Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

qoni77Avatar border
TS
qoni77
Perencanaan Keuangan Orang Yang Punya Hutang Nih, Yuk Check!
Perencanaan Keuangan Orang Yang Punya Hutang Nih, Yuk Check!


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi menjelang siang Gansist. Semoga kau bahagia di manapun kau berada, karena bahagia membuat imunitas tubuh semakin kuat, tetap semangat!



Dari pengalaman dan sepemahaman Ane, investasi itu ada 2. Satu adalah kesehatan dan yang kedua adalah pengetahuan. Nah Ane belajar bersyukur, meski punya hutang. Kalau kamu?


Pada pagi yang cerah ini Ane akan membagikan cara Ane mengelola keuangan atau mengontrol pengeluaran yang sebenarnya masih kasaran, tapi Alhamdulillah cukup membuat Ane bisa mengontrol diri untuk lebih merasa aman dan nyaman.



Telah kita sadari kalau kebutuhan manusia itu tidak hanya makan, tidur, atau punya harta yang banyak. Konon kebutuhan itu terbagi menjadi dua, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani atau kebutuhan lahir dan batin.

Perencanaan Keuangan Orang Yang Punya Hutang Nih, Yuk Check!

Alhamdulillah ternyata kabar baiknya nih, perencanaan keuangan itu memang penting. Karena dari sinilah kita bisa melihat, apa yang akan kita lakukan dengan uang atau penghasilan yang kita miliki. Sebagai contoh bagi orang yang keadaannya seperti Ane atau memiliki utang, bisa nih kalian mencontoh perencanaan pengeluaran seperti membuat catatan pengeluaran seperti Ane juga.



Sebelumnya Ane ingatkan dulu, sebelum kita memutuskan untuk membuat sebuah anggaran atau rencana keuangan. Terlebih dahulu kita harus lebih dulu paham, bahwa setiap kebutuhan orang itu berbeda-beda. Hal ini karena kadang ada yang bagi orang lain itu penting, akan tetapi bagi suatu orang lain lagi menjadi tidak penting dan Ane sangat menghormati itu. Kiranya saran Ane hanya satu, yaitu sebisa mungkin kita mengutamakan hal yang dibutuhkan lebih dahulu, daripada hal yang kita inginkan. Apa tujuannya? Karena hal ini akan sangat berpengaruh dengan perencanaan keuangan yang kita buat!


Quote:



Jika punya uang sebaiknya kita tidak menghabiskannya dengan cepat. Singkatnya itu, kita harus menyisihkan atau memiliki tabungan. Tujuannya apa? Karena tabungan ini yang akan membuat hati kita aman dan merasa tentram. Dengan kesimpulannya kita memiliki alokasi dana untuk keperluan darurat. Insya Allah tabungan bermanfaat. Dalam hal ini Gansist Ane sarankan untuk bisa memahami ilmu nabung ya!Perencanaan Keuangan Orang Yang Punya Hutang Nih, Yuk Check!



Weeewww .... Mari kita membuat perencanaan keuangan secara mandiri atau perencanaan keuangan pribadi!


Sebenarnya apa sih perencanaan keuangan itu? Secara sederhana perencanaan keuangan itu memiliki arti sebuah seni merdeka yang dibuat oleh kita sendiri loh.


Maksudnya gimana? Kalau yang namanya seni itu adalah yang lahir dari pikiran, hati, dan keleluasaan indra yang kita miliki–yang telah diberikan oleh sang Pencipta. Nah karena ini adalah seni Gansist bisa membuatnya semaumu-mau Gansist.

Yuk Check perencanaan keuangan Ane! Perencanaan Keuangan Orang Yang Punya Hutang Nih, Yuk Check!


Gansist mau berencana seperti apa? Seperti apa boleh saja, yang penting kita tidak memiliki niatan untuk menyakiti orang lain, upps! Simpelnya nih kita bisa mengendalikan diri kita sendiri dan mengendalikan uang kita sendiri secara merdeka. Tentunya dengan ilmu hemat, ilmu iman, ilmu salat (atau kerohanian), ilmu manajemen yang baik. Tujuannya adalah untuk kebaikan kita sendiri, sehingga kita mampu mengetahui seperti apa yang benar-benar penting dan yang tidak penting dengan membuat perencanaan keuangan yang kita buat nanti. Insya Allah kita bisa lebih teratur hidupnya, terarah gitu. Yess!


Jika digambarkan perencanaan keuangan itu mirip roadmapyang akan membantu kita untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Jadi dalam menyusun rencana pengeluaran itu akan melakukan beberapa pendekatan tentang ilmu keuangan, logika, dan seni.



Dikatakan seni karena setiap kita pasti memiliki keyakinan untuk mengatur sebaik-baik apa yang kita miliki dengan merdeka dan sadar bahwa apa yang kita miliki sebenarnya adalah titipan.

Perencanaan Keuangan Orang Yang Punya Hutang Nih, Yuk Check!

Setelah menyadari pentingnya rencana keuangan kita akan tentu lebih peka, lebih pinter lagi untuk mawas diri. Tujuan perencanaan keuangan ini juga untuk mengevaluasi kesalahan alokasi dana yang pernah kita lakukan di waktu lalu dan di masa depan Insyaallah tidak akan terulang lagi.




Alhamdulillah selamat berbahagia karena sudah bisa membuat perencanaan keuangan. Mari menikmati hidup yang juga bertujuan untuk kebebasan finansial! Akhirnya Ane mau menekankan kalau perencanaan keuangan ini perlu dievaluasi di masa depan, karena perencanaan keuangan juga butuh untuk terus diupdate. Nah, lho!



Makanya Gansist ayo taubat, lupain mantan. Apa hubungannya? Kagak ada, biar kamu bahagia ajah. Salam santun dan jangan lupa bahagia.


Ditulis oleh @qoni77 dengan narasi pribadi


Sumber gambar 1 dan2
Ngawi, 28 Juni 2021
Mari hidup,


Warna_Senja

indrag057
Rainbow555
anton2019827
anton2019827 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.3K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan