pakdhekuAvatar border
TS
pakdheku
4 Hal Penting Dan Mudah Yang Perlu Orang Tua Lakukan Untuk Mengasah Kreativitas Anak
Bermain dan Berkreasi bersama anak


emoticon-Hai
Hollaa..

Hai Agansista se-Kaskus raya, piye kabare? Jumpa lagi sama @pakdheku, kali ini pakdhe akan kasih beberapa tips tentang bagaimana mengasah kreativitas pada anak. Banyak hal yang bisa dilakukan ko, langsung aja ya...


1. Freedom / Kebebasan



Kreativitas anak yang tiada batas, saat ini begini, belum tentu nanti hasilnya akan sama. Dalam setiap individu itu banyak sekali perbedaan mulai perasaan, pikiran, pendapat, dan juga ide, jadi jangan remehkan. Hargai karya mereka dan tunjukan ketertarikan yang sama dengan mereka agar makin semangat.

Berikan mereka kebebasan waktu dan kesempatan yang luas untuk ekspresikan kreatifitasnya, jangan mengkritik, biarkan saja. Apresiasi karya mereka dengan ucapan yang menyenangkan contoh 'good job' agar anak-anak tidak tertekan dan melakukannya dengan senang hati.

Temani saat mereka melakukan hal-hal yang positif, ikutlah berkreasi seperti mereka sebagai bentuk challenge agar mereka terus terpacu melakukan yang terbaik serta harga diri dan kepercayaan diri semakin bagus. Jangan sampai mereka bersedih dan terpuruk hanya karena komentar buruk.

*Menggambar


Bila suka menggambar, maka siapkanlah peralatannya semaximal mungkin, contoh sebagian kecil ada digambar.

Berikanlah fasilitas yang layak untuk menunjang mereka. Di saat mereka menyukai menggambar, maka siapkan peralatan yang dibutuhkan. Ya, mungkin tidak akn murah, tapi kebahagian mereka saat melakukan kegiatan dapat dukungan penuh dari orang tua.

2. Motivasi


Disaat semangat berkreasi menurun, sebagai yang lebih pengalaman dalam hidup haruslah menjadi contoh yang baik, again jangan merendahkan hasil karya mereka. Tak pun harus menuntut mereka agar mendapatkan hasil yang sempurna, cukup hargai dan berikan motivasi agar semangat tetap membara.

Berikanlah sedikit clue ataupun ide-ide sederhana untuk memacu kreatifitasnya, tetap awasi dan arahkan dengan cara yang bersahabat. Mendengarkan ide mereka dengan baik karena pemikiran mereka itu tidak akan sama dengan orang dewasa. Jadi jangan paksakan untuk melakukan hal sesuai keinginan kita, biarkan imajinasi mereka berkembang dengan alami. Masa kanak-kanak tidak akan terulang kembali. Tidak ingin masa kecil mereka kurang bahagia bukan? Maka jangan menjadi salah satu penyebabnya.

Melalui anak-anak, kita juga bisa mewujudkan mimpi yang belum bisa terpenuhi untuk mereka. Jadi ikuti alurnya dan santai. Persiapkan mereka sejak dini.

3. Kesabaran


Satu hal yang penting dalam segala hal yaitu kesabaran, jangan mudah tersulut emosi hanya karena kesalahan kecil yang mereka lakukan. Keterampilan tidak di dapat dalam sekejap mata, butuh waktu. Luangkan waktu maksimal untuk mereka, sebagai dukungan.

Pengalaman akan menumbuhkan perkembangan keterampilan yang mungkin bisa membawa mereka ke jalan kesuksesan dikemudian hari bukan?

Banyak sekali hobby berkreasi menjadi keterampilan yang bisa membawa ke masa depan yang cerah. Contohnya saja saat kecil suka menggambar, dewasanya menjadi seorang arsitek.

Mintalah mereka untuk menceritakan hasil kreatifitasnya dengan kata-kata, tanyakan pertanyaan yang membuat mereka mengeksplorasi kreatifitas. Jadi kita akan tahu apa yang mereka rasakan, apakah sesuai dengan kenyataan atau logika.

4. Dukungan / Support



Memberikan support atau dukungan itu gampang-gampang susah. Kalau ane mendukung anak-anak dengan berbagai macam cara, mulai dari memfasilitasi mereka dan melibatkan diri dalam semua kegiatan, apalagi saat ini seperti ini, banyak sekali waktu yang luang.

WFH, lockdown bikin orderan juga sepi. Namun tidak menyurutkan ane untuk bermain dan belajar bersama mereka. Permainan yang mungkin sedikit beda dari yang lain.

Kami melakukan permainan pasar-pasaran atau jual-beli (dodolan). Disini kita dituntut untuk bisa berkreasi bagaimana berbisnis, berkomunikasi yang baik. Meskipun hanya kepura-puraan.

Spoiler for uang:


Bisa bisa belajar matematika, bahasa dan lain-lain.

Matematikadisini diperlukan untuk menghitung secara simple. Pengeluaran dan pemasukan.

Bahasa disini diperlukan untuk berkomunikasi dengan baik, untuk melayani custumer dan sebaliknya.

Dengan begini kita juga tahu dan lihat dimana ketertarikan sebenarnya dari anak, dengan menjadi teman sekaligus mentor.

Beberapa contoh mainan yang mungkin jadi inspirasi para orang tua diluar sana.


Spoiler for main kartu:


Spoiler for DIY Band:


Spoiler for Simple Game:


Spoiler for lego:

Itulah beberapa permainan offlineala pakdhe, untuk permainan online juga bisa dilakukan. Pilihlah permainan yang ramah dan bijak untuk anak-anak yang mana kini banyak pilihan. Jàngan lupa untuk tetap awasi dan kalau perlu mabar.

Oleh @pakdheku
Opini pribadi
Sumber gambar dokumen pribadi


Cekap semanten, maturnuwun.
emineminna
cyghiet
EriksaRizkiM
EriksaRizkiM dan 13 lainnya memberi reputasi
12
4K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan