ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Oh Gangga. Katanya Sungai Suci Tapi Kok Begini?


Di India ada sebuah sungai yang memiliki sejarah panjang. Dalam Hinduisme sungai ini disembah seperti dewi dan sudah disebut dalam banyak literatur kuno seperti Mahabharata dan Ramayana. Sungai tersebut adalah sungai Gangga yang disebut sebagai sungai suci.

Konon kabarnya seseorang yang merasa berdosa harus merendam diri di dalam sungai ini untuk membasuh dosa-dosanya dan jika seseorang meninggal maka sebaiknya taburlah abunya di sungai Gangga. Sebesar itulah makna sungai ini bagi umat Hindu di India.



Tapi itu dulu, sekarang adalah jaman modern dimana kepercayaan terhadap agama tidak lagi setebal dulu. Sungai gangga memang masih dianggap sebagai sungai suci namun masyarakat India memperlakukannya seperti septic tank. Segala hal buruk masuk ke dalam sana.

Isu kesehatan di India memang mengkhawatirkan. Tentu kita belum lupa dengan jajanan India yang diaduk dengan tangan kosong sungai Gangga yang menjadi sumber air semua jajanan itu adalah tempat sampah raksasa yang suci. Begitu banyak pabrik di India yang membuang limbahnya ke sungai terbesar ketiga di dunia itu dan begitu juga sampah, kotoran hingga mayat dibuang disana. Iya, mayat.

Mayoritas masyarakat India menganut agama Hindu dan dalam ajaran Hindu mayat wajib dikremasi. Meski demikian lonjakan kasus korona yang menyebabkan banyak orang meninggal setiap harinya membuat tempat-tempat kremasi mayat kewalahan sehingga kebanyakan mayat terabaikan dan akhirnya dibuang ke sungai.



Mayat yang terhanyut oleh arus sungai Gangga sudah jadi pemandangan umum disana namun masyarakat tetap menggunakan air Gangga untuk minum, mencuci maupun mandi. Bahkan kemarin sungai Gangga digunakan dalam acara mandi massal yang mengakibatkan melonjaknya kasus covid-19 disana. Jika melihat ini saya jadi nggak tahu apakah masyarakat India benar-benar menganggap sungai Gangga itu suci atau nggak.

Di India sapi dianggap hewan suci reinkarnasi dewa Krisna dan sapi dihormati, tidak boleh dibunuh dan dianggap lebih tinggi derajatnya dari wanita namun Gangga yang sama sama dianggap suci malah diperlakukan tak lebih dari pembuangan kotoran sapi. Ironi oh ironi~

Sekian dari saya dan mari berdoa demi kesehatan masyarakat India.
Diubah oleh ih.sul 07-07-2021 01:33
saidatulll
TissueM4gic
anton2019827
anton2019827 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.6K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan