alioskiAvatar border
TS
alioski
Ini Tim Sukses Jokowi yang Diganjar Jabatan Dirjen IKP Kemkominfo


Jakarta, – Usman Kansong, wartawan senior Media Group yang juga mantan Direktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin diganjar jabatan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo).

Usman dilantik Menteri Kominfo Johnny G. Plate di Ruang Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta, (10/8/2021).

Dalam pidato pelantikannya, Usman menyatakan tantangan Ditjen IKP adalah mengorkestrasi dan menggerakkan harmoni komunikasi publik pemerintah agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Karena ini era digital, maka kita sering mendapatkan apa yang kita sebut hoaks, disinformasi, dan malinformasi yang tentu saja ini harus kita perhatikan melalui berbagai program dan berbagai langkah,” ujar Usman.

Salah satu ihwal penting dalam orkestrasi komunikasi publik, ujar Usman, adalah dengan mencegah beredarnya hoaks maupun kabar bohong dengan melakukan literasi digital.

“Literasi digital sudah diluncurkan oleh Presiden dan kemudian teman-teman berkontribusi melakukan fact check,” katanya.

Pengalaman Jadi Wartawan

Usman berkomitmen menjaga ruang digital dari berbagai konten negatif salah satunya menuntut tanggung jawab dan kontribusi dari platform digital di Indonesia seperti Facebook, Google, Twitter dan Instagram.

“Karena memang hoaks itu adanya di platform-platform itu,” katanya.

Berbekal pengalaman panjang di dunia jurnalistik, Usman berharap dapat bekerja sama dan saling kontribusi antarpihak untuk menangani ancaman hoaks, disinformasi maupun malinformasi di ruang digital.

Tantangan lain yang akan menjadi tugas sman adalah penanganan pandemi yang menurutnya sangat sentral saat ini. Usman menegaskan, kampanye memakai masker menjadi perhatian serius saat ini. Sebab, dari target 95% masyarakat Indonesia yang menggunakan masker saat ini masih di kisaran 85%.

“Kita harus mencapai target di September 95 persen. Itu target yang terukur, kuantitatif. Jadi itu yang mesti kita kejar dahulu baru kemudian yang lainnya paralel kita lakukan,” kata Usman.

https://elangnews.com/politik-pemeri...emkominfo.html
ARShecca
nomorelies
nomorelies dan ARShecca memberi reputasi
2
965
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan