alkenanzafarmAvatar border
TS
alkenanzafarm
Dari Ikan Santapan Yang Lezat..Jadi Ikan Predator Air Tawar Yang Menjanjikan
Channa Ikan Predator Air Tawar

Para pecinta ikan predator pasti sudah tidak akan asing lagi dengan ikan Channa atau gabus. Sering snakehead fish emperor karena kepalanya menyerupai kepala ular.

Sama hal nya dengan ikan predator lain channa memiliki banyak sekali jenis nya.
Channa merupakan famili untuk ikan gabus, ikan yang dulu di pandang sebelah mata sekarang menjadi salah satu primadona ikan predator air tawar.

Channa mempunyai nama ilmiah family channidae. Bersifat teritorial dan menyerang sesama jenis yang masuk ke wilayahnya. Sama hal nya dengan cupang umumnya dipelihara sendirian dalam satu akuarium.

Cara memelihara Channa

Channa memiliki Ratusan jenis spesies mulai dari Asia hingga Afrika. Karena banyaknya keunikan yang di miliki ikan channa menjadi salah satu pilihan untuk di jadikan salah satu peliharaan akuarium.

Memelihara ikan channa sangat mudah, Sama hal nya dengan ikan cupang. Channa bisa hidup di air yang kasar oksigen nya rendah, sehingga bisa di pelihara tanpa menggunakan aerator dan sirkulasi.


Jenis Jenis Channa

Ada beberapa jenis ikan yang makin populer dan banyak di pelihara para pencinta dan komunitas ikan channa baik lokal atau pun luar negeri. Di indonesia sendiri memiliki banyak jenisnya seperti yellow sentarum, channa red sampit, channa asiatica, strip merah channa stewartii kalikhola, andrao, auranti, dan masih banyak lagi.

Di tambah dengan jenis chana yang berasal dari luar negeri seperti channa red blue pulchra, dan blue pulchra dari Vietnam, asiatica red strip dari Cina, karena memiliki motif yang lebih cerah dan memiliki motif yang lebih beragam jenis ikan channa impor yang cukup yang paling banyak di koleksi. Di bandingkan dengan channa jenis lokal

Channa dari luar negeri juga memiliki banyak keunikan seperti bentuk dorsal dan warna yang lebih mencolok di bandingkan channa lokal yang membuat ikan channa dari luar menjadi ikan yang banyak diburu penghobi ikan predator air tawar meskipun memiliki harga yang Iebih mahal.

Harga Ikan Channa

Di pasaran sendiri harga nya sangat bervariasi sesuai dengan jenis dan ukuran ikan channa yellow sentarum dengan ukuran 5-6 cm harganya berkisaran Rp 30.000 sampai dengan Rp 50.000 per ekor.

Harga ikan channa impor seperti jenis pulchra yang memiliki ukuran 5-6 cm dijual Rp 50.000 sampai dengan Rp. 150.000 per ekor. Apa lagi bila ikan channa memiliki kualitas bagus dan mental berani, maka tak jarang yang menjual hingga jutaan rupiah.

Semakin lama ikan channa semakin populer bisa di sejajarkan dengan ikan cupang. Bahkan untuk saat ini tak jarang pencinta ikan hias lain nya ikut mengoleksi ikan predator air tawar ini dan mulai ikut membudidayakan nya.

0
925
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan