therminustAvatar border
TS
therminust
Kasus Covid-19 di AS Melonjak 1000%


Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 yang terjadi di Amerika Serikat semakin mengahawatirkan/ karena melonjak hingga 1000%. New York Times mengabarkan pada akhir Juni 2021 kasus infeksi Covid-19 yang terjadi di Negeri Paman Sam sebelumnya berada di Level 11.000 per minggunya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-melonjak-1000

Fakta-fakta Kasus Covid AS Naik 1000% hingga Faskes Kritis

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 semakin mengkhawatirkan di Amerika Serikat (AS). Meski memiliki angka vaksinasi yang cenderung tinggi, negara itu tetap mengalami peningkatan infeksi yang signifikan dengan mencapai di atas 140 ribu infeksi perharinya.

Mengutip Worldometers, kemarin AS mencatat ada 137.307 kasus Covid-19 dengan 873 kematian. Jika dilihat data 13 Agustus, kasus harian bahkan sempat menyentuh 159.690, rekor terbaru sejak kasus melandai di Februari 2021.

Hal ini membuat kekhawatiran baru. Lonjakan dinilai pelaku pasar berisiko pada perlambatan ekonomi AS.

Lalu apa saja fakta-fakta terkait ledakan corona AS ini? Berikut faktanya:

Kasus Covid-19 Naik 1000%

Mengutip data interaktif Covid-19 milik New York Times, pada akhir Juni lalu rata-rata kasus infeksi di Negeri Paman Sam masih berada di level 11 ribuan per minggunya. Namun saat ini rata-rata infeksi mingguan telah mencapai 141 ribu kasus perharinya.
Ini merupakan kenaikan lebih dari 10 kali lipat. Artinya kini kasus AS sudah naik sekitar 1000%.

2 Penyebab Kenaikan

Para analis kesehatan menganggap kenaikan tinggi ini terjadi akibat dari pelonggaran-pelonggaran yang berlaku pada liburan musim panas. Publik seakan sudah menganggap corona telah hilang dan mengabaikan protokol.
"Kita berada di pertengahan musim panas, orang-orang mulai berkumpul, mereka dalam kelompok yang besar. Vaksin telah membuat mereka merasa aman, dan mereka lupa dengan protokol kesehatan," kata DekanRutgers School of Public Health, dr. Perkin Halkitis, dalam wawancara bersama CNBC International.
Selain itu, Varian Delta juga dianggap sebagai faktor yang memicu ledakan infeksi ini. Pusat Penyakit Menular (CDC) ASmenyebut bahwa varian ini memiliki tingkat penyebaran layaknya cacar air dan melemahkan sistem imun lansia yang sudah divaksin.

5 Negara Bagian Terparah
Kenaikan ini paling signifikan dimotori oleh lima negara bagian yaitu Florida, Louisiana, Mississippi, Oregon, dan Hawaii.

Dari data New York Times , Louisiana mencatat rata-rata 126 kasus per 100.000 penduduk pada hari Minggu (15/8/2021), lebih dari tiga kali rata-rata nasional AS yang hanya 39. Sementara Mississippi dan Florida masing-masing mencatatkan rata-rata110 dan 101 kasus per 100.000 penduduk.

Mengutip Worldometers, secara keseluruhan, negara bagian yang mengalami kasus paling banyak beberapa minggu terakhir adalah California. Kemarin Selasa (17/8/2021), ada 14.940 kasus baru dengan total kasus aktif 1,8 juta.

Faskes Dilaporkan Kritis
Hal ini membuat fasilitas kesehatan (faskes) di negara itu mulai menunjukkan tanda-tanda kewalahan dan kepenuhan. Terbaru, hal ini dilaporkan di Texas, Hawaii dan Alabama, Rabu (18/8/2021).
Media lokal Texas, Texastribune, mengatakan tempat tidur ICU sudah mulai menipis. Banyak rumah sakit melaporkan kekurangan Kasur karena melonjaknya kasus.

"Kami memasuki lonjakan terburuk," kata spesialis perawat paliatif di Dallas dan anggota Gugus Tugas Covid-19 Asosiasi Media Texas, Dr Mark Cassanova.
"Ini adalah ronde keempat dari pertarungan yang seharusnya hanya tiga ronde. Kami khawatir bagaimana angka ini akan membanjiri kami."

Di Hawaii, mulai muncul kekhawatiran bahwa negara bagian kepulauan Pasifik itu tidak akan mampu lagi menangani pasien Covid-19.

"Kami sedang 'terbakar'. Ketika kita memiliki rumah sakit yang benar-benar khawatir untuk dapat merawat orang, itu adalah krisis," kata Direktur Kesehatan Hawaii, Dr. Elizabeth Char, mengatakan pada konferensi pers minggu lalu.

"Ketika kita melihat pertumbuhan eksponensial dalam jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 setiap hari dengan 2.000 orang dalam tiga hari terakhir, itu adalah krisis. Dan pada titik di mana kita membanjiri sumber daya kita, itu adalah bencana."
Hal yang lebih parah terjadi di negara bagian Alabama. Otoritas kesehatan negara bagian itu menyebut bahwa mereka saat ini tidak memiliki ICU yang cukup untuk menampung seluruh korban Covid-19 yang mengalami gejala cukup parah.

"Sistem rumah sakit negara bagian memiliki jumlah 'negatif' ketersediaan tempat tidur ICU saat memasuki skenario yang belum dipetakan," kata Presiden Asosiasi Rumah Sakit Alabama, Don Williamson, mengutip The Washington Post.

Vaksinasi AS
AS sendiri merupakan salah satu negara dengan progress vaksinasi tercepat. CDC mengatakan pada hari Selasa (17/8/2021) sekitar 198,9 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19, termasuk sekitar 168,9 juta orang yang telah sepenuhnya divaksinasi.
Namun AS tidak mewajibkan vaksinasi Covid-19 ke warganya. Banyak warga yang mengalami gejala serius Covid-19 saat ini akibat enggan melakukan vaksin.


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-faskes-kritis


Puaasti gara2 vaksin kw China Sinopak ini 

Uda vaksinasi 70%+ penduduk tapi kok masih 5 besar kasus terinfeksi & kematian tertinggi
akucintachin4
meooong
meooong dan akucintachin4 memberi reputasi
2
1.5K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan