anton2019827Avatar border
TS
anton2019827
Ilmu Sihir di Turunkan Malaikat
Google Search by kalam.sindonews.com

Kita mungkin pernah mendengar adanya ilmu sihir, orang akit terkena sihir, atau matinya disantet! baik dari pemberitaan koran maupun media elektronik, atau mungkin juga dijaman modern yang serba canggih ini melalui teknologi informasi yang sudah serba digital dapat mendengar dan melihat orang yang sedang mempraktekan ilmu sihir dengan berbagai kemampuan triknya yang hebat mengelabui pandangan mata kita sehingga kita yakin dan percaya bahwa ilmu ini ada di dunia ini.

Sejarah Bermula dari Turunnya Harut dan Marut
Kisahnya bermula ketika para malaikat menyaksikan tingkah polah manusia yang marak membuat kerusakan dan pertumpahan darah. Mereka menilai, alangkah lebih baiknya bila tugas khalifah Allah dimuka bumi ditunaikan bukan oleh manusia, melainkan malaikat. Mereka kemudian mengadukan kegelisahan ini kepada Allah (QS. Al-Baqoroh ayat 30-33). Setelah itu, Allah menyuruh para malaikat agar memilih dua diantara mereka sebagai pelaksana tugas khalifah Allah dimuka bumi. Ini lebih sebagai ujian, apakah benar malaikat lebih sempurna dalam menjalankan tugas kekhalifahan. Dua malaikat terpilih itu adalah Harut dan Marut. Keduanya lantas turun kebumi dengan dilengkapi potensi-potensi kemanusiaan. Namun Harut dan Marut dalam perjalanannya mengalami banyak godaan, sebagaimana diterima banyak orang. Akhirnya keduanya terjerumus rayuan, beberapa riwayat menyebut lantaran tergoda rayuan perempuan.

Asal usul ilmu sihir
Sihir sengaja diturunkan oleh Allah SWT dengan perantaraan kedua malaikatnya yaitu Harut dan Marut di negeri Babilonia. Harut dan Marut ini membawa ilmu sihir untuk diberitahukan kepada manusia. Selain itu dikatakan juga, bahwa manusia tidak boleh mempraktekan dan belajar ilmu ini, karena ilmu sihir dapat membawa manusia kepada kekafiran. Pada umumnya ilmu ini tidak digunakan untuk kebaikan, akan tetapi untuk digunakan dalam berbagai kejahatan (QS. Al-Baqoroh : 102).
Allah SWT mengatakan bahwa setan dan jin ifrit beserta antek-anteknya yang senang melanggar ajaran Allah, suka menyesatkan manusia dengan bisikan-bisikan gaibnya mempunyai hubungan yang erat dan kuat dengan ilmu sihir ini.

Kenapa Harut dan Marut memperkenalkan ilmu sihir?
Dua malaikat yang diturunkan oleh Allah untuk memperkenalkan ilmu sihir kepada manusia  yaitu Harut dan Marut menyatakan bahwa manusia dilarang mengajar dan mempraktekan ilmu sihir, karena ilmu sihir ini tidak dapat mendatangkan manfaat, akan tetapi justru akan mendatangkan bahaya dan kemadharatan bagi manusia. Padahal tujuan utama Allah SWT menurunkan ilmu ini hanya memberikan cobaan saja kepada manusia akan kekuatan tauhid dan istiqomahnya manusia dijalan yang benar.

Apakah sihir dibantu setan?
Memang, setan mempunyai hubungan erat dengan sihir. Pertolongan setan kepada juru sihir lebih memudahkan pekerjaan untuk membantu menguasai perasaan manusia, meluluskan tujuan jahat manusia karena setan memiliki kekuatan diatas kekuatan manusia dan setan itulah yang mengajarkan dan menyebarkan sihir itu setelah turunnya dua malaikat Harut dan Marut.

Setan mengetahui bahwa sihir merupakan jalan pintas menuju kekafiran, maka setan berusaha sekuat tenaga meyebarkan dan mengajarkan kepada manusia untuk memperdalam ilmu sihir serta mengatakan kepada manusia bahwa Nabi Sulaeman juga memiliki ilmu sihir. Oleh karena itu setan memiliki andil yang sangat besar terhadap penyebaran ilmu sihir, dan setan memiliki peran aktif yang sangat kuat  dengan ilmu sihir.

Seseorang tidak mungkin menjadi guru matematika jika ia tidak pandai (ahli) dalam ilmu matematika, maka setan tidak akan menjadi pengajar ilmu sihir kalau dia tidak ahli dalam ilmu sihir.

Siapakah yang menyebarkan dan mengajarkan ilmu sihir?
Tugas setan di dunia adalah mengajak manusia untuk berbuat jahat, melanggar ajaran agama, mengahncurkan hidup manusia dengan berbuat dosa dan kufur kepada Allah SWT. Karena setan mengetahui bahwa sihir menjadi jalan menuju kekufuran, maka setan berusaha agar manusia belajar, memperdalam dan mempraktekan ilmu ini. Ambisi setan untuk berhasil dalam membujuk manusia sangat besar, sampai setan memfitnah bahwa Nabi Sulaeman dapat menjadi raja adalah berkat ilmu sihirnya, kemudian Allah menyangkal fitnah itu sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqoroh ayat102.

Kita sering melihat dan mendengar seseorang mendadak sembuh dari penyakitnya sebab disembuhkan oleh Mbah itu, sebenarnya penyebab sembuhnya penyakit bukan karena mujarabnya obat atau si Mbah itu akan tetapi "Kersaning Allah" saja.


Sumber Referensi :
1. Mahmud Chamidah. Ketauhidan dan Pengobatan, Pedoman Para Da'i. Surabaya: CV Anugerah.
2. Simuh, Dr. Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Rangga Warsita: Studi terhadap Serta Wirid Hidayat Jati. 1988. Jakarta : UI Press.
3. Https://republika.co.id
Diubah oleh anton2019827 15-07-2021 07:00
phyu.03
zyxc
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 6 lainnya memberi reputasi
5
3.2K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan