Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deganijo001Avatar border
TS
deganijo001
Akhirnya Setelah 3 Tahun Menanti, Nissan Leaf Masuk Indonesia
Akhirnya Setelah 3 Tahun Menanti, Nissan Leaf Masuk Indonesia

Mobil listrik Nissan LEAF resmi meluncur di Indonesia secara virtual di kanal Youtube Nissan Indonesia, Rabu (18/8/2021) pukul 10.00 WIB. The All-New Nissan LEAF. Nama mobil ini merupakan singkatan dari leading, environmentally friendly, affordable, dan family car. Nissan Indonesia telah membuka keran pemesanan atau pre-booking The All New Nissan Leaf sejak awal Agustus 2021. LEAF memiliki harga Rp649 juta untuk opsi one tone dan Rp651 juta untuk opsi dual tone. Kedua harga ini berstatus on the road DKI Jakarta.

Soal spesifikasi, Nissan Leaf disematkan baterai lithium-ion 40 kWh berjarak tempuh 311 km dalam sekali pengisian daya, berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). Tenaga maksimum mobil ini mencapai 110 kW atau setara 150 ps dan torsi 320 Nm.

Leaf merupakan kendaraan non emisi, yang hadir sebagai perwujudan dari Nissan Intelligent Mobility, sebuah filosofi mengubah cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan ke dalam masyarakat. Ini diterapkan lewat teknologi Intelligent Power dan Intelligent Driving.  Teknologi Nissan Intelligent Driving adalah penggunaan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti dengan menambah atau mengurangi tekanan hanya pada satu pedal gas. Ketika akselerator dilepaskan, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, sehingga membuat mobil berhenti total.

Teknologi inovatif lainnya adalah Nissan Safety Shield, yang terdiri atas rangkaian teknologi keselamatan canggih termasuk Forward Collision Warning, Forward Emergency Braking, Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection, dan Driver Alert Assist.Dari sisi eksterior, Nissan Leaf memiliki tampilan ramping, termasuk lampu utama berbentuk bumerang serta grille V-motion. Nuansa warna biru jernih pada bagian grille serta aksen bumper belakang berwarna biru, dengan jelas mengidentifikasi sebagai mobil listrik Nissan.

Dengan demikian Nissan mengincar pasar entry level mobil listrik keluarga dengan mobil tersebut. “Mobil ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan,” ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia Evensius Go, beberapa waktu lalu. Go mengatakan kehadiran Nissan Leaf adalah jawaban atas antusiasme publik tersebut dengan menghadirkan mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman.

Sejatinya, Nissan Indonesia sejatinya telah memperkenalkan Nissan Leaf pada publik di Indonesia sejak 2019. Nissan Leaf diketahui sempat dipamerkan dalam acara Jakarta Langit Biru dan Bank Central Asia Expo pada 2019. Jajaran produk elektrik ini juga dihadirkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show dan Indonesia Electric Motor Show pada tahun yang sama.

Meski telah diperkenalkan sejak lama, Nissan LEAF baru dipasarkan di Indonesia sejak awal bulan ini. Go mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat bagi perusahaan untuk meluncurkan Nissan LEAF, seiring dengan ambisi pemerintah untuk menyongsong era elektrifikasi di dalam negeri.

“Jadi, pemerintah saat ini sedang gencarnya mendukung penggunaan kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat. Kami berpendapat ini saat yang paling tepat untuk meluncurkan Nissan Leaf di Indonesia,” ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (18/8/2021).

Baca : Cerita Menarik di Balik Pesona Mobil-Mobil Antik Bung Karno

Komitmen pemerintah untuk mendorong pengembangaan industri kendaraan listrik tertuang dalam Perpres No 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Sementara untuk meringankan pajak pembelian, Peraturan Pemerintah No.74/2021 tentang tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 0 persen untuk mobil listrik juga diterbitkan guna mempercepat elektrifikasi dalam negeri.

Tan Kim Piauw, Sales and Marketing Director PT Nissan Motor Distributor Indonesia, menuturkan bahwa sejalan dengan peraturan tersebut, Nissan Leaf disebut menjadi wujud komitmen perusahaan untuk mendorong keinginan tersebut.

“Ke depannya, kami akan terus mengembangkan mobil-mobil listrik dari Nissan, yang sebelumnya juga sudah kami perkenalkan, ada Nissan Kick e-Power dan saat ini Nissan Leaf,” tutur Tan.

Mobil ini tercatat menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh dengan jarak tempuh 311 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan test New European Driving Cycle (NEDC). Ini setara dengan penggunaan rerata harian 40 km selama 1 pekan. Adapun salah satu hambatan penjualan mobil listrik di Indonesia adalah soal infrastruktur pengisian daya. Terkait hal tersebut Nissan LEAF memiliki kemampuan baterai yang terbilang sangat aman digunakan untuk berkendara harian bagi masyarakat.

Nissan menyatakan mengembangkan sendiri baterai The All-New Nissan LEAF, yang diuji secara ketat dan telah membuktikan keandalan yang luar biasa. Hingga saat ini baterai tersebut tidak menemui kendala setelah menjalani 10 miliar kilometer jarak tempuh. Dari sisi pengisian daya, Nissan LEAF disebut aman dalam berbagai kondisi cuaca dan dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dan penumpang dari sengatan listrik, yang berarti pengisian daya The All-New Nissan LEAF dapat dilakukan dengan aman bahkan saat hujan.

Pengisian daya Nissan LEAF dapat dilakukan di rumah lewat pengisian portable berkapasitas 3,3 Kw dengan waktu pengisian 12 hingga 15 jam. Jika menggunakan home charger, waktu yang dibutuhkan adalah 5 hingga 7 jam. Mengisi daya listrik The All-New Nissan LEAF dapat dilakukan di rumah, pemilik dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable (3.3 Kw), yang memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12-15 jam, atau menggunakan pengisi daya home charger (AC 7.4 kw) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5-7 jam. 

Jika tidak sempat diisi ulang di rumah, charging dapat dilakukan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau di dealer terdekat yang menyediakan charging station.Setelah tiga tahun menantikan momentum berjualan LEAF di Indonesia, Nissan setidaknya telah mulai memasok model listrik andalannya itu ke jaringan dealer. Setidaknya, pada Juli 2021, Nissan tercatat memasok 3 unit LEAF yang didatangkan secara utuh dari Jepang.




Diubah oleh deganijo001 18-08-2021 08:37
jlamp
gee.cc17
gee.cc17 dan jlamp memberi reputasi
2
1.6K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan