hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Pembangunan Nyeleneh yang Bikin Para Arsitek Nangis!


Mendesain dan merancang suatu ruang bukanlah suatu hal yang mudah, GanSis. Yap! Banyak hal-hal yang harus diperhitungkan dan diperhatikan sebelum mendesain, saat mendesain, dan saat eksekusi merealisasikan desain tersebut. Nah, karena banyak pertimbangannya, maka ga semua orang bisa dengan mudahnya menghasilkan sebuah desain. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa ada jurusan arsitektur di perkuliahan. Ya karena mendesain itu butuh ilmu, ga cuma pengennya gini, pengennya gitu.

Nah, setelah didesain sedemikian rupa, eksekusi untuk merealisasikan desain tersebut juga bukanlah hal yang mudah. Jangan asal nyuruh orang untuk membangunnya, apalagi kalau belum punya pengalaman membangung bangunan, takutnya kamu sendiri nanti yang berabe lihat hasilnya. Nanti, bukannya menikmati hasil desain, kamu malah dibikin nangis kalau bangunan hasil desainmu jadi kayak begini.



Perhatikan Kebutuhan Ruang Saat Benda Digunakan



Kalau benda ini merupakan benda statis yang memang difungsikan hanya untuk duduk biasa, memang tak ada yang salah sama foto di atas. Tapi masalahnya, foto di atas merupakan sebuah ayunan, yang artinya benda tersebut membutuhkan ruang lebih banyak pada bagian depan dan belakang saat mengayun agar benda ini bisa digunakan dengan aman dan nyaman.


Jangan Ngide Bikin Kembarannya Menara Pisa



Kalau soal gedung yang miring kalian pasti tau kan sama menara miring ikonik yang ada di Italia? Yap! Dia adalah Menara Pisa. Awalnya pembangunan Menara Pisa ini dilakukan dengan benar kok, alias tegak, namun karena dibangun di atas tanah yang tidak padat yang terdiri dari tanah liat, pasir, dan kerang, alhasil Menara Pisa pun menjadi miring. Nah, kamu yang mau bikin bangunan ga usah ngide bikin kembarannya Menara Pisa ya, apalagi bikin dengan sengaja. Bahaya tau!


Ga Usah Sok-sok Bikin Konsep Ala-ala



Bangunan dengan konsep rumah miring pasti udah sering kalian temuin kan? Tapi kalau kamu berniat menjadikan ruang tersebut tetap berfungsi sesuai peruntukannya, lebih baik kamu perhatikan lagi konsepnya. Mungkin kamu bisa menerapkan konsep ini hanya sebatas fasadnya saja, jangan sampai interiornya pun kamu terapkan miring-miring juga. Kan kalau begini ceritanya jadi repot make toiletnya.


Jangan Lupa Lakukan Site Survey



Salah satu hal yang penting banget dilakukan oleh arsitek adalah site survey. Bahkan sejak masa kuliah pun, anak-anak di jurusan arsitektur dituntut untuk sering melakukan site survey untuk menganalisis site disana agar nantinya desain yang dibuat dapat merespon segala aspek yang ada di lingkungan site tersebut. Jangan sampe kayak gini deh. Main bangun lapangan tapi ga diukur dulu apakah area tersebut mencukupi untuk ukuran sebuah lapangan.
ujellyjello
m4ntanqv
anton2019827
anton2019827 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
12.7K
196
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan