Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Mengajarkan Cuci Tangan Pada Anak Usia Dini dengan Media Flipchart
Mengajarkan Cuci Tangan Pada Anak Usia Dini dengan Media Flipchart


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya, semoga hari ini tetap sehat dan tetap semangat menjalani hidup di tengah pandemi virus Corona. Dan saya berharap semoga Corona lekas berlalu.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam mengajarkan prilaku hidup sehat, pada Anak Usia Dini baik di sekolah maupun di rumah.
Mengajarkan cara hidup bersih pada anak-anak, memang harus dilakukan sedini mungkin, agar anak-anak tahu pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan badan. Pembiasaan hidup bersih pada Pendidikan Anak Usia Dini di sekolah sangat bermanfaat bagi anak-anak agar bisa dilakukan ketika saat di rumah juga.

Kegiatan ini saya lakukan tatkala Belajar Dari Rumah (BDR) semenjak virus Corona melanda Negeri Ini. Tetap menggunakan protokol kesehatan, memakai masker, dan mengecek suhu tubuh anak dengan Thermogun.

Pada dasarnya pembiasaan hidup bersih memang sudah saya lakukan di sekolah, dengan membiasakan anak-anak mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

Bahwa pada dasarnya cuci tangan yang harus dilakukan tidak boleh seenaknya artinya ada langkah-langkah yang harus dilakukan agar kuman-kuman yang menempel ditangan bisa mati sempurna dengan langkah- langkah mencuci tangan yang benar.
Kita kan kadang seenaknya sekedar kena sabun sudah gitu ya Gan Sis, ini cuci tangannya harus sabar karena minimal 20 detik lho.


Cara mengajarkan cuci tangan pada anak-anak usia dini bisa berawal dari tepuk tangan, dari sebuah lagu, ataupun dari dongeng sebelum tidur, tentang bagaimana kalau tidak cuci tangan, yang bisa menyebabkan penyakit, dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak tentunya. Juga dengan menggunakan media flipchart gerakan-gerakan cuci tangan yang bisa diikuti anak-anak dengan suasana yang menyenangkan tentunya.

Contoh yang berawal dari tepuk tangan adalah sebagai berikut:

Quote:


Setelah melalui tepuk tangan, anak-anak diajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Saya menggunakan media Flipchart. Media ini mudah sekali cara membuatnya, bisa dengan menggunakan kalender bekas, yang ditepelkan gambar-gambar dengan warna yang menarik, bagaimana cara mencuci tangan yang benar.

Media flipchart merupakan media yang mampu menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas dan praktis, dapat digunakan di luar maupun di dalam ruangan, bahan pembuatan relatif murah, mudah dibawa kemana-mana, meningkatkan antusias belajar.

Spoiler for Media Flipchart:



Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Quote:


Spoiler for Mengajarkan mencuci tangan dengan Media Flipchart:


Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara rutin dapat membuat anak mengerti akan pentingnya hidup sehat. Kegiatan ini juga tidak lupa diadakan parenting terhadap orang tua wali, agar mendukung anak melakukan hidup bersih tidak hanya di sekolah saja melainkan juga di rumah. Agar orang tua mendampingi putra-putrinya dalam menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Pada intinya anak-anak akan lebih memahami sesuatu bila ada contoh secara visual memakai media flipchart apalagi gambarnya berseri akan lebih mudah masuk memori anak untuk pembiasaan cuci tangan secara benar. Pembelajaran di masa pandemi akan tepat bila pembiasaan ini diterapkan, jadi anak-anak tidak asal cuci tangan dan anak-anak biasanya lebih paham setelah melihat gambar kemudian dipraktekkan.

Bagaimana dengan Agan Sista di rumah, sudahkan mengajarkan dan menerapkan cuci tangan dengan benar pada anak-anak di rumah?
Karena untuk mendukung kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat harus menyediakan sarana dan prasarana yang mudah diakses oleh semua anak-anak.

Ketika di rumah berarti orang tua harus menyediakan tempat cuci tangan yang memadai, biar anak-anak senang mencuci tangan pada saat selesai bermain, mau makan dan minum, setelah memegang hewan peliharaan, setelah buang air besar atau pun buang air kecil. Tidak lupa selalu menyediakan sabun cuci tangan dan juga tissue.

Sekian Thread dari saya semoga bermanfaat, tetap bahagia bersama keluarga tercinta, sampai jumpa di Thread selanjutnya.


Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
Referensi klikklik
Diubah oleh trifatoyah 02-07-2021 01:18
erina79purba
anton2019827
Life In Mono
Life In Mono dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4.9K
78
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan