Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unta.Avatar border
TS
unta.
4 Laga Final Sepak Bola Papua Yang Menarik, Mana Yang Paling Memorable?


Sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama kali digelar di Solo pada tahun 1948, sepak bola sudah dipertandingkan lho, Gan! Sepanjang perhelatannya dari awal sampai saat ini, terdapat beberapa final yang menarik. Salah satunya adalah juara Bersama Papua dan Jawa Timur di PON 2004.

Ada juga beberapa laga final yang dianggap memorable karena menjadi sejarah bagi tim yang juara. Misalnya, Final PON 2012 di Riau. Saat itu adalah pertama kalinya Kalimantan Timur menjadi juara PON.

Sampai saat ini nih, Gan, Sumatera Utara tercatat sebagai provinsi yang paling sering juara, yaitu sebanyak 5 kali. Kemudian Jawa Timur 4 kali juara. Jawa Timur terbilang cukup hebat, Gan, karena bisa jadi juara sepak bola PON tanpa putus sejak PON 1996 sampai PON 2008.

Dibawah ini adalah beberapa laga final sepak bola PON yang paling menarik.

1. Kalimantan Timur 1-0 Sumatera Utara

Pada PON XVIII tahun 2012, Kalimantan Timur berhasil menyabet gelar juara sepak bola PON dan meraih medali emas untuk pertama kalinya. Saat final, Kaltim mengalahkan Sumatera Utara 1-0 lewat babak perpanjangan waktu. Pertandingan digelar di Stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru. Kaltim memiliki pemain kuat yang andal, yaitu Radiansyah dan Bayu Gatra.

2. Jawa Timur 1-0 Papua

Tahun 2008, Jawa Timur berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas dari sepak bola PON secara beruntun. Disini, Jatim berhasil mengalahkan Papua dengan skor 1-0. Menariknya, pada tahun 2004 di PON, Jatim juga harus berhadapan dengan Papua di partai puncak.

3. Jawa Timur 1-1 Papua

Pada PON tahun 2004 di Sumatera Selatan, Jawa Timur dan Papua dinyatakan sebagai juara Bersama sepak bola PON. Keputusan ini diambil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lantaran panitia dianggap lalai. Hal ini dikarenakan saat perpanjangan waktu pertandingan yang digelar di Stadion Patrajaya ini ditunda lantaran hari telah gelap dan Stadion tidak memiliki lampu penerangan.

Keesokan harinya sisa pertandingan 15 menit akan digelar, namun kedua tim dari Jawa Timur dan Papua sama-sama tidak datang dan meminta penetapan kedua tim sebagai juaara Bersama. Hal ini disebabkan oleh kecewanya kedua tim dengan kondisi stadion yang tidak ada penerangan.

4. Jawa Timur – Irian Jaya (Papua)

Jawa Timur berhasil membawa pulang medali emas sepak bola PON. Kala itu PON digelar di Jakarta. Saat final, Jatim berhasil menaklukkan Irian Jaya (Papua) dengan skor 2-1. Gol-gol tersebut berasal dari Eri Irianto dan Reinold Pieters.

Di babak final ini terjadi insiden pemukulan wasit oleh tim Irian Jaya, karena tidak puas dengan kepemimpinannya.

Itu dia, Gan, 4 laga final sepak bola PON yang menarik. Menurut Agan, yang mana sih yang paling menarik? Jawab dikolom komentar, ya!

Untuk informasi menarik lainnya tentang PON XX Papua, langsung aja follow akun-akun resminya dan kunjungi website resminya juga:

Quote:






Diubah oleh unta. 04-07-2021 08:30
0
1.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan