Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Pertamina Temukan Cadangan Migas di Kepulauan Seribu

Pertamina Temukan Cadangan Migas di Kepulauan Seribu
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...ulauan-seribu?

Pertamina melalui anak usahanya Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra menemukan cadangan migas di Kepulauaan Seribu. Ilustrasi. (Zabur Karuru).

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Kepulauan Seribu, Jakarta.
Direktur Eksplorasi Subholding Upstream Pertamina Medi Kurniawan mengatakan temuan tersebut berasal dari sumur Fanny-2 yang terletak di Distrik Central Business Unit (CBU) Blok OSES. Sumur itu berada di area komplek eksplorasi Angel Cluster yang berjarak sekitar dua kilometer sebelah barat Pulau Sebira di Kepulauan Seribu.

"Penemuan minyak dan gas dari sumur Fanny-2 ini bukti ide baru dan semangat baru dalam mengerjakan lapangan tua, seperti halnya Blok OSES yang memberikan hasil positif," kata Medi seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/8).

Ia bercerita penemuan itu diawali oleh aktivitas pengebor sumur Fanny-2 yang dilakukan Pada 13 Maret 2021 hingga 24 Juni 2021 lalu. Dari pengeboran, Pertamina menemukan minyak dan gas bumi pada lapisan batu pasir formasi talang akar dengan hasil uji produksi pada lapisan lower zelda layer 44 (DST#2) yang mengalirkan gas sebesar 4,95 MMSCFD dan kondensat sebesar 241 BCPD pada bukaan choke 28/64.

Selain itu, dari pengeboran Pertamina juga menemukan minyak dari hasil proses sirkulasi ke permukaan pada lapisan middle zelda di DST#3.

"Discovery sumur Fanny-2 ini diharapkan dapat diikuti oleh keberhasilan pengeboran sumur-sumur eksplorasi berikutnya. Masih ada tiga prospek di area Angel Cluster yang akan diakselerasi proses bisnisnya, yaitu Nani, Villani, dan Tati untuk dieksekusi pemborannya pada 2022-2023," ujar Medi.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...vpsGlxCS1GBpE.
Diubah oleh kaskus.infoforum 18-08-2021 06:20
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
3.6K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan