CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jawab Pertanyaan Netizen Soal Penangkapan Richard Lee, Hotman Paris: Ada 2 Kasus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6114bc9e358062608226c463/jawab-pertanyaan-netizen-soal-penangkapan-richard-lee-hotman-paris-ada-2-kasus

Jawab Pertanyaan Netizen Soal Penangkapan Richard Lee, Hotman Paris: Ada 2 Kasus

 Jawab Pertanyaan Netizen Soal Penangkapan Richard Lee, Hotman Paris: Ada 2 Kasus

TEMPO.CO, Jakarta - Penangkapan dokter Richard Lee di rumahnya di Palembang pada Rabu, 11 Agustus 2021 menuai banyak tanda tanya dari masyarakat. Hal ini juga dirasakan oleh pengacara Hotman Paris yang mengaku mendapatkan ribuan pertanyaan mengenai penangkapan kemarin.

"Banyak yang bertanya 'kenapa sih kasus ecek-ecek cuma pencemaran nama baik kok nangkapnya kayak penjahat kakap? Kok nangkapnya kayak penjahat gembong besar?'," kata Hotman dalam video di Instagramnya pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurut Hotman, kasus yang menimpa Richard Lee tidak hanya dugaan pencemaran nama baik, pasal 27 ayat 3 UU ITE saja melainkan sudah berkembang. "Bukan hanya pencemaran nama baik, sudah berkembang menjadi dua kasus dan penangkapannya terkait dengan kasus kedua, pasal 30 UU ITE ancamannya hukuman enam tahun penjara," katanya.


Berdasarkan informasi yang didapat, Hotman Paris menjelaskan bahwa kasus ini memang bermula dari dugaan pencemaran nama baik melalui Instagram. Hal ini membuat ponsel dan akun Instagram Richard Lee disita oleh penyidik dengan persetujuan dari pengadilan.

"Timbul kasus baru karena katanya ada oknum yang mengakses akun Instagram yang telah disita oleh polisi atas izin pengadilan sehingga oleh penyidik dianggap ada postingan-postingan tertentu yang hilang, mungkin terkait dengan pencemaran nama baik," katanya.


Unggahan video Dokter Richard Lee mengenai hasil laboratorium produk kosmetik mengandung zat berbahaya dan himbauan agar selebgram atau artis tidak mempromosikan produk tersebut menjadi dasar tuntutan yang dilayangkan kepadanya. Selain Kartika Putri, salah satu produsen kosmetik juga pernah menuntut Youtuber dengan 2,6 juta subcriber ini. Instagram/Dr Richard Lee

 Jawab Pertanyaan Netizen Soal Penangkapan Richard Lee, Hotman Paris: Ada 2 Kasus


Dengan kejadian tersebut, Hotman mengatakan penyidik mengembangkannya menjadi kasus kedua, yaitu pasal 30 UU ITE. "Isinya tentang dugaan illegal access artinya kalau suatu akun sudah disita maka oknum-oknum siapapun kecuali penyidik sudah tidak boleh lagi mengakses akun tersebut," katanya.


Menurut Hotman, kasus ini sangat menarik karena jarang terjadi. "Nama penyidik akun kan masih tercatat sebagai penyidik, polisi atas izin pengadilan hanya menyita, tapi sistemnya kan masih berjalan," katanya.

Hotman mempertanyakan apakah kejadian ini sama dengan kasus penerobosan masuk ke TKP yang telah diberi garis polisi. "Dugaan menghilangkan barang bukti, kita tidak tahu apakah benar ada akses atas akun yang sudah disita oleh polisi, kita tidak tahu apakah benar ada dugaan menghilangkan barang bukti," katanya.

Ia tidak ingin menanggapi terlalu jauh mengenai kasus ini. Hotman berharap Kabid Humas Polda Metro Jaya segera membuat pernyataan resmi terkait penangkapan Richard Lee. "Agar masyarakat tahu kasus apa yang terjadi karena memang dari video penangkapan kelihatan sangat gawat, seolah-olah kasus raksasa," katanya.

Video penangkapan Richard Lee pertama kali diunggah oleh istrinya, Reni Effendi di Instagram Story pada Rabu, 11 Agustus 2021. Terlihat sejumlah petugas tak berseragam memegang Richard Lee dan memaksanya keluar dari rumah. "Jangan ditangkap suami saya. Nanti dulu pak, suami saya ditangkap alasannya apa? Alasannya apa? Kenapa bapak enggak jelasin," kata Reni sambil menangis histeris dalam video berdurasi sekitar 35 detik itu.

https://seleb.tempo.co/read/1493688/...is-ada-2-kasus

Ternyata

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh marwoto.ebong
Bang Hotman ini positioningnya pinter.

Selalu di pusat angin ribut. emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mungkin mau menghilangkan jejak digitalnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
"Agar masyarakat tahu kasus apa yang terjadi karena memang dari video penangkapan kelihatan sangat gawat, seolah-olah kasus raksasa," katanya.


Lah ini emang pantes kok masuk kategori kasus raksasa, secara richard selama ini sendirian ngelawan macem2 perusahaan kosmetik berbahan merkuri, gak kaget gw sekalinya dia ceroboh langsung dihajar tanpa ampun sama musuh2nyaemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
kalo akun udah disita, bukannya penyidik harusnya udah ganti password? cmiiw😁
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan


 Jawab Pertanyaan Netizen Soal Penangkapan Richard Lee, Hotman Paris: Ada 2 Kasus
Ntar ntar orang pada takut nge review kosmetik abal abal yg di jual bebas, sedangkan bpom sendiri gak ngapa ngapain hingga produk bisa terjual bebas
profile-picture
profile-picture
hudazone dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau HP yang disita sebagai barang bukti, diakses dan dihapus postingan tertentu, bukannya kena pasar penghilangan barang bukti?
profile-picture
fa.uz memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sinyal tuh dari bang hotman..

Sini pake gw kalau menang emoticon-Wkwkwk

No money ya no comment..
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Rame nih....
nah malah berkembang kasusnya
Ya pasti bakal heboh, apalagi pasal awalnya adalah pasal abadi (pencemaran nama baik)
SOGOKANNYA KURANG

Dah itu aja intinya.
Gak jelas itu SOP UU ITE seharusnya itu akun IG, dll yang katanya dah di tangan penyidik ya di blokir sehingga cuma bisa di akses oleh penyidik. Ah, gak profesional ini hukum indon.

#PANTAS INDON GAK MAJU.
profile-picture
profile-picture
hudazone dan kaiharis memberi reputasi
Dah begoco bae kamu beduo karput samo RL. Samo-samo budak plembang kan kamu beduo tu
Ya kaya gitu kalo gak kasi duit, koruptor di manusiain sementara rakyat biasa di kriminalkan
Hukuman 6 thn penjara, lumayan lama juga
Akun kaskus dibanned mimin berkali2 tetap aman.
menarik nih kasus sita akun ilegal ini
pertama, definisi ilegal nya sendiri masih rancu
kalo richard bisa akses, berarti tidak ilegal menurut t&c nya instagram
itu bisa bisanya polisi dan sistim hukum di indonesia aja yg bilang ilegal
karena definisi ilegal menurut instagram, ente gak bakalan bisa login sama sekali loh, bahkan hacker sekalipun gak akan bisa tembus
kalo richard masih bisa akses, berarti masih legal
jadi kalimat akun ilegal mustinya jangan dipake disini, bisa jadi masalah baru nanti buat polisi
pake aja istilah menghilangkan barang bukti (hapus postingan lama yg jadi kasus sama kartika waktu itu)
ini juga masalah buat polisi, karena seharusnya sangkaan itu dijatuhkan jika richard sudah ditetapkan sebagai tersangka, bukan sebelum, lagi lagi ini bisa bisanya polisi aja
kayaknya ada main mata nich antara kartika dengan polisi
kartika juga kayaknya gak sendirian, ada beking dibelakang nya (produsen obat kosmetik yg di review richard)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di