roykisohiAvatar border
TS
roykisohi
Biarkan Anak Bebas Menggambar Agar Tingkat Kreativitas Visualisasinya Meningkat Pesat
Selamat datang dithread ane agan dan sista yang budiman..
Quote:

Ada yang mengatakan bahwa anak anak adalah mainan dari tanah yang bisa dibentuk apa saja oleh orang tuanya. Memang betul, apa saja yang kita tanamkan dan ajarkan kepada anak kita, itulah yang menjadi pondasinya kelak. Selain peran dari orang tua, perilaku bermainnya pun juga bisa menumbuhkan benih benih sifat dan bakat anak anak.

Dengan bermain, anak kita akan mendapatkan begitu banyak manfaat darinya, seperti pengalaman baru dalam bermain, berkomunikasi dengan temannya, maupun peningkatan tubuh dan otaknya. Begitu penting membuat anak kita menjadi aktif, karena dengan begitu pengembangan kreativitas dalam dirinya akan segera tumbuh.

Quote:
rujukan gambar

Kreativitas akan melatih anak untuk mengekspresikan segala kondisi yang ia harus hadapi, misalnya permainan bongkar pasang rumah mainan. Dengan mainan tersebut, anak kita akan berusaha memikirkan barang yang mana yang sesuai dengan tempatnya dan yang mana bukan pada tempatnya, dan kemudian otaknya akan mencerna bahwa hasil akhir yang ia dapat adalah betul dan bermakna atau belum tepat dan tidak bermakna.

Setiap anak memiliki tingkat kreativitasyang berbeda beda, untuk itulah peran kita sangat penting untuk menunjukkan hal hal yang dapat meningkatkan kreativitasnya dan memberikan waktu dan ruang yang seluas luasnya sehingga tumbuh kembangnya tidak terhambat.

Quote:


Kalau cara ane dalam memberikan arah kepada anak ane agar kreativitas dalam dirinya dapat terlatih dan mengalir begitu saja yaitu dengan mengajarinya menggambar, pada awalnya ane buatkan suatu sketsa gambar kosong dan kemudian ane suruh dia mewarnainya. Setelah itu, ane arahkan untuk meniru apa yang sudah ane buat. Nah, setelah beberapa hari baru ane suruh gambar semua objek yang terlintas dipikirannya, entah gambar yang pernah ia tonton ditelevisi seperti kartun atau apa saja yang pernah ia temui diluar rumah.

Dengan teknik yang ane terapkan ini, harapan ane bisa memacu jiwa kreatif yang ia miliki. Bukan hanya itu terkadang ane bawa juga dia ketempat bermain dan rumah bermain untuk kemudian ia bisa bermain dengan teman temannya, melakukan kegiatan menggambar bersama dan kegiatan bermain lainnya tujuannya yaitu selain meningkatkan nilai kognitif bisa juga meningkatkan Motorik fisiknya.

Faktor terbesar dalam pelaksanaan pembinaan adalah adanya kemauan dari pendidik untuk menyediakan berbagai jenis sarana yang dapat menggali dan mengembangkan kreativitas anak usia dini, salah satu contohnya dengan menggambar yang dapat melatih kreativitas visualisasinya.

Semoga thread kali ini bermanfaat, sampai jumpa lagi..

emoticon-Coblos

Teks narasi : Opini pribadi
Diubah oleh roykisohi 08-07-2021 03:38
0
271
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan