enyahernawatiAvatar border
TS
enyahernawati
Tradisi Menyambut Ramadhan, Kenangan Masa Kecil yang Masih Terpelihara Hingga Kini


Assalamu'alaikum Sahabat Kaskuser semua. Hai, hai hai .... Jumpa lagi, ya, dengan Enya di thread serba-serbi menjelang bulan puasa di #RAMADHAN BERKAH ini, bulan penuh rahmat, bulan ampunan, bulan yang selalu kita rindu.

Saking rindunya, setiap menjelang bulan suci ini, selalu ada perayaan tradisi atau adat-istiadat yang biasa dilakukan oleh masyarakat setempat, hampir di seluruh belahan bumi nusantara. Begitu pun dengan kampung halaman ane, Padang Kota Tercinta nan jauah di mato. Ihiks.

Yuk, ah, cekidot!

***EHZ***

Waktu kecil, tak dipungkiri, Lebaran adalah saat yang paling dinanti oleh anak-anak. Ane dulu juga begitu. Rasa bahagia karena akan memakai baju baru, juga mendapat angpau atau salam tempel dari sanak saudara dan kerabat, dalam bahasa kampung ane, istilah kerennya disebut manambang, membuat hati selalu sukses berdebar-debar tak bisa tidur. Sepertinya sekarang juga masih sama, ya, hehe.

Namun, ternyata bukan hanya Lebaran saja satu-satunya keseruan yang dinanti. Menjelang Ramadhan pun merupakan hari yang paling diimpikan, karena keramaian dan kesyahduan bulan puasa ini adalah hal yang sangat dirindukan oleh semua orang, tak hanya oleh anak-anak. Ane juga sama, dari dulu hingga sekarang, selalu berharap agar dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan penuh berkah ini di tahun berikutnya, tahun berikutnya lagi, lagi, dan lagi, ihiks.

Oh ya, apa saja sih, keseruan menjelang bulan Ramadhan itu?

Dari hasil pantauan dan pengalaman ane, ada beberapa tradisi yang masih lestari dan biasa dilakukan oleh orang-orang di kampung ane, Minangkabau, Sumatera Barat, sebelum memasuki bulan puasa. Apa saja? Yuk, ah, diintip ....


1. Malamang atau membuat lemang

Quote:

Sumber foto


2. Mandoa atau berdoa.

Quote:

Sumber foto


3. Marandang atau membuat rendang

Quote:

Sumber foto


4. Manjalang mintuo atau maanta ka rumah mintuoalias mengantarkan makanan ke rumah mertua

Quote:

Sumber foto


5. Mandi balimau alias mandi keramas, bersuci dengan air limau dan rempah-rempah lain menjelang bulan puasa

Quote:

Sumber foto

Nah, itulah beberapa tradisi menjelang Ramadhan Berkah di kampung halaman ane yang masih terpelihara dengan baik hingga saat ini, kecuali mandi balimau yang sudah mulai ditinggalkan, meski mungkin masih ada yang melakukannya atas nama keseruan dari suatu tradisi.

Finally, wassalam, dan selamat menjalankan ibadah puasa untuk Sahabat Kaskuser semua. Semoga amalan kita selama sebulan penuh puasa ini diterima Allah Subhanahu Wa Taa'la hendaknya, insyaallah, aamiin.

Tanah Tinggi, Ternate, 15 April 2021

***EHZ***

Catatan:
~Semua tulisan adalah opini pribadi dari pengalaman ane sendiri.
~Sumber foto, tercantum.
Diubah oleh enyahernawati 23-04-2021 04:40
syafira87
limpahkurnia280
limpahkurnia212
limpahkurnia212 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.9K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan