CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banyak Utang Negara Lain Lebihi Batas, Utang Indonesia Terap Terjaga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d4762b9229ac6c7556a32c/banyak-utang-negara-lain-lebihi-batas-utang-indonesia-terap-terjaga

Banyak Utang Negara Lain Lebihi Batas, Utang Indonesia Terap Terjaga

 Banyak Utang Negara Lain Lebihi Batas, Utang Indonesia Terap Terjaga

ArusBaik.id - Pengelolaan utang pemerintah Indonesia terus terjaga dari tahun ke tahun. Berbicara soal rasio, rasio utang Indonesia jauh lebih baik daripada banyak negara di dunia.

Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa saat rapat bersama dengan Komisi XI DPR, Rabu (23/6).

"Pengelolaan utang kita dari tahun ke tahun tetap terjaga," kata Suharso dikuti dari CNBC Indonesia, Kamis (24/6).

Suharso menerangkan, sejumlah rasio utang memang mengacu pada ketentuan international debt relief (IDR) yang diterapkan oleh IMF. Namun posisi utang pemerintah terhadap IDR IMF itu masih tetap rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

"Kalau kita lihat negara lain, saya kira hampir tidak ada negara yang standarnya dipenuhi, baik standar IMF ataupun standarnya IDR," tandas Suharso.

Lebih jauh Suharso juga menjelaskan posisi utang pemerintah saat ini. Menurutnya, rasuo utang pemerintah terhadap PDB saat ini berada di angka 39,4 persen. Angka tersebut, katanya, masih di bawah ambang batas yang ditentukan dalam UU Keuangan Negara yaitu maksimal 60 persen.

Terkait peningkatan utang, Suharso menyebut situasi pandemi menjadi salah satu penyebabnya. Namun, peningkatan itu tidak hanya terjadi di Indonesia. Negara lain juga mengalami hal yang sama, bahkan lebih parah.

"Kalau kita bercermin ke negara-negara lain sesungguhnya banyak negara termasuk China sendiri punya utang yang jauh lebih besar dari GDP-nya, AS juga di atas GDP-nya, Jepang dua kali dari GDP-nya. Kalau kita lihat dari hitungan nominal tapi sebagian besar memang berutang pada mata uangnya sendiri," kata Suharso melanjutkan. (WIL)

news terbaru


Jadi duit APBN itu kemarin sudah dialokasikan buat beli vaksin, bantuan sembako, bansos selama pendemi berlangsung, nah sekarang pemerintah lagi butuh uang lagi buat memulihkan ekonomi setelah pandemi toh rasio PDB Indonesia masih 39,4%.

Ingat, hutang Indonesia sampai saat ini masih terjaga jadi kalian tenang aja ya, lagian utang itu buat menunjang pemulihan ekonomi akibat pandemi kok. Jadi untuk rakyat bukan untuk orang lain.

Perlu kalian tahun bahwa banyak negara di dunia ini yg punya utang bahkan utang Cina jauh lebih besar dari GDP-nya dari Indonesia dan utang Indonesia kini masih wajar kok.

#PDBMasihAman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tjiembek dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ydh klau duid msh ada dan masih wajar
Lock down lg aja.
Alasan g lock down kan duid negara udh habis dan hutang menggunung.
profile-picture
profile-picture
superman313 dan victimaye memberi reputasi
Banyak yang dungu membandingkan dengan China

China itu negara maju

Kau bilang hutang kita aman dibandingkan hutang China?

Ngakak

Kau lihat dulu kemampuan bayar mereka, kau lihat negara mereka itu mandiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superman313 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terlalu bodoh menyantaikan utang dan membandingkannya dengan negara maju.

PDB kecil, tapi kalo ga mampu bayar lalu ga bisa minjem lg, gimana? Apalagi tipe ngutangnya itu bkn utang cash, tp utang jadi barang. Uang utang ga berputar di Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
@augustus.caesar

Ente terlalu smart untuk ngreply ceby yang sedang melakukan ritual pensucian rejim emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 4 lainnya memberi reputasi
utang contoh negara maju tp kalo bantuan gak mau ikut negara maju
Pokoknya selalu bandingin ama yg lebih parah dan hancur
Selama bukan urutan paling akhir maka masih statusnya aman dan terjaga


emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radeneca dan 5 lainnya memberi reputasi
BPK udh bersabda ni buzzer masih nyebokin aja
profile-picture
profile-picture
superman313 dan pamansengkuni memberi reputasi
Tenang, utang masih aman.

Yg penting rasio.



...ini kalimat sakti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superman313 dan 2 lainnya memberi reputasi
ntar kalo udah keliatan ga aman
tinggal bandingin ama negare yg paling bnyk utangemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superman313 dan 2 lainnya memberi reputasi
Jepang us jng ditanya cadangan devisanya melimpah mereka likuiditas negaranya kuat bisa lockdown sini aja dpt pinjaman duid dr perkenalan pm baru jp kemarin di u tube waktu lokdon semua dpt bantuan dr pemerintahnya. Masi bisa bagi vaksin, biayain isrl

Kl ngibul kira2


emoticon-Leh Uga
profile-picture
superman313 memberi reputasi
Diubah oleh Cosmoflip
Matamu ketutupan taik
profile-picture
superman313 memberi reputasi
Dibandingin zimbabwe si aman ya
profile-picture
superman313 memberi reputasi
timpukin rame2
terlalu banyak omong kosong
profile-picture
superman313 memberi reputasi
suka2 kalian lah, bajer tengik
profile-picture
superman313 memberi reputasi
indonesia ngutang nge bandingin negara lain

1. R&D aja melempem disini
2. BUMN bergelimpangan (mungkin bank nyusul)
3. Korupsi dimana-mana.

ga usah bikin perbandinganlah, banyak busuknya disini, negara ngutang sampe 20.000T kalo pengelolaannya kagak bener, ambrol juga negara.

ditambah menkeunya ga pinter-pinter amat, lah disertasinya aja pajak + buruh.

emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak
profile-picture
superman313 memberi reputasi
Diubah oleh rajin.meremas
andalannya rasio utang terhadap PDB emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

biarpun diketawain se indonesia tetep aja ngomong rasio utang terhadap PDB emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
superman313 memberi reputasi
Alhamdulillah atas berkah dan nikmat yg luar biasa ini. Rakyat nkri bisa tidur nyenyak setelah mengetahui rasio utang dan pdb masih terjaga aman dan sejahtera. Bangga menjadi warga nkriemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
indonesia banget "lihat noh si maman beol dicelana banyak banget gw cipirit doang lu pada ribut".
profile-picture
victimaye memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
"Kalau kita bercermin ke negara-negara lain sesungguhnya banyak negara termasuk China sendiri punya utang yang jauh lebih besar dari GDP-nya, AS juga di atas GDP-nya, Jepang dua kali dari GDP-nya.




membandingkan dgn negara2 maju???

segitunya mencari alasan pembenaran
1. pembodohan publik???
atau
2. memang bodoh, trus googling googling cari negara yg utang nya lebih banyak dr indonesia



bujer2 Rp asuuu laknat

emoticon-Traveller
profile-picture
superman313 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di