rarirurerorAvatar border
TS
rarirureror
Peta Game GTA 5 Hadir Dalam Bentuk 3D, Bikinnya Butuh Waktu Lebih Dari 400 Loh!


Siapa nih yang suka main Grand Theft Auto alias GTA?

Kalau Agan dan Sista adalah pecinta game GTA, kalian pasti tau kan kalau dari sekian banyak seri permainan GTA, GTA merupakan seri permainan yang memiliki peta paling besar jika dibandingkan dengan seri seri yang sebelumnya. Nah, saat kalian sedang bermain dan menyelesaikan berbagai macam misi dalam permainan tersebut, kalian suka pusing ga sih saat melihat petanya yang super besar dan super detail tersebut? Jujur deh pasti keder juga kan melihat petanya? Hehehe. Yaa, melihat petanya yang 2 dimensi di layar lcd aja udah pusing, gimana kalau lihat peta tersebut dalam bentuk 3 dimensi ya? Makin pusing kali ya melihatnya, hehehe.

Penasaran pengen lihat langsung petanya dalam bentuk 3 dimensi?’



Tenang, ini bukan hal yang ga mungkin kok. Pasalnya, Dom Riccobone, seorang product designer baru saja merealisasikan peta GTA 5 tersebut dalam bentuk 3 dimensi. Ia menghabiskan waktu lebih dari 400 jam dengan menggunakan 3D printing, custom design software, dan alat lainnya, untuk membuat peta GTA terbesar itu.



Dom Riccobene, sang product designer tersebut memang biasanya suka “membuat ulang” sebuah lokasi sungguhan dengan menggunakan data dunia nyata sebagai “data sculptures“. Tapi, karena kondisi pandemi saat ini yang tak kunjung usai, ia pun tak bisa melanjutkan pekerjaannya tersebut. Alhasil, ia pun mengisi waktu luangnya selama pandemi dengan menggunakan peta dalam permainan GTA 5 dan Red Dead Redemption 2 sebagai inspirasinya. Hal ini ia lakukan untuk membuat dataset resolusi tinggi dari kedua dunia tersebut, kemudian mewujudkannya dalam bentuk fisik 3D.

Bukanlah hal yang mudah bagi Dom Riccobene untuk merealisasikan peta-peta tersebut dalam bentuk 3 dimensi. Untuk mencetak peta GTA 5 dalam bentuk 3d, ia membutuhkan waktu lebih dari 125 jam. Oh iya, ini hanya waktu cetak yaa, belum termasuk mencetak, mengambil data, membangun ketinggian, dan menyempurnakan. Kalau digabung semuanya sih, kira-kira menghabiskan waktu sekitar 400 jam, GanSis.

Agan dan SIsta yang hobi main GTA pasti udah hapal banget kalau Rockstar Games, sang pengembang game Grand Theft Auto (GTA) memang dikenal dengan permainan yang sangat detail, termasuk soal petanya, khususnya peta dalam GTA 5. Beberapa waktu lalu, ada seorang penggemar seri Red Dead Redemption dari Rockstar Games yang mencoba untuk menggabungkan petanya demi membandingkan skala di antara keduanya.

Melansir Kotaku, si pembuat peta GTA 5 3D Riccobene mengaku kalau proyek RDR2 sangatlah membantu prosesnya dalam membuat wujud fisik dunia yang kompleks itu. Ia menggunakan rancangan khusus untuk memindai karakter fisik RDR2 sebelum memindahkannya ke pembuatan GTA 5. Dengan ratusan juta koordinat di game-nya yang harus ia pindahkan ke dunia nyata, ia mulai merakit peta dengan printer 3D. Alhasil, jadilah 3D map yang detil dan skala yang akurat.



SUMBER
eyefirst2
edv039
wanitatangguh93
wanitatangguh93 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan