c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Warga Negara China Di Indonesia Bukan Tenaga Kerja Terampil, Apakah Diperbolehkan?




Banyak orang bertanya kenapa banyak orang WNA terutama dari China yang bekerja di Indonesia bukan sebagai pekerja terampil? Bahkan dimasa pandemi saat ini banyak sekali WNA yang datang dari negeri Tiongkok tempat dimana awal virus corona menyebar.

Kalau melihat dari sistem bisnis dan perdagangan, jelas dengan alasan investasi Indonesia saat ini sudah banyak big bos dari negeri China yang datang untuk menanamkan modal dan membuat pabriknya disini.





Semua sektor industri hampir seluruhnya dikuasai oleh ras China, atau keturunannya namun sudah menjadi WNI. Ini sebenarnya yang menjadi masalah di Indonesia pebisnis besar tanah air jarang sekali dari ras pribumi, karena mereka lebih senang berpolitik daripada pure berbisnis.

Maka tak heran kalau sektor Industri yang dimiliki perusahaan asal Tiongkok lebih memilih WNA dari negaranya sendiri, ini dikarenakan pemiliknya bahkan pekerja terampil mereka tak bisa berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional atau Indonesia.





Maka sudah pasti investasi yang ditanamkan oleh WNA China dengan membuka banyak pabrik industri di Indonesia namun lebih banyak menyerap tenaga WNA asal China dari kuli hingga tenaga kerja terampil.

Lantas kenapa kita harus marah-marah dengan slogan anti asing? Menurut Old Mind yang memang sering sekali negara asing dijadikan propaganda dengan teriak-teriak cinta tanah air dan anti asing, namun seluruh hidupnya tak lepas dari barang merek asing. Dari ponsel hingga fashion lebih suka buatan Tiongkok yang murah, atau lebih suka barang branded yang mewah buatan Jepang, Korea, Amerika atau Eropa tapi teriak-teriak anti asing.





Namun menurut New Mind, dikarenakan TS tidak paham apa kesepakatan industri asing dengan menteri yang membawahinya, lalu ada WNA yang bekerja bukan di sektor tenaga kerja terampil. Itu semua tidak ada yang salah, toh WNI kita menjadi TKI juga banyak di negara luar tanpa keterampilan yang memadai.

Andai ada pebisnis Indonesia yang membuka pabrik di luar negeri dan berani memakai WNI di negara orang bukankah hal itu sama saja?







Kalau merasa jengah dengan adanya industri yang dibangun asing memakai tenaga kerja asing, kenapa negara tidak menciptakan industri yang dipegang pebisnis Indonesia dengan memudahkan birokrasi?

Jadi sebagai rakyat harus pintar, dengan adanya WNA asing di wilayahnya maka harus belajar bahasa asing tempat WNA itu berada, bukalah bisnis kuliner, pasar, hiburan dan sebagainya lalu terapkan harga yang mahal untuk WNA bukankah itu cara elegant untuk membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.





Jangan merasa tersingkir dengan hadirnya pendatang, tapi harus berfikir kreatif agar para pendatang ini tidak berbuat semena-mena. Bahasa mandarin saat ini perlu dipelajari agar bisa memenangi perebutan jatah pekerjaan di negeri sendiri, kalau banyak WNI bisa menguasai bahasa mandarin bukan tak mungkin pekerja dari industri asing asal Tiongkok akan mempekerjakan warga Indonesia.

Banyak pemuda Indonesia yang bisa menyingkirkan Belanda dengan diplomasi, tentunya hal itu membutuhkan kepandaian dalam berbahasa ibu mereka.

Tapi, sebentar nih ada tapinya kalau kejadian seperti yang ada di channel Kang Dedy Mulyadi dibawah ini,



Ketika ada perusahaan industri asing yang angkutan mereka merusak jalan umum, ini harus dinas PU yang investigasi. Bahkan struktur jabatan WNA di pabrik itu tidak jelas patut dipertanyakan, berapa banyak industri asing yang seperti ini yang tidak ketahuan.

Solusinya jelas sebagai wakil yang dipilih rakyat, harus memberikan kejelasan untuk hal-hal dasar seperti ini bila perlu kerjasama antara yudikatif, eksekutif dan legislatif untuk mencari solusi.

Apakah agan-agan punya pendapat yang berbeda tentang hal ini?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star



Diubah oleh c4punk1950... 16-08-2021 10:33
alfidanger
emineminna
Negrod
Negrod dan 7 lainnya memberi reputasi
8
6.2K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan