CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
KITA TAK BISA KELUAR DARI PANDEMI SEPERTI NEGARA LAIN, KARENA PRESIDENNYA JOKOWI?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6103d3308f5e6a46b96adc5f/kita-tak-bisa-keluar-dari-pandemi-seperti-negara-lain-karena-presidennya-jokowi

KITA TAK BISA KELUAR DARI PANDEMI SEPERTI NEGARA LAIN, KARENA PRESIDENNYA JOKOWI?


 KITA TAK BISA KELUAR DARI PANDEMI SEPERTI NEGARA LAIN, KARENA PRESIDENNYA JOKOWI?

Oleh : Ahmad Khozinudin

Sastrawan Politik

Jokowi mengatakan Indonesia tidak bisa memberlakukan lockdown seperti negara lain. Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 di halaman Istana Merdeka, yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Jokowi awalnya berbicara mengenai kondisi yang tidak mudah dialami oleh semua pihak. Jokowi juga menegaskan mengenai pentingnya sisi kesehatan dan ekonomi.

Jokowi mengatakan, Indonesia tak bisa menerapkan lockdown seperti negara lain. Dia menyebut PPKM darurat sebagai semi-lockdown. Menurutnya, masyarakat menjerit padahal Indonesia hanya memberlakukan semi-lockdown.

Sebenarnya, jika sejak awal Jokowi memberlakukan Lockdown atau dalam bahasa hukumnya Karantina Wilayah, boleh jadi pandemi sudah lama berlalu. Sejak awal, Jokowi terlihat anti sains dengan menolak lockdown.

Padahal, metode praktis untuk memutus infeksi Covid-19, memproteksi masyarakat yang sehat, berfokus menanggulangi orang yang positif covid-19, adalah dengan menerapkan lockdown. Biaya lockdown, jika sejak awal diterapkan jauh lebih murah ketimbang biaya PSBB, PPKM mikro, PPKM Lanjutan, PPKM Darurat hingga PPKM berlevel-level. Hingga saat ini, sudah lebih dari Rp 1.035 Triliun anggaran digelontorkan untuk urusan Covid-19, dengan hasil yang tak jelas.

Padahal, sejumlah pengamat menilai jika locdown diterapkan sejak awal pandemi, yang saat itu virus belum meluas keseluruh wilayah NKRI, paling hanya dibutuhkan anggaran dibawah Rp. 300 Triliun. Sayangnya, Jokowi justru mengimport Covid-19 dengan membuka gerbang pintu masuk Indonesia - China, bukan hanya wisatawan bahkan TKA China datang berbondong-bondong ke Indonesia saat pandemi bermula.

Sekarang, Jokowi mengeluhkan masyarakat terkait kebijakan PPKM yang disebut semi lockdown. Padahal, yang dikeluhkan bukan soal pembatasan kegiatan masyarakat, TETAPI ABAINYA TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH PUSAT UNTUK MENJAMIN KEBUTUHAN DASAR ORANG DAN PAKAN HEWAN TERNAK sebagaimana diamanatkan oleh UU No. 6/2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Intinya pemerintah ogah lockdown bukan pada soal jeritan masyarakat, tapi soal emohnya pemerintah untuk bertanggung jawab, UNTUK MENJAMIN KEBUTUHAN DASAR ORANG DAN PAKAN HEWAN TERNAK sebagai konsekwensi penerapan Lockdown (Karantina Wilayah).

Sekarang, saat kasus sudah tak terbendung mencapai lebih dari 3 juta kasus, Jokowi masih saja menyalahkan masyarakat yang menjerit jika diterapkan lockedown. Jokowi juga berdalih tidak bisa memberlakukan lockdown seperti di negara negara lain karena faktor masyarakat.

Lagi-lagi, selalu masyarakat yang disalahkan. Padahal, semua masalah pandemi ini akarnya adalah ketidakmampuan pemerintah menanggulangi pandemi.

Alih-alih meminta maaf kepada seluruh masyarakat karena gagal menanggulangi pandemi, lagi-lagi Jokowi justru menyalahkan masyarakat. Sama persis, ketika rakyat tidak taat PPKM karena makan tidak dijamin, lalu disalahkan pula karena tidak mau dirumah saja.

Sepertinya, jika polanya demikian, pandemi mustahil berakhir sebelum berakhirnya kekuasaan Jokowi. Al hasil, Jokowi mundur adalah salah satu solusi kunci diantara banyak faktor penting yang harus diambil bangsa ini agar Indonesia terbebas dari pandemi. [].

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cebong.laut dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Wah, berat wis iki.

Tp sedikit mengambil kesimpulan tulisan Agan.

Berarti, sekalipun siapapun yg jd pemimpin akan mengalami kesulitan, tetapi dgn pola pengambilan kebijakan (dan pola 'kabur' dari tanggung jawab), maka yg sedang memimpin saat ini masih menjadi bagian dari MASALAH, bukan SOLUSI.

Begitu kira2 ya? Mhn dikoreksi kalau salah itu kesimpulan.

Anw, penasaran, itu sastrawan politik profesi apaan? Makin banyak profesi yg sy bingung, macem 'penggiat media sosial'.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ruuko dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nunggu negara ini bangkrut baru sadar jika selama ini salah pilih.... Buka. Berarti yg tak trrpilih lebih baik. Krn dari awal mereka semua anggap ini lelucon .


Yg kemarin bil 5 hari tuntas...... Skr masih jg bacot tanpa malu
profile-picture
profile-picture
wa2n43 dan ARShecca memberi reputasi
Oooo...

Cuma opini....

Skip.....

_______emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
hawkerr dan GEMPAL00 memberi reputasi
cuman opini,terus lihat nama penulis nya,skip aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokuper dan 2 lainnya memberi reputasi
 KITA TAK BISA KELUAR DARI PANDEMI SEPERTI NEGARA LAIN, KARENA PRESIDENNYA JOKOWI?
profile-picture
adhali memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
klo dlu salah pilih
trs mlih wuowuo yg krg jd pembantunye
kalo krg mao diganti ya kong makrup yg jadiemoticon-Leh Uga
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
Gak juga. Emang indonesia dgn kepadatan penduduk dan pendidikan ini pasti mengalami kesulitan siapapun Presidennya, buat tangani bencana non-alam kayak gini
profile-picture
profile-picture
umanghorror dan wolfzmus memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Salah jokowi,terus jokowi nyalahin siapa?
emoticon-Traveller
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gini saja, kalau anda yang jadi presiden nya gimana ? Ok !!!!
Salah kita semua, gak mau disiplin prokes. Bisanya nyalahin orang lain, betul gak??emoticon-Cool
profile-picture
gargantuar89 memberi reputasi
nyalahin orang lain emang gampang gan.
ujung2nya tetap nyuruh mundur emoticon-Ultah
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
sebetulnya.. Indonesia ga bisa move on dari pandemi ini karena RAKYATNYA!!! pemerintah hanya bisa memberi anjuran dan aturan... kalau rakyatnya terlalu goblok trus merasa lebih powerful, lengah dan ga mau nurut... ya sama aja..

mudah2an yang ga nurut dan ga percaya covid bisa kena covid dan dihapus dari bumi ini...
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
siapapun pemimpin nya akan sama aja, mo cepet keluar dari masalah/pandemi ya harus dimulai dari kesadaran diri masing2 donk emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
bujangankampung dan kuemarie memberi reputasi
Sastrawan Politik biasanya beropini atau bisa juga mengkritisi politik dengan menggunakan bahasa Sastra emoticon-Leh Uga
Tenangkan perut rakyat
Maka rakyat akan patuh.

Sekarang kalau cuma mrentah tok tapi gak bisa menenangkan urusan perut ....ya ambyar emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
wa2n43 memberi reputasi
Jokowi sudah berikan solusi yang bagus kok tapi represif semua solusinya emang oke.


Tapi untuk solusi preventif nol besar alias kaco balau.

Kita liat ya awal covid malah gk tutup akses luar negri, ngotot blg 0 kenyataannya?

Liburan panjang 4 kali kebobolan covid meroket, 4 kali loh. Bahkan presidennha sudah omong jangan sampai 4 kali mengulang hal yg sama kenyataannya apa? Diulangin lagi.

Delta varian ganas, apakah india ditutup aksesnya? Tidak kawan kawan, ditutupnya setelah kita boom krn delta varian wkwkwk.

Oke lah itu masa lalu, skrg kita coba bahas yang kedepan. Negara lain sudah tutup akses dari indonesia,

Varian lambda fatality rate 9% bok nyaris 5x fatality rate covid varian alpha, dengan vaksin jg perlindungan nya gk terlalu berguna. Apakah indonesia tutup akses dr sana? Sekali lagi tidaj kawan kawan, kalo elu blg percuma omong dikaskus. Lah solusi preventif diatas sudah banyak anggota dpr bahkan yang kasih masukan. Dan eng ing eng gk dilakuin jg.

This is Indonesia, solusi buat covid apa? Tambah anggaran denhan berhutang seperti itu terus fokus hanya di represif yang damage dan bebsnnya lebih besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldean1605 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terus kalau jokowi musti turun siapa gantiin? Prabowo? Anies?? Atau siapa? Paling kedepan juga sotu nyesel sendiri kenapa pilih president A atau B. Ane yakin deh. Lagian situ mau nyalahin President? Coba liat darinrakyat kecil dulu yg sepel aja yaitu masker. Ada yg pake masker gak? Paling 50/50 ada yg gak pake masker. Ada gak yg percaya covid contoh? Jerinx. Disuruh gak ngumpul2 malah ngumpul, gak liat di sumbar? Malah nolak PPKM gara2 gak boleh ngumpul2 di masjid. So situ mau nyalahin pemerintah? Gak ngaca dulu apa??
profile-picture
kuemarie memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Yang bikin masalah covid gag selesai selesai cuma 1 hoaxnya banyak wkwkwkkw emoticon-Cape d...
mank udah ga ada lagi ya yang namanya autonomi daerah..?
beginilah kalau bos nya ga galak, bawahannya rame2 males2an giliran kerjaan bermasalah langsung nembak ke bos nya..
ckckck..
dinegara ini mau ketangkap korupsipun tetap ga ngerasa bersalah tapi malah bikin statemen ada yg korupsinya lebih besar dari saya. ga ada sama sekali pejabat dinegara ini yang ngomong iya maaf, buat seluruh warga saya mohon maaf, ini kesalahan saya.
namun disisi lain, warganya juga kaya bocah semua, giliran ada yg begitu langsung keluar sifat purbanya, seakan semuanya ngerasa yg paling benar ga pernah salah. padahal dia sendiri ga ada kontribusinya.
Diubah oleh windmilz
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di