Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KASKUS.HQAvatar border
TS
KASKUS.HQ
Fenomena Sampah Plastik Yang Tak Kunjung Usai

Sampah, sampah, sampah, permasalahan yang hadir di lingkungan sekitar kehidupan masyarakat tak jauh dari sampah. Tanpa disadari sebenarnya berbagai kegiatan yang kita lakuin sebagai makhluk hidup tentunya bisa mendukung produksinya. Persoalan yang tak kunjung berhenti ini juga terjadi di Indonesia karena pertumbuhan penduduk yang juga menjadi salah satu faktor. GanSis tau gak sih kalau ternyata Indonesia juga nerima kiriman sampah dari negara maju lainnya? Bertujuan untuk mendapatkan uang malah numpuk dan cuma jadi gunung plastik.


Banyaknya limbah plastik ini tentu membuat masyarakat gak nyaman, tapi sayangnya masih minim banget nih GanSis kesadaran untuk ikut membantu ngurangin. Dari sekian banyak kota di Indonesia, salah satu yang duluan memerangi hal ini adalah Bali. Untuk mengurangi plastik, pemda dan masyarakat Bali melakukan larangan untuk tas kresek, sedotan plastik, dan styrofoam. Sayangnya, di tahun 2020, penggunaan plastik kembali diperbolehkan.


Fenomena Sampah Plastik Yang Tak Kunjung Usai


“Saya pikir isu sampah plastik banyak yang peduli, tetapi masih minim. Regulasi ini menjadi prioritas kalau masyarakat yang meminta. Kita harus melihat apa yang jadi prioritas regulasi pemerintah adalah apa yang disuarakan oleh warga. Kalau warga tidak mau, regulasi juga angin-anginan,” ucap Robi.


Siapa sih Robi ini? Gede Robi itu vokalis band Rock, Navicula, yang juga aktivis peduli lingkungan. Menurut doi mengenai regulasi plastik di Bali hanya sebatas wacana. Ia pun mengatakan bahwa, refleksi isu plastik ini sebenarnya adalah isu keseharian masyarakat. Kalau saja masyarakat punya kesadaran yang besar, bisa aja nih peraturan tentang pengurangan plastik bakal terus dijalanin. 


“Kolaborasi yang terpenting. Kita tidak bisa bergerak sendirian, saatnya kita bergerak untuk masa depan. Harus begitu pikirannya, baru kita bisa mendorong regulasi ini menjadi serius. Regulasi ada karena tuntutan masyarakat. Regulasi ini akan mengawasi produsen. Ini akan berputar terus, karena kesadaran konsumen dan korporasi saling berhubungan,” tegasnya.


Selain Robi, ada juga nih aktivis lain yang peduli banget sama lingkungan, namanya Prigi Arisandi yang juga ahli biologi dan penjaga sungai dari Jawa Timur. Keaktifan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menangani isu sampah plastik di Indonesia dan pemerintah bakal beraksi kalau isu tersebut udah jadi urgensi menurut masyarakat. Itu lah menurut pendapat dari Prigi.


Keduanya yakin masyarakat bisa lebih perhatian dengan sampah plastik dengan cara mengedukasi mereka. Film ‘Pulau Plastik’ yang tayang di Bioskop Online hadir untuk memenuhi tujuan tersebut dan dalam upaya untuk memberikan informasi, edukasi, serta mendorong masyarakat biar sama-sama mencari-membuahkan solusi untuk membebaskan Indonesia dari persoalan sampah.


Fenomena Sampah Plastik Yang Tak Kunjung Usai


Film hasil kerjasama Visinema Pictures dengan Kopernik, Akarumput, dan Watchdoc, diproduseri oleh Mas Angga Dwimas Sasongko dan Mba Ewa Wojkowska. ‘Pulau Plastik’ bercerita tentang perjalanan tiga tokoh sentral protagonis yang menelusuri jejak sampah plastik di rantai makanan manusia, GanSis. . Tokoh yang ada di film ini adalah Gede Robi, Tiza Mafira, dan Prigi Arisandi. Ketiganya melawan penggunaan plastik sekali pakai.


“Kita butuh asupan informasi, lewat film ini kita bisa membuat informasi berat menjadi mudah diserap. Jadi kalau mau pintar dan mau kritis, silahkan nonton film ini. Di film ini kita melihat banyak orang yang mengupayakan perubahan. Banyak yang bisa kita lakukan demi membuat perubahan yang lebih baik,” ucapnya


Buat GanSis yang mau tau seluk beluk sampah plastik dan seberapa berpengaruhnya sama lingkungan, langsung capcus nonton filmnya! emoticon-Big Grin


Gimana sih cara nontonnya? Langsung ke www.bioskoponline.comatau via aplikasi Bioskop Online yang bisa GanSis download di App Store atau di Google Store mulai 25 Juni - 4 Juli 2021. Hayo sayangin lingkungan dengan kurangin plastik dan jangan nyepelein, yah! 

sunshii32
toinxx08
anton2019827
anton2019827 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.1K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan