CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Plastisin Homemade, Mainan yang Dapat Mengasah Kreativitas Anak-anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ef4b82377a2f4187118e6c/plastisin-homemade-mainan-yang-dapat-mengasah-kreativitas-anak-anak

Plastisin Homemade, Mainan yang Dapat Mengasah Kreativitas Anak-anak

Plastisin Homemade, Mainan yang Dapat Mengasah Kreativitas Anak-anak

Selamat pagi, duhai agan sista dimanapun kalian berada. Semoga senantiasa sehat dan berbahagia selalu.

Kreativitas sangat penting. Kalo enggak kreatif bisa-bisa kita nanti ketinggalan. Kalimat demikian sering aku dengar di luaran sana. Sepakat, sih. Apalagi di jaman modern seperti ini. Butuh kreativitas tinggi untuk bisa bersaing. Tentunya bersaing dalam hal positif.

Menurut aku, kreativitas itu lebih baik diasah sedini mungkin. Walau tidak ada yang salah ketika dewasa baru bisa tahu apa itu sebuah kreativitas.

Quote:


Banyak hal yang bisa membangkitkan dan mengasah ke-kreativitas-an seseorang.
Di sini, aku ingin berbagi sedikit pengalaman saja mengenai bagaimana caraku mengasah kreativitas anak-anak di rumah. Apalagi sekarang kita sangat dibatasi untuk keluar rumah. Sebuah kreativitas sangat dibutuhkan supaya anak-anak enggak bosan di rumah saja. Dan orang tua juga dituntut untuk se-kreatif mungkin dalam hal iniemoticon-Frown

Sebelum lanjut pada pembahasan mainan apa yang bisa mengasah kemampuan berkreativitas anak-anakku, di bawah ini hal-hal yang perlu kita lakukan sebagai orang tua. Ini berdasarkan pengalaman pribadi, ya

1. Dukungan.
Selama kreativitas itu di jalur positif, aku mendukungnya

2. Kebebasan
Anak-anak diberi kebebasan dalam memilih apa yang akan menjadi bahan kreativitas mereka.

3. Arahan
Baik anak-anak maupun sudah remaja, mereka tetaplah anak di bawah umur. Jadi harus ada arahan dari orang yang lebih dewasa. Agar tetap di jalur kreativitas yang semestinya.

4. Membersamai
Sadar atau tidak, kita kadang lalai akan hal ini (termasuk TS). Mentang-mentang anak sudah anteng kita lepas tangan. Padahal dalam lubuk hatinya, anak juga ingin dibersamai orang tuanya, entah itu ayah atau ibu. Mereka ingin juga diperhatikan lebih. Utamanya untuk yang masih anak-anak.

5. Pujian
Nah, ini penting sekali. Apapun hasil kreativitas mereka, patutlah mendapatkan pujian dari kita. Misalnya tepuk tangan, atau sebuah nilai seperti di sekolah.


Ada beberapa permainan yang biasa aku kasih untuk mengasah kreativitas anak-anak di rumah. Salah satunya mainan ini, plastisin homemade.

Di sini, selain membuat beragam bentuk makanan atau apapun dari plastisin, kami memilih membuat bahan mentahnya sendiri. So, aman dan tentunya kita gak was-was juga.
Dan, sebagai orang tua, aku hanya menyediakan sarana dan prasarana. Urusan eksekusi tetap anak-anak.

Dari mainan plastisin ini, anak-anak dituntut untuk berpikir kreatif. Mereka berpikir bagaimana membuat benda-benda yang mereka sukai dibentuk semenarik mungkin. Bisa dipastikan otak mereka bekerja dengan semestinya. Mereka akan terus berpikir bagaimana caranya mendapatkan hasil yang baik sesuai imajinasinya.

Nah, di bawah ini hasil kreativitas dari anak-anakku.
Quote:


Terakhir, untuk agan sista yang ingin lebih banyak tahu seputar dunia anak-anak dan orang tua, sebaiknya intipin forum ini deh, Kids]Kids & Parenting Akan kalian temukan banyak tulisan informatif berkaitan dengan anak-anak dan orang tua di sana.

Baiklah, kiranya segitu dulu pembahasan kali ini. See you next thread.



💕💕💕💕💕💕💕
rirandara
Foto: dokpri

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adegkecil dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rirandara
Asah kreativitas kalian.
profile-picture
arifian61 memberi reputasi
keduaxemoticon-Ngaciremoticon-Malu (S)
Ketiganya emoticon-Malu
ini lilin2 an bukan si gan
Aku pernah bikin semangkok gede. 🤣 Saking semangatnya bikin.


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di