cintadine
TS
cintadine
Nostalgia Android Gingerbread, Versi Android yang Mampu Bikin si Robot Hijau Mendunia
Selamat datang kembali di thread ane gan.



Kali ini ane akan membahas tentang Android lagi nih. Tahukah agan Android sebagai OS perangkat mobile terbesar di dunia sudah berusia 13 tahun sejak diluncurkan pada 2008 yang lalu?Hingga thread ini ditulis, Android sudah sampai di versi Android 11 dan milyaran orang di seluruh dunia telah mengaktifkan perangkat mereka. Pada versi awal, Android tidaklah sesempurna sekarang dan banyak masalah yang muncul kepada para pengguna. Mulai dari sering lag sampai baterai cepat terkuras.

Kepopuleran Android terjadi sejak tahun 2010an di mana si robot hijau mulai menggoyang dominasi Nokia dan Blackberry. Pada 2010 Google meluncurkan Android versi Gingerbread. Versi inilah yang mulai ramai digunakan banyak orang dan kebanyakan orang mengaku jika Gingerbread adalah Android pertama bagi mereka.


Pengganti Froyo

Gingerbread merupakan versi upgrade mayor Android yang diluncurkan pada Desember 2010 menggantikan versi sebelumnya yaitu Frozen Yogurht atau yang lebih sering disebut Froyo. Banyak fitur yang ditambahkan dalam versi Gingerbread termasuk mendukung disematkannya teknologi NFC pada smartphone. Di tahun 2020 Gingerbread yang sudah ketinggalan zaman hanya berjumlah sekitar 0,2 % dari jumlah keseluruhan perangkat Android yang aktif mengakses Google Play Store. Pada awal 2017, Google menghentikan support terhadap semua perangkat Gingerbread karena sudah terlalu uzur.

Fitur Utama


Seperti yang diketahui, Android Gingerbread memiliki beberapa fitur yang diupgrade dibandingkan versi sebelumnya. Selain tampilan yang fresh , juga terdapat beberapa fitur lainnya.Termasuk keyboard virtual yang lebih responsif, dukungan untuk perangkat yang lebih besar. Terdapat pula manager unduhan yang lebih detail dan membantu pengguna untuk mengakses semua file yang didownload lewat browser dan email. Manajemen daya yang lebih baik, walaupun pada masa itu baterai tetap saja agak boros. Kemudian untuk pertama kalinya dimunculkan easter egg versi Android di menu pengaturan yaitu berupa manusia Gingerbread yang mirip zombie.

Nexus S Gingerbread Pertama

Smartphone Android Gingerbread pertama yang diluncurkan ke pasaran adalah Google Nexus S yang dirilis pada Desember 2010. Dengan layar 4 inchi, RAM 512 MB, kamera belakang 5 MP, baterai 1500 mAh, dan internal storage 16 GB, smartphone ini termasuk kategori flagship di masanya. Akan tetapi ponsel ini kalah bersaing dengan iPhone 4 dan juga Samsung Galaxy S di pasaran. Di mana Galaxy S sukses besar dan memulai peperangan dengan iPhone. Beberapa bulan kemudian munculah Galaxy S2 yang juga sukses di pasaran, merupakan Android Samsung pertama yang memakai Gingerbread (Samsung non Nexus). Karena Nexus S walaupun diproduksi oleh Samsung, namun dijual dengan nama Google Nexus.

Android pertama kebanyakan orang Indonesia

Memasuki 2010an pengguna ponsel di Indonesia mulai menyadari kalau Android memang jauh lebih canggih dari Blackberry. Maka kebanyakan orang Indonesia beralih ke Android ketika Gingerbread dirilis. Adapun smartphone yang paling terkenal di Indonesia saat itu adalah Samsung Galaxy Y yang harganya hanya sejutaan. Kemudian setelah itu vendor lokal mulai melirik Android dan meluncurkan produk andalannya. Di sini pula dimulai era oprek mengoprek di kalangan pengguna penggila teknologi.

Nah, itulah dia pembahasan singkatnya. Mana nih kalian yang Android pertamanya adalah Android Gingerbread. emoticon-Ngakak

Quote:
tr1dagg3rrarajalanyuk734delfatesting260
delfatesting260 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
9.7K
107
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan