CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Begini Cara OJK Menegur Jusuf Hamka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fdee064e14823c7c2b8203/begini-cara-ojk-menegur-jusuf-hamka

Begini Cara OJK Menegur Jusuf Hamka


Begini Cara OJK Menegur Jusuf Hamka

LAPORAN: YELAS KAPARINO
Minggu, 25 Juli 2021, 21:10 WIB

Begini Cara OJK Menegur Jusuf Hamka

Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarjito/Repro

Konsumen yang tidak puas pada pelaku usaha jasa keuangan diminta untuk berhati-hati dan bijaksana dalam membicarakan ketidakpuasan di ruang publik melalui media dan atau media sosial.

Membicarakan pengaduan yang masih dalam proses penyelesaian dapat merugikan banyak pihak, baik konsumen, pelaku usaha jasa keuangan yang belum tentu bersalah, maupun sektor jasa keuangan secara umum.

Hal itu disampaikan Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarjito, dalam sebuah video pendek yang diedarkan belum lama ini.


Video tersebut diproduksi OJK menyusul tuduhan pemerasan yang disampaikan pengusaha jalan tol M. Jusuf Hamka dalam dialog di program “Blak-blakan” milik detik.com dan podcast "Close the Door" milik Deddy Corbuzier belum lama ini.

Pria kelahiran Pasar Baru, Jakarta Pusat, 5 Desember 1957 yang juga dikenal dengan nama Babah Alun itu mengatakan dirinya sempat hendak diperas sebesar Rp 20 miliar oleh sindikasi perbankan syariah yang membantu pembiayaan proyek perusahaannya.

Pemilik nama asli Alun Joseph itu adalah Direktur Utama PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ), yang membangun ruas jalan tol Soreang-Pasir Koja atau Soroja. Saham PT CMLJ dimiliki oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), PT Jasa Sarana, dan BUMN PT Wijaya Karya (Wika).

Jalan tol Soroja dibangun pada 2015 dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2017.

Selain mengaku hendak diperas, Jusuf Hamka juga menuding bank syariah lebih kejam daripada bank konvensional dan bertingkah layaknya lintah darat.

Jusuf Hamka juga mengatakan telah membawa persoalan ini ke kantor polisi.

Pernyataan Jusuf Hamka terasa seperti petir di siang bolong dan mengagetkan banyak kalangan, pelaku usaha sektor keuangan, khususnya yang berbasis syariah.

Sekjen Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Iggi Haruman Achsien telah berkomunikasi dengan Jusuf Hamka yang dalam komunikasi itu menyampaikan permohonan maaf.

Pernyataan maaf juga kembali disampaikan Jusuf Hamka ketika dihubungi redaksi Berita Politik RMOL, Minggu siang (25/7).

“Bukan semua perbankan syariah yang melakukan kekejaman, namun hanya oknum agency dari pimpinan sindikasi syariah tersebut,” ujarnya.

Internal Dispute Resolution

Kelihatannya pesan pendek yang disampaikan Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK adalah cara yang dipilih OJK untuk “menegur” Jusuf Hamka dan mencegah hal seperti itu kembali terulang di masa mendatang.

Sarjito, dalam video tersebut mendorong konsumen yang tidak puas pada pelaku usaha jasa keuangan menempuh jalur internal dispute resolution.

Laporan atau pengaduan juga dapat disampaikan melalui portal di aplikasi Perlindungan Konsumen, atau lewat hotline 157 dan pesan WA di nomor 081157157157. Juga bisa melalui e-mail pada alamat konsumen@OJK.co.id.

Konsumen diminta untuk melengkapi dokumen pendukung. Pelaku usaha jasa keuangan yang diadukan memiliki waktu 20 hari untuk merespon pengaduan.

“Apabila terjadi kesepakatan antara pelaku usaha jasa keuangan dan konsumen, maka pengaduan dianggap selesai,” ujarnya.

External Dispute Resolution

Namun, bila konsumen masih tidak puas, konsumen berhak dan dapat menempuh mekanisme external dispute resolution dengan menggunakan lembaga alternatif penyelesaian sengketa yang mendapat izin dari OJK.

Lalu, bila konsumen juga menduga ada pelanggaran peraturan dan perundangan di sektor jasa keuangan, konsumen dapat melaporkan ke OJK.

“Saya juga mengimbau kepada konsumen dan masyarakt agar cukup berhati-hati dan bijak dalam menyampaikan pengaduan konsumen tersebut yang masih dalam proses untuk tidak disampaikan ke media maupun media sosial yang sekiranya kebenaran atas pengaduan tersebut belum dapat diperkirakan,” ujarnya.

“Hal ini dapat berdampak tidak baik pada konsumen itu sendiri, yang mengadukan, maupun terhadap pelaku usaha jasa keuangan yang belum tentu kesalahannya, maupun terhadap sektor jasa keuangan yang dapat saja terganggu akibat pemberitaan di media maupun media sosial yang belum tentu tentang kebenarannya itu,” demikian Sarjito.

EDITOR: YELAS KAPARINO


https://ekbis.rmol.id/read/2021/07/2...ur-jusuf-hamka

dasar ojek
62 konsumen kecewa malah ditegur

jd inget kasus prita
https://www.google.com/amp/s/www.bbc...orumpriita.amp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bubarkan OJK...!!
Bubarkan Pinjol!!

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 3 lainnya memberi reputasi
Gw pikir anaknya buya Hamka..
Wwkwkw..
Perlu di selidiki ini mah..
Bawa ke jalur hukum..
Bener gak itu bank nya yg salah..
Atau justru dia yg salah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan

Kalau OJK kerjanya bener, mustinya nggak ada kasus Jiwasraya, Bumi Putera, dan berbagai investasi bodong yg viral iklannya lantas kemudian hancur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 12 lainnya memberi reputasi
RMOL.
ini sih kemungkinan banknya yang salah karena prosedurnya berbelit-belit... kesalahan si jusuf cuma satu... kelebihan bayar! dimana-mana kalo kelebihan bayar, minta dikembaliin itu urusannya pasti ribet apalagi sama bank, kalaupun secara prosedur mungkin bisa dibalikin tapi bakalan ribet, apalagi jumlahnya nyentuh m-m-an pastinya perlu persetujuan dari level bawah sampe level top managementnya bank dan masing-masing karyawan bank pastinya gak ada yang mau pasang badan (mempertaruhkan jabatan) untuk kasus seperti ini.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
Semua salah
akibat tidak tabayyun main tuduh aja. mencemarkan dan merusak usaha kiai makruf amin yg berjuang keras memajukan perekonomian syariah. kalau kata ngabalin ni orang otak sungsang. kalau kata teddy salah dia sendiri. kalau kata siapa itu harus ditangkap karena menimbulkan kepanikan. setuju saya sama para buzzer di atas
tangkappppp emoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kaiserwalzer memberi reputasi
ini org yg mau wakafin tanah utk kuburan pasien covid trus mau ksh gratis kremasi juga ya🤔
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
Keluhan Yang kecil2 juga harus jadi perhatiab OJK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
 Begini Cara OJK Menegur Jusuf Hamka
profile-picture
demamkonspirasi memberi reputasi
 Begini Cara OJK Menegur Jusuf Hamka
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hantumasam memberi reputasi
Bank syariah itu emang klo mo lunasin dipercepat bakal lebih sulit/lebih mahal. Lupa gmn itung2annya
Klo dulu pernah dikasih tau, klo lo mo hutang tp kira2 bakal lunasin secepatnya pilih bank konvensional. Klo lo mo hutang tp susah buat lunasin secepatnya pilih bank syariah.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
OJK bilang kalo Duit lu dirampok / raib di Bank, jangan diobral beritanya dong, ntar citra OJK sebagai pengawas keuangan jelek keq gak guna, jadi tolong jangan diobral beritanya yaa, biar lu mampus sendiri aja kehilangan duit lu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kok begok amat si ojk
Masak mau ngadu aja mesti ke lembaga yg di setujui ojk
Lah kl mau ngadu ke polda tp ojk tdk setuju jd nya ga bole ngadu?

Logikanya cacat amat ya si ojk ini

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
Ojk kerjanya juga kagak bener

itu asuransi BUMN bisa pada collaps

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
harusnya disebut nama banknya
biar banknya kasih klarifikasi balesan. ojk tinggal jadi wasit aja
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
sistem bagi hasil bank syariah: kalau untung bagi 2 rata, kalau rugi nasabah yg nanggung semua.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
jusuf hamka ini kan emang udh menempuh jalur resmi dalam kasus ini, dan sedang dalam proses, bank syariah tp emang paok kalo masalah kredit, tafsir akadnya harus didiskusikan lagi antara para ulama, wapres kita kan ahli perbankan syariah, harusnya mulai beresin masalah2 gini
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wa2n43 memberi reputasi
OJK? emang itu badan ada gunanya?

Jiwasraya aja jebol.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
pernah ngalamin mau dipercepat pelunasan di Bank Syariah M******
ribet dan berbelit2, dan yang pasti tetap nasabah yg dirugikan !!

nama doang syariah2 kelakukan rentenir emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di