CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610c42dbd78c771a5161d6b0/alasan-paling-klise-putus-cinta-maaf-kamu-terlalu-baik-buat-aku

Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Merahputih.com - "Maaf, kamu terlalu baik buat aku" sekalimat paling klise sebagai alasan untuk menolak atau mengakhiri hubungan percintaan. Alasan klasik tersebut sering digunakan laki-laki maupun perempuan di dalam hubungan percintaan, terutama ketika ingin menolak atau mengakhiri hubungan namun seolah enggak mau menyakiti.

Secara tekstual, "Maaf, kamu terlalu baik buat aku", sangat bijaksana seolah merasa dirinya enggak pantas bersanding dengan orang terlalu baik. Namun, bila dilekatkan dengan konteks di dalam komunikasi hubungan percintaan bisa jadi "Maaf, kamu telalu baik buat aku" justru sihir tak berguna dan malah membuat pasangan sakit hati.

Bagi sebagian orang kelugasan dianggap bukan hal baik di dalam komunikasi. Mereka beranggapa bila bicara lugas maka akan menimbulkan kecewa, sedih, marah, dan lainnya. Namun, di sisi lain, komunikasi tak lugas pun punya banyak celah karena penerjehaman orang bisa jadi beda-beda apalagi bila konteksnya tidak sekaligus dimaknai utuh. Persis seperti kalimat, "Maaf, kamu telalu baik buat aku".

Kapan kalimat tersebut sering digunakan? Ada dua kategori penggunaan. Pertama, penolakan pada saat seseorang menyatakan perasaan cinta. Kedua, saat memutuskan hubungan percintaan. Berikut beberapa ilustrasi penggunaannya.

Kalimat "Maaf, kamu terlalu baik buat aku" sering kali bikin orang bingung makna sebenarnya, memang benar baik atau justru ingin menyinggung. Ada anggapan perempuan lebih tertarik dengan bad boy. Kristina M Durante, Psikolog dengan ketertarikan pada biologi berkait pengambilan keputusan pada The University of Texas, menguji anggapan terebut dengan menerbitkan hasil penelitiannya, "Ovulation Leads Women to Perceive Sexy Cads as Good Dads", Journal of Personality and Social Pyschology, 2012.

Penelitian Durante memberi alasan mengapa perempuan tertarik dengan bad boy karena sisi lainnya dari keburukannya, seperti lebih percaya diri, merasa terlindungi, dan hidup bebas. "Ketika seorang perempuan berada dalam tahap ovulasi, hormonnya mempengaruhi siapa pantas dilihat sebagai sosok pasangan hebat untuk anak-anaknya di masa depan. Menjelang masa ovulasi, perempuan tertarik pada anak laki-laki tampan, karismatik, dan pemberontak," tulis Durante.

Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku

Maka, begitu perempuan didatangi seorang pria jauh dari kesan bad boy, memang sesungguhnya ia tidak tertarik sehingga kalimat, "Maaf, kamu terlalu baik buat aku" benar-benar menggambarkan makna sesungguhnya.

Berbeda hal bila ada perempuan benar-benar suka laki-laki baik, lantas datang seorang bukan bad boy tetapi bukan tipenya, kemudian ia menolak laki-laki tersebut dengan kalimat klise hanya untuk menolak seolah tidak ingin menyakiti alias menolak secara halus.

Kedua gambaran tersebut juga berlaku di saat seseorang akan mengakhiri hubungan. Bisa jadi memang salah seorang pasangan mendadak senang karakter bad boy/girl sehingga mengeluarkan jurus pamungkas kalimat klise tersebut. Namun, ada kemungkinan pula memang ingin putus semata dan lagi-lagi seolah tak ingin menyakiti.

Sebenarnya mengakhiri hubungan juga menerima dan menolak cinta seseorang merupakan hak setiap orang. Mereka bisa bebas memilih dengan siapa meletakkan hatinya. Daripada menerima seseorang namun sebenarnya enggak cinta, justru tidak akan baik buat dirinya juga hubungannya.

Orang menolak cinta bukan berarti jahat. Mungkin saja ia sudah memiliki orang dicintai, atau sedang ada gebetan lain, jadi sulit untuk menerima orang baru. Meski begitu, kalim klise terlalu baik kemudian jadi terasa aneh di saat banyak orang menggunkannya alih-alih untuk memberi kesan tidak ingin menyakiti malah jadi sebaliknya. Enggak heran timbul kemuakan nan dilampiaskan banyak warganet di sosial media.

Warganet mempelsetkan kalimat, "Maaf, kamu terlalu baik buat aku" menjadi, "Maaf kamu terlalu AC buat aku yang kipas pakai potongan kardus". Pada intinya kata baik dianalogikan dengan sesuatu mahal, tinggi, agung, keren, sementara kata aku diganti dengan sesuatu hal bersifat rendah, jelek, kampungan, norak, dan lainnya. "Maaf kamu terlalu alim buat aku aku yang astagfirullahaladzim".


Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfidanger dan 6 lainnya memberi reputasi
Yaudah, kamu pacaran sama begal aja.
emoticon-Cool
Jauh, kejar karir, ortu gak setuju...
Tonjok dulu mukanya sebelum nembak
emoticon-Ngakak
Alasan Paling Klise Putus Cinta, Maaf Kamu Terlalu Baik Buat Aku
maaf kelamin kita sama
klise apaan?
k u p r e t . . . . . .. .
Hahaha. Gw di putusin dg kalimat ini min. Dia merit sama temennya yg katanya kk nya. Temennya itu temen aku juga. Akhirnya mereka hidup bahagia, dan akupun hidup bahagia juga. Cari jalan masing2. Sejak itu gak pernah teguran tapi like2an di sosmed. Hahaha. Hidup memang sereceh itu ya min?

Herannya kenapa pakai kalimat ini? Apa mmng mau cari penjahat? Suka grepe2 gitu ya?

Menurut aku kalo gak suka, ya gak suka saja. Gak usah embel2 macem2lah.

Hidup penuh misteri.
paling epic

MAAF ZODIAK KITA SAMA

hahahaaaaa


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di