- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
3 Skills yang dibutuhkan untuk kolaborasi kerja!


TS
PaPi.GaGa
3 Skills yang dibutuhkan untuk kolaborasi kerja!
Dalam mengerjakan berbagai projek kantor, pasti kita tidak dapat mengerjakannya sendirian. Oleh karena itu, kolaborasi atau kerjasama dengan berbagai pihak di lingkungan kerja adalah hal yang tidak bisa kita hindari ya gan.
Kolaborasi kerja tidak hanya dapat membantu agan dalam mengerjakan tugas kantor, tapi dapat juga mempererat hubungan agan dengan para coworkers loh!
Yuk, simak skills apa saja yang harus agan miliki untuk dapat membentuk kolaborasi yang efektif
1. Kemampuan komunikasi
Saat agan berkolaborasi, agan harus bisa mengungkapkan opini agan akan topik yang dibahas. Tidak perlu malu ataupun sungkan ya gan!
Selain itu, agan juga harus bisa mendengarkan opini orang lain. Jadi, tidak menjadi orang yang maunya menang sendiri ya~
Berikut ini beberapa skill komunikasi yang perlu agan miliki:
- Kemampuan mendengar. Tapi bukan hanya mendengar yang masuk kuping kanan keluar kuping kiri ya, agan harus bisa memahami maksud dari ucapan mereka!
- Komunikasi verbal
- Komunikasi tertulis
- Kemampuan non-verbal, seperti gestur tubuh dan intonasi bicara
2. Menghargai perbedaan
Dalam kolaborasi kerja, pastinya agan akan menemui orang dengan latar belakang bahkan etos kerja yang berbeda dengan agan.
Oleh karena itu, agan harus bisa untuk menghargai perbedaan yang ada, seperti perbedaan pendapat.
Ini dia, list cakupan kemampuan menghargai perbedaan:
- Komunikasi terbuka
- Fasilitasi diskusi grup
- Peka terhadap etnis dan pandangan keagamaan
- Membangun pemufakatan
- Bisa mengumpulkan berbagai pandangan dari anggota tim
3. Kecerdasan emosional
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang sangat perlu dimiliki oleh setiap individu, bahkan menjadi salah satu kemampuan yang paling banyak dicari oleh perusahaan sekarang ini.
Tapi apa sih kecerdasan emosional itu?
Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu untuk mengidentifikasi emosi yang ada dalam dirinya serta memahami emosi yang dirasakan oleh orang lain.
Oleh karena itu, skill ini jadi hal yang perlu untuk dimiliki saat berkolaborasi. Agan harus paham jika ada salah satu anggota tim yang sedang tidak baik dan mengambil tindakan yang tepat, begitu juga jika agan yang sedang merasa tidak baik.
Kemampuan berikut ini adalah kemampuan yang termasuk ke dalam kecerdasan emosional:
- Empati
- Tidak mudah tersinggung
- Mempunyai energi positif
- Sensitif terhadap perubahaan suasana hati anggota tim
- Bisa menyuguhkan motivasi jika ada anggota tim yang membutuhkan
Itu dia, hal-hal yang bisa ane share kali ini. Baca juga 5 langkah kolaborasi kerja yang efektif dan sukses melalui artikel ini.
Kolaborasi kerja tidak hanya dapat membantu agan dalam mengerjakan tugas kantor, tapi dapat juga mempererat hubungan agan dengan para coworkers loh!
Yuk, simak skills apa saja yang harus agan miliki untuk dapat membentuk kolaborasi yang efektif
1. Kemampuan komunikasi
Saat agan berkolaborasi, agan harus bisa mengungkapkan opini agan akan topik yang dibahas. Tidak perlu malu ataupun sungkan ya gan!
Selain itu, agan juga harus bisa mendengarkan opini orang lain. Jadi, tidak menjadi orang yang maunya menang sendiri ya~
Berikut ini beberapa skill komunikasi yang perlu agan miliki:
- Kemampuan mendengar. Tapi bukan hanya mendengar yang masuk kuping kanan keluar kuping kiri ya, agan harus bisa memahami maksud dari ucapan mereka!
- Komunikasi verbal
- Komunikasi tertulis
- Kemampuan non-verbal, seperti gestur tubuh dan intonasi bicara
2. Menghargai perbedaan
Dalam kolaborasi kerja, pastinya agan akan menemui orang dengan latar belakang bahkan etos kerja yang berbeda dengan agan.
Oleh karena itu, agan harus bisa untuk menghargai perbedaan yang ada, seperti perbedaan pendapat.
Ini dia, list cakupan kemampuan menghargai perbedaan:
- Komunikasi terbuka
- Fasilitasi diskusi grup
- Peka terhadap etnis dan pandangan keagamaan
- Membangun pemufakatan
- Bisa mengumpulkan berbagai pandangan dari anggota tim
3. Kecerdasan emosional
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang sangat perlu dimiliki oleh setiap individu, bahkan menjadi salah satu kemampuan yang paling banyak dicari oleh perusahaan sekarang ini.
Tapi apa sih kecerdasan emosional itu?
Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu untuk mengidentifikasi emosi yang ada dalam dirinya serta memahami emosi yang dirasakan oleh orang lain.
Oleh karena itu, skill ini jadi hal yang perlu untuk dimiliki saat berkolaborasi. Agan harus paham jika ada salah satu anggota tim yang sedang tidak baik dan mengambil tindakan yang tepat, begitu juga jika agan yang sedang merasa tidak baik.
Kemampuan berikut ini adalah kemampuan yang termasuk ke dalam kecerdasan emosional:
- Empati
- Tidak mudah tersinggung
- Mempunyai energi positif
- Sensitif terhadap perubahaan suasana hati anggota tim
- Bisa menyuguhkan motivasi jika ada anggota tim yang membutuhkan
Itu dia, hal-hal yang bisa ane share kali ini. Baca juga 5 langkah kolaborasi kerja yang efektif dan sukses melalui artikel ini.




franssinaga dan orgbekasi67 memberi reputasi
2
352
5


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan