sudah tercipta di DKI Jakarta.

"Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity," kata Riza saat meninjau sentra vaksinasi di Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seperti diberitakan Antara, Minggu (22/8).

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-herd-immunity

Amerika dan cina yg vaksinasinya dah ampir pul aja skrg jebol lagi emoticon-Hammer2

Wan bemper jgn sok2an klaim emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh gabener.edan 23-08-2021 14:12
nataliuspigai.
jlamp
bangmansyur
bangmansyur dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.2K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan