KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Games / ... / eSports /
(Mobile Legends) Inilah Pemain Asing yang Sukses Berkarier di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610ff8d6850acd028a727870/mobile-legends-inilah-pemain-asing-yang-sukses-berkarier-di-indonesia

(Mobile Legends) Inilah Pemain Asing yang Sukses Berkarier di Indonesia

(Mobile Legends) Inilah Pemain Asing yang Sukses Berkarier di Indonesia

Perkembangan esports di Indonesia tengah meningkat pesat. Pemerintah pun sampai turun tangan mendukung perkembangannya dengan menggelar ajang Piala Presiden Esports. Enggak bisa dimungkiri, meroketnya esports di Indonesia berkat kehadiran game Android seperti Mobile Legends.

Hal ini pun membuat beberapa pemain luar Indonesia memutuskan untuk melakoni karier esports di Indonesia. Beberapa nama pun telah berhasil meraih kesuksesannya. Entah jadi pemain, pelatih, ataupun influencer. KINCIR pun telah mengumpulkan nama-nama pemain asing yang sukses di Indonesia. 

Yuk simak di bawah ini!

1. Lu “Sasa” Khai Bean – ONIC Esports (Malaysia)




Jadi salah satu pemain yang membawa ONIC Esports jadi tim terkuat di MPL Season 3, MSC 2019, dan Piala Presiden Esports 2019, SaSa merupakan pemain yang berasal dari Malaysia. Keputusannya untuk merantau dari negeri Jiran ke Indonesia memang membuahkan hasil.

Sebelumnya, SaSa diketahui pernah bergabung dengan tim Malaysia NY Esports. Merasa kurang berkembang, dirinya pun memutuskan untuk menerima tawaran James untuk bergabung ke skuad ONIC.NV. Hingga kini, SaSa pun berhasil jadi salah satu pemain asing yang sukses berkarier di Indonesia.

Kini, Sasa resmi kembali ke negara asalnya setelah berpisah dengan ONIC beberapa waktu lalu. Dirinya juga akan bertanding di MPL Season 8 Malaysia dengan bergabung dengan Team SMG.

2. Chen "James" Teng – RRQ (Singapura)


Berasal dari Singapura, pemain yang kini jadi pelatih di RRQ pun memulai kariernya sebagai pemain di ONIC.NV pada September 2018 lalu. Dirinya pun bergabung dengan RRQ pada Januari 2019.

Sayangnya, dirinya harus mengucapkan selamat tinggal untuk Lemon dan kawan-kawan pada Mei 2019. Walaupun begitu, James masih dipercaya untuk menjadi pelatih RRQ pada gelaran M1 World Championship 2019 lalu. Kini, dirinya pun berhasil membawa sang raja menjuarai ajang MPL Invitational 2020.

Jelang MPL Season 7 lalu, James resmi berpamitan dan enggak lagi jadi pelatih untuk Lemon dan kawan-kawan. 

3. Bjorn “Z3zeys” Ong - (Singapura)

(Mobile Legends) Inilah Pemain Asing yang Sukses Berkarier di IndonesiaVia istimewa

Sebelum terjun ke ranah kompetitif Mobile Legends, Z3zeys merupakan mantan pemain profesional dari Arena of Valor yang memperkuat tim Resurgence, Singapura. Dia juga dipercaya untuk membela timnas Singapura pada cabang ekshibisi esports Asian Games 2019.



Terjun ke ranah kompetitif Mobile Legends, dirinya pun berhasil membantu EVOS Esports Indonesia dan Singapura jadi tim yang menjuarai ajang MPL Season 4 lalu. Z3zeys juga berhasil jadi pelatih sukses yang membawa tim yang berlambang macan putih ini jadi skuad terkuat di dunia dengan menjuarai ajang M1 World Championship 2019.

Kini, sang pelatih pun turun langsung untuk membela EVOS Esports di MPL Invitation. Sayangnya, Z3zeys masih belum menampilkan performa yang baik dengan performa buruknya di ajang MPL Invitational.

4. Zulkarnain “WizzKing” Zulkifli – RRQ (Brunei Darussalam)



Pemain asing yang satu ini bisa dikatakan jadi yang "senior" di skena esports Mobile Legends Indonesia. Pasalnya, sebelum dikenal luas sebagai "penjaga GH-nya RRQ", WizzKing merupakan rekan setim Daylen Reza di Saints Indo. Tercatat, dia sudah bergabung dengan Saints sejak MPL Season 2.


Setelah hengkang dari Saints Indo, WizzKing pun bergabung dengan RRQ ZenSayangnya, tim tersebut pun resmi untuk bubar jalan jelang MPL Season 4 lalu. Kini, pemain kelahiran Brunei Darussalam inipun memperkuat RRQ Hoshi.

Dikenal sebagai pemain top global beberapa Hero di Mobile Legends, keterampilan WizzKing pun mampu membawa RRQ jadi tim terkuat di babak Regular Season MPL Season 5 lalu. Meski tidak tampil di setiap pertandingan, penampilannya kala bermain bisa dibilang cukup baik dengan rata-rata KDA 6,15 dari 15 match.

5. Du “Zxuan” Zhen Xiong (Singapura)




Sebagai salah satu pemain asing yang terbilang sukses menjalani karier di Indonesia, mungkin Zxuan masuk dalam daftar. Soalnya, beberkali pemain asal Singapura ini bergabung dengan tim asal Indonesia, misalnya BOOM ID dan Genflix Aerowolf. Dirinya juga tercatat pernah memperkuat EVOS SG.



Walaupun enggak sebagai pemain untuk memperkuat tim tersebut di skena kompetitif, Zxuan kerap menghadiri di beberapa acara Mobile Legends Indonesia, contohnya [url=All-Star Indonesia]All-Star Indonesia[/url]. Dikenal sebagai user Fanny terbaik, hingga saat ini Zxuan memang belum membuktikan kemampuannya untuk membela tim Indonesia.

***

Itu dia beberapa pemain Mobile Legends asing yang sempat mencoba peruntungan dan sukses berkarier di Tanah Air. Sebenarnya, masih ada dua pemain asing lain yang punya karier yang cukup sukses. Nah, daftar lengkapnya bisa agan-agan cek di artikel aslinya di KINCIR.com!
Baru tau wizzking bkn aslj sni wkwkwk
Post ini telah dihapus
baru tau kalo wizzking pernah di Saint Indo...
Iye rang pada cabutan semuanya. Mana keren2 lagi gaya play Game nye
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di