CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Turunkan Harga PCR Rp 550.000, Epidemiolog: Mahal, Harusnya Rp 150.000
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6119cb4da1e7131afc5d392f/jokowi-turunkan-harga-pcr-rp-550000-epidemiolog-mahal-harusnya-rp-150000

Jokowi Turunkan Harga PCR Rp 550.000, Epidemiolog: Mahal, Harusnya Rp 150.000

Jokowi Turunkan Harga PCR Rp 550.000, Epidemiolog: Mahal, Harusnya Rp 150.000

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono menilai tes Covid-19 atau tes PCR di Indonesia tetap mahal meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menurunkan harga hingga maksimal Rp 550 ribu per sekali tes swab PCR.

Pandu menyebut seharusnya harga swab PCR bisa ditekan hingga Rp 150 ribu, harga ini sangat terjangkau bagi masyarakat dan kasus Covid-19 akan lebih mudah terdeteksi.

"Tes PCR berdasarkan e-Catalogue bisa ditekan Rp 150 ribu rupiah. Pak Jokowi memerintahkan ke Pak Budi Sadikin dan Kemenkes RI harus menekan kemahalan dengan serendah-rendah dan secepat-cepatnya. Kalau dipatok Rp 500 ribu itu masih sangat mahal," kata Pandu melalui twitternya @drpriono1, Senin (16/8/2021).

Dia juga mengungkapkan bahwa tes swab antigen juga bisa ditekan lebih murah hingga Rp 70 ribu,

Tingginya harga tes PCR yang berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta dan antigen yang berkisar Rp 80 hingga Rp 150 ribu di Indonesia saat ini, kata Pandu disebabkan karena pengawasan yang minim dari pemerintah terhadap kondisi pasar.

"Jadi kenapa bisa terjadi harga kemahalan, walaupun sudah diprotes, karena banyak yang diuntungkan dan tidak pengawasan yang ketat dari regulator. Kemenkes RI," tegasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi meminta agar harga maksimal tes swab PCR (polymerase chain reaction) sebagai standar tertinggi tes Covid-19 turun ke Rp 450 ribu dan maksimal Rp 550 ribu.

"Saya sudah berbicara dengan menteri kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes 'PCR' ini berada di kisaran antara Rp 450 ribu sampai Rp 550 ribu," kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga meminta hasil tes PCR dapat diketahui maksimal 1x24 jam.

Baca Juga:Bersyukur Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Iwan Fals: Alhamdulillah Lagi kalau Gratis

"Selain itu saya minta juga agar tes PCR bisa diketahui hasilnya dalam waktu maksimal 1x24 jam, kita butuh kecepatan," ucapnya.

Presiden berharap dengan rentang harga tersebut maka tes Covid-19 akan semakin banyak.

https://www.suara.com/news/2021/08/1...snya-rp-150000
profile-picture
profile-picture
db84x3 dan skiesman memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 2
Gw dukung pak Pandu memberikan contoh emoticon-Angkat Beer
profile-picture
anggreiawan1989 memberi reputasi
Diubah oleh pancidermawan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tingginya harga tes PCR yang berkisar Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta dan antigen yang berkisar Rp 80 hingga Rp 150 ribu di Indonesia saat ini, kata Pandu disebabkam karena pengawasan yang minim dari pemerintah terhadap kondisi pasar.

Asli emang bener.minim pengawasan dan tdk ada ketegasan sama sekali.
Paling pernyataan doang akan tindak tegas, kenyataan dilapangan letoy.
makanya rampok2 berdasi makin bertebaran dinegeri ini.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
crot113 dan db84x3 memberi reputasi
Kalo 550 itu msh untung, berarti kemaren cuan 60%, gila jg
profile-picture
db84x3 memberi reputasi
Menkes menang banyak selama ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
crot113 dan db84x3 memberi reputasi
Harusnya bs discover BPJS,minimal 60% aja.
profile-picture
db84x3 memberi reputasi
Kalo suatu kewajiban seharusnya gratis (ditanggung negara)




emoticon-Traveller
profile-picture
db84x3 memberi reputasi
Heleh lu pikir semua orang bisa kerjain test PCR? Butuh waktu dan tenaga ahli.

Gak sesimple rapid test.
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dari judulnya udah bisa ditebak epidemiolog siapa yg ngomong begini.
dan ternyata bener emoticon-Leh Uga
profile-picture
tukangbeling7 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Si Epidemiolog pasti ngitungnya cuma harga alat test PCR doang, biaya gaji petugas minimal 2 orang, biaya pakaian APD, biaya tempat-Listrik, biaya lainnya gak diitung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cara out of the box nya
Bikin tes PCR palsu
Tapi jangan kasih tau ini palsu
Dan tekan harganya semurah mungkin
Otomatis semua pada ke sini
Harus yang kredibel
Begitu cara maen buat bubarin kartel
Harus digebrak!
Ibarat ada orang mau nyopet
Teriakin aja
Tu copet langsung ngibrit

Ada jeleknya sih
Tapi hanya di awal dan sementara
Setelah itu ada keseimbangan harga baru
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Modal dasarnya brp duit sih ? Klo modal cuman 100 rb ya kasih harga mentok 200 rb, klo modal 400 ribu kasih harga mentok 550 rb, dst... emoticon-Traveller
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu pke tenaga ahli dan telah di bahas oleh beberapa kaskusers di trit dosen yg mengajar pulangnya ke lab tuk PCR....
emoticon-Cool
dengan kondisi faskes dan nakes terbatas ya sulit turun lagi harganya, ditambah duit dipake tanggungan biaya RS pasien covid dan vaksin ...

harusnya sebagai epidemolog mendorong pemerintah menambah fasilitas untuk testing dari awal, kalau sekarang mah kesannya ngikut arus doang emoticon-Nohope
Diubah oleh nekoyashikki
Udah setahun lewat baru ngomongin harga tes pcr jok2.
ntar kalok diturunin jadi 150rb minta nya gratis
udah tau gw mental kadrun2 di Indo
dikasih ati minta nya rempela
tidak pernah tau berterima kasih

emoticon-Wkwkwk
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yaudah buktiin kalo emang bisa 150k jgn hanya bacot ajh.
Lip service kek biasa
Kemarin harga kanan mentoknya masih 900k emang yg pada jualan di atasnya pada ditindak kena sanksi??? mana ada njir yg jualan sejutaan aja msh banyak + ga ditindak samsek
profile-picture
db84x3 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semoga turun ke 150rb lebih meringankan rakyat kecil
bisnis kartu vaksin jd kayak ATM juga menyenangkan... terima kasih corona ^_^
positif saja, anggap saja kelebihan harga yg selama ini buat menutup biaya rumah sakit yang menjadi rujukan pemerintah
mudah2an semakin menurun, terkait semakin banyaknyayg positif danselamat dan yang sudah vaksin juga
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di