Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lpdpAvatar border
TS
lpdp
Rektor IPB: Skripsi Kekinian Boleh Dikerjakan Secara Kelompok
Jakarta: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria mengatakan mahasiswa boleh mengerjakan skripsi secara berkelompok atau kolektif. Skripsi kekinian, kata dia, tidak lagi harus dilakukan secara individu.

"Tugas akhir, skripsi tidak lagi individu boleh kolektif," kata Arif di hadapan Presiden Joko Widodo dan Mendikbudristek, Nadiem Makarim pada acara Festival Kampus Merdeka yang dikutip Rabu, 16 Juni 2021.

Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) menyebut, skripsi kolektif itu telah dimulai IPB selama dua tahun terakhir. Skripsi kolektif ini diberlakukan karena banyak bidang pendidikan yang saling berkaitan.

"Jadinya sekatnya dipecah. Orang mau smart farming, enggak bisa orang agrokultur sendiri, harus undang IT. Mengembangkan kehutanan juga butuh anak teknik," ungkapnya.

Menurut Arif, program Kampus Merdeka yang digagas Kemendikbudristek ini sangat mendukung kebebasan model skripsi tersebut. Arif pun merasa lega dengan adanya program tersebut.

"Jadi ini klop cocok sekali. Kebetulan Mas Menteri mengeluarkan Kampus Merdeka," tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar pertanyaan kepada Arif tentang dukungan apa saja yang dibutuhkan perguruan tinggi dari pemerintah agar dapat berlari kencang dalam menyukseskan program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.

https://m.medcom.id/pendidikan/news-...ecara-kelompok

Enak banget gitu, saya sampai turun 11kg gara gara revusi skripsi sampai belasan kali emoticon-Frown
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan