Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taysbakersAvatar border
TS
taysbakers
Apa itu Swab Tes Dan Bagaimana Proses Kerja Dari Tes Ini ?
Apa itu Swab Tes Dan Bagaimana Proses Kerja Dari Tes Ini ?
Metode Swab adalah cara untuk memperoleh bahan pemeriksaan sampel. Cara mengambil sampel dengan metode ini adalah mencari materi genetik virus yang dikumpulkan melalui teknik usap hidung atau tenggorokan. Tes untuk mengetahui kemungkinan terinfeksi COVID-19 ini kini bisa diakses masyarakat di hampir semua fasilitas kesehatan.

Apa itu swab antigen, rapid test, dan test PCR

Swab antigen

Dirangkum dari health.detik.com, bahwa swab antigen adalah penerapan uji COVID-19 dengan pengambilan sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Sampel diambil dengan swab test atau tes usap sehingga mirip dengan pelaksanaan tes PCR.
Swab antigen bertujuan mencari protein yang terdapat di permukaan virus. Cara kerja ini berbeda dengan PCR test yang mencari material genetik pada virus corona penyebab COVID-19.

Baca juga: Aturan Pakai Masker Kain Yang Benar Agar Terhindar Penyakit

Rapid test

Rapid test biasa dilakukan lewat pengambilan sampel darah dari tubuh pasien. Perlengkapan rapid test akan mengenali protein antibodi dalam sampel tersebut. Antibodi adalah protein yang dibentuk sebagai bentuk perlindungan tubuh saat terinfeksi virus corona atau patogen lain.

Akurasi rapid test berisiko tidak akurat bila dilakukan pada yang belum pernah terinfeksi virus Corona. Apalagi tiap orang memberi respon antibodi yang berbeda saat terinfeksi.

Test PCR

Test PCR dilakukan dengan swab atau usap untuk mengambil sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Test PCR memang memberikan hasil paling akurat meski memerlukan waktu yang lebih lama. Selain itu, tes PCR hanya bisa dilakukan tenaga yang sudah terlatih karena penggunaan teknologi dan berbagai reagen.

Berikut ini kelompok orang yang perlu melakukan tes PCR:

1. Orang dengan kategori suspek karena ada gejala sesak napas, batuk, sakit tenggorokan disertai demam 38 derajat celcius.
2. Orang yang memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19.
3. Orang yang terkonfirmasi reaktif berdasarkan hasil rapid test.
4.  Orang yang bepergian keluar kota atau luar negeri pada 14 hari terakhir.

Baca juga: 
Apa Bedanya Masker Eonmask Enhanced dan Economical?


Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Tetaplah mematuhi protokol kesehatan, dengan menerapkan berbagai peraturan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19 semakin masif. Pakailah masker yang sesuai dengan standar nasional, agar kamu semakin aman dalam beraktivitas di luar rumah, seperti masker kain Eonmask.


Diubah oleh taysbakers 31-03-2021 03:19
0
606
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan