CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengenal Varian Delta Plus yang Mulai Terdeteksi di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6103ba88c2774171e335da21/mengenal-varian-delta-plus-yang-mulai-terdeteksi-di-indonesia

Mengenal Varian Delta Plus yang Mulai Terdeteksi di Indonesia

Mengenal Varian Delta Plus yang Mulai Terdeteksi di Indonesia

KOMPAS.com - Varian Delta plus disebut-sebut telah terdeteksi di Indonesia. Varian ini telah diidentifikasi di lebih dari 10 negara.

Melansir Medical News Today, 6 Juli 2021, varian Delta plus juga dikenal sebagai B.1.617.2.1 atau AY.1.

Varian Delta plus adalah turunan dari varian Delta, dengan satu-satunya perbedaan yang diketahui adalah mutasi tambahan, K417N, pada protein lonjakan virus, protein yang memungkinkannya menginfeksi sel-sel sehat.

Mutasi ini juga ditemukan pada varian beta dan gamma, yang pertama kali diidentifikasi oleh peneliti di Afrika Selatan dan Brasil.

Mengutip National Geographic, 2 Juli 2021, varian Delta plus mulai muncul di database global pada pertengahan Maret, dan pada 26 April kasus varian ini ditemukan di Inggris. Itu membuat Inggris melarang perjalanan internasional pada 4 Juni.

Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), pertama kali menyatakannya sebagai variant of consern (VOC) dalam pengarahan 11 Juni, dan pada 22 Juni, otoritas India mengikutinya.

Penyelidikan formal
Ketika suatu varian menjadi sering dan menunjukkan ciri-ciri yang mengkhawatirkan, otoritas kesehatan masyarakat memulai penyelidikan formal, menetapkannya sebagai Variant Under Investigation (VUI).

Jika ditemukan lebih menular, lebih resisten terhadap antibodi, atau menyebabkan penyakit yang lebih parah, variannya disebut VOC.

Delta Plus berbeda dari Delta karena mutasi ekstra (K417N) terletak di protein lonjakan, yang menutupi permukaan virus SARS-CoV-2.

Lokasi yang sama ini bermutasi di VOC lain yaitu varian Beta (pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan) dan Gamma (pertama kali diidentifikasi di Brasil).

Mutasi K417 juga telah terdeteksi pada beberapa sampel Alpha (pertama kali diidentifikasi di Inggris).

Posisi K417 berada dalam wilayah protein lonjakan yang berinteraksi dengan protein reseptor ACE2 dan memungkinkan virus menginfeksi sel (termasuk yang ada di paru-paru, jantung, ginjal, dan usus).

Ketika protein lonjakan bertemu ACE2, protein itu berubah dari keadaan "tertutup" menjadi "terbuka" untuk mengikat reseptor dan menginfeksi sel.

Tidak mudah diprediksi
Berdasarkan studi varian Beta, yang membawa mutasi yang sama, K417N dapat membantu lonjakan mencapai keadaan "terbuka" sepenuhnya, yang kemungkinan meningkatkan kemampuannya untuk menginfeksi.

Peningkatan pengikatan reseptor ACE2 dan keadaan yang lebih terbuka adalah ciri-ciri varian yang sangat menular dan resisten antibodi.

Studi menunjukkan bahwa mutasi di lokasi K417 membantu varian Beta menghindari antibodi, sehingga bisa berarti Delta plus dapat menghindari vaksin dan antibodi lebih baik daripada Delta.

Tetapi efek tambahan K417N pada protein lonjakan virus yang membedakan Delta plus dari Delta tidak mudah diprediksi, karena dampak mutasi individu pada protein tidak dapat begitu saja ditambahkan bersama-sama.

Mengutip Reuters, 23 Juni 2021, menurut WHO, varian ini tampaknya tidak umum, saat ini hanya menyumbang sebagian kecil dari urutan Delta.

"Namun, Delta dan varian lain yang menjadi perhatian tetap menjadi risiko kesehatan masyarakat yang lebih tinggi, karena mereka telah menunjukkan peningkatan penularan,” tambah WHO.

India mulanya menandai Varian Delta Plus sebagai Variant of Interest, kemudian dinyatakan sebagai Variant of Concern (VOC).

Kekhawatiran varian Delta plus
INSACOG mencantumkan kekhawatiran berikut mengenai varian Delta plus:

1. peningkatan transmisibilitas
2. ikatan yang lebih kuat dengan reseptor sel paru-paru
3. potensi pengurangan respons antibodi monoklonal.

Protein lonjakan bertanggung jawab untuk mengikat reseptor permukaan sel, memungkinkan virus untuk masuk.

Mutasi pada protein dapat memperkuat interaksi ini, yang dapat meningkatkan transmisibilitas, sesuai dengan dua poin pertama ini.

Mutasi ini, bagaimana pun, hadir dalam varian lain juga, jadi kemungkinan bukan sumber kekhawatiran baru.

“Delta plus mungkin memiliki sedikit keuntungan dalam menginfeksi dan menyebar di antara orang-orang yang sebelumnya terinfeksi sebelumnya selama pandemi atau yang lemah atau tidak lengkap kekebalan vaksin,” kata ahli virologi Dr. Jeremy Kamil, dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Louisiana pada BBC, 23 Juni 2021.

Namun ia juga mencatat bahwa ini tidak jauh berbeda dengan varian Delta.

Pakar lain juga mengangkat poin ketiga, tentang potensi varian untuk mengurangi efektivitas perawatan antibodi monoklonal.

Hal itu termasuk terapi seperti terapi kombinasi bamlanivimab dan etesevimab dan REGN-COV2, yang menurut para peneliti bermanfaat dalam mengobati Covid-19 ringan hingga sedang ketika diberikan lebih awal selama perjalanan penyakit.

Efektivitas vaksin

Saat ini tidak ada cukup data tentang efektivitas vaksin terhadap varian Delta plus, tetapi sejauh ini tidak ada tanda-tanda yang jelas dari varian yang menginfeksi orang yang telah menerima vaksinasi.

Vaksin yang ada masih efektif melawan Delta plus sejak separuh kasus di Inggris, terjadi di antara orang-orang yang tidak divaksinasi, dan hanya sedikit terjadi di antara mereka yang divaksinasi lengkap. Tak satu pun dari pasien Delta plus meninggal.

Vaksin yang ada efektif melawan Delta, tetapi hanya jika orang sudah divaksinasi sepenuhnya.

Karena sangat berhati-hati, Organisasi Kesehatan Dunia telah mendesak orang yang divaksinasi penuh untuk terus memakai masker.

“Setelah Anda divaksinasi sepenuhnya, teruslah bermain aman karena Anda bisa berakhir sebagai bagian dari rantai penularan. Anda mungkin tidak sepenuhnya terlindungi. Kadang-kadang vaksin tidak bekerja,” Bruce Aylward, penasihat senior WHO, mengatakan saat konferensi pers, dikutip National Geographic.

Baca Berita Selengkapnya:
https://www.industri.ko.it/read/7986...m-jawab-begini
profile-picture
profile-picture
Kkunyuk dan nomorelies memberi reputasi
gara² membiarkan eksodus warga india ke indonesia sampe carter pesawat segala

bukan salah masyarakat

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Ya ampun yg delta ini aja yg gw kenal udah 10 lebih meninggal

Skrg ada pula delta lvl 2
Nunggu mati aja nih lama2
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
pepekaem plus incoming... emoticon-Ngacir




emoticon-Leh Uga
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
tadi baca berita, katanya varian deltaplus ini sama cepatnya penyebaran dengan cacar airemoticon-Mewek
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Mengenal Varian Delta Plus yang Mulai Terdeteksi di Indonesia


pasti karena warga jakarta masih makan babi

dan karena ini, harga daging babi jadi mahal banget sejak tahun lalu karena pernyataan MUI emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
Aeel dan nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh seongtawon
ini mesti kembali ke jaman kota benteng..
dikelilingi parit dengan buaya mangap2 dibawah..
kota cuma ada satu gerbang keluar-masuk ada hulubalangnya pake kumis baplang bawa tombak..
"darimana kau kisana! jangan sembarangan masuk!" sambil menghunus tombak..
para pendatang langsung berbalik arah..


kecuali yang ngasih wang kepeng..
"ini kumandan sekedarnya oleh2 dari dagang negeri seberang"..

"apa ini! gak boleh kayak begini lagi! ayo ikut ke pos didalam!"
dan didalam mereka saling bercengkerama..

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ulala...

Varian yg ini udh muncul resistansi? Sy blm baca jurnalnya, tp misal bener, bakalan makin tinggi tantangannya ini.

Model antibodi monoklonal pdhl baru diteliti utk Covid. Satu alternatif tertutup.

emoticon-Mewek
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh utjuph
Pada akhirnya hanya orang yang staminanya kuat saja yang bertahan sedangkan yang lemah akan mati mungkin bumi ini sedang menyeleksi penghuninya
profile-picture
profile-picture
biawak.pink dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
New world order emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mutasi awal terjadi di india?! ada apa dengan india? emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang di delta bisa dapet plus2 ya gan emoticon-Malu
Delta bukannya yg ini

Sekali bersin satu rt melayangemoticon-Ultah
Ditunggu launchingnya yg varian Delta pro plus 5G
Diubah oleh liatuly919


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di