CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Romo Magnis: Jangan Suruh Orang Pilih Pancasila atau Agama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60cf18ffe4b86a13671b5bf2/romo-magnis-jangan-suruh-orang-pilih-pancasila-atau-agama

Romo Magnis: Jangan Suruh Orang Pilih Pancasila atau Agama

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 2
Nanya soal ujian psikologi buat lembaga kenegaraan ya wajar kalo ditanya soal begitu.

Kecuali kalo ditanyakan ke seluruh sipil. Lah sudah benar lembaga kenegaraan harus netral n yang nomer satu mestilah dasar negara buat mereka agar tidak terjadi fraksi2.

Coba kalo gak di utamakan sikap kenegaraan bisa2 timbul genk kristen, genk islam, genk hindu, genk buddha dll.

Apalagi banyak simpatisan HTI skrg coba menyusup ke instusi negara.
profile-picture
NCovid19 memberi reputasi
namnya juga test psikologi, tentu test tersebut untuk menggali keadan psikologis seseorang, jadi wajar saja pertanyaan seperti itu. maslahnya ini kan soal pertanyaan psikologis ditanggapi secara politis, itu masalahnya.

'Nggak perlu sampai segitunya, pak ...

Kalau menyangkut negara dan bangsa, masalah pribadi itu bukan berada pada urutan pertama.
Kalau ada yang ingin protes mengenai itu, terlihat jelas khan kalau dia mendudukkan masalah pribadinya pada urutan yang pertama ?



Realistis romo, jangan ngawang2
Mesir uda jatuh keradikalis lewat demokrasi, akhirnya militer turun tangan, pertumpahan darah berkali2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionIeo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Setuju sm Romo
emoticon-Ngacir
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


masuk list
profile-picture
profile-picture
profile-picture
007a6point dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Orang pilih pancasila udah pasti dapet tuh agama. Tapi kalau milih agama belum tentu bisa berpancasila.
Udah bener itu jawabannya pilih pancasila.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
mau berantas korupsi tapi disangkutpautin ke soal religi/agama

aneh bin ajaib negara ini

wajar ajah sbg negara berkembang msh banyak yg terbelakang yg prospek utk dijadikan sbg pasukan jombi otak kopong kayak nastaik asu laknat, nasbungtaik laknat dan kadrun laknat
dan sebg grass root buat pendukung partaik, ormas dan politikus


negara maju udah mikir wisata ke mars, dimari msh berkutat soal agama


asu emang, sampai kapan pun negara ini selalu terbelakang
(koruptor msh sbg raja di negara ini)

berita2 koruptor semakin sunyi senyap dari peredaran berita
kayak korupsi bansos dan lainnya

di rejim dl, begitu masifnya pemberitaan suatu kasus korupsi di kpk oleh media pers
jd jalan ceritanya kasus korupsi terpantau trus ame publik



profile-picture
profile-picture
TheRipper dan NCovid19 memberi reputasi
Diubah oleh isengajah02
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Orang awam gak ngerti jenis tes psikometri.
ada tes iq, tes bakat, tes minat, tes kepribadian, sikap.

Orang yang kuliah di fakultas tertentu,
lebih paham.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewars12yo dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chatcare
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kan udh diklarifikasi

Yg diliat bukan milihnya yg mana, tapi reaksi dan responnya gimana


Kalo milih agama tapi ada argumen yg masuk akal dan nggak ala kadrun ya bebas

Kan yg kena jg 75 orang itu doang, cuma diantarannya ada si cyclop itu

Makanya dipolitisir ampe begini
profile-picture
profile-picture
TheRipper dan NCovid19 memberi reputasi
emang udah pada dasarnya agama dan politik itu harus dipisahkan.. kalo digabungin ya gini, ada aja yg dikisruhkan..
profile-picture
TheRipper memberi reputasi
Kalau ujian psikologi KPK nya Amerika,Jepang, Inggris,Jerman yang pada maju dan tidak suka korupsi itu bagaimana di contoh saja...di sini itu terlalu berlebihan over acting..
profile-picture
gmc.yukon memberi reputasi
Romo Magnis: Jangan Suruh Orang Pilih Pancasila atau Agama
profile-picture
gmc.yukon memberi reputasi
Budayawan sekaligus rohaniwan Franz Magnis Suseno atau yang kerap disapa Romo Magnis mengatakan jangan menyuruh atau mengarahkan masyarakat untuk memilih agama atau Pancasila. "Misalnya, saya ditanya pilih ajaran Katolik atau Pancasila, itu pertanyaan apa?" kata Romo Franz pada webinar dengan tema Pancasila: Tandingan Agama atau Etika Kebangsaan? di Jakarta, Sabtu (19/6).

Ya kalo masyarakat umum mmg nggak perlu memilih, krn masyarakat hny bs langsung dinilai dr tindakannya: melanggar atau patuh hukum negara.
Kalo aparatur negara sangat wajar disuruh memilih antara Pancasila atau lainnya. Jika calon aparatur negara tdk bs menempatkan Pancasila diatas semua pandangan pribadinya lebih baik ybs jd rakyat jelata yg tdk perlu memilih.


Romo Franz juga meminta Pancasila tidak dilebih-lebihkan, apalagi sudah mengarah pada hal politis.

Pancasila itu sendiri adl politik bangsa ini spy tetap bersatu dlm keberagamannya, Bhinneka Tunggal Ika. Justru aneh kalo Pancasila tdk boleh dikait2kan dgn politik.
Setuju dgn Romo...

Selain mabok agama,
mabok pancasila jg berbahaya..
Diubah oleh tuankompeni
Quote:


Halaman 2 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di