anna1812Avatar border
TS
anna1812
Bukit Rammang-Rammang, Keajaiban Alam Berpadu Sejarah Purba Terbesar Ketiga di Dunia




Makassar merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali keunikan, salah satunya adalah destinasi wisata.

Destinasi wisata unik di Makassar, salah satunya berupa jajaran pegunungan kapur Rammang-Rammang.

Tak banyak orang mengenal objek wisata Sulawesi Selatan satu ini. Padahal, Pegunungan Karst (kapur) Rammang Rammang ini merupakan hutan batu kapur terbesar se-Indonesia.

Quote:


Tempat yang berlokasi di Dusun Rammang Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, ini kerap menjadi tempat pendakian para pecinta alam. Tracking yang cukup menantang, membuat para pendaki lebih tertantang untuk menakhlukan.

Deretan pegunungan dengan luas 43 hektare ini, memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Para pelancong bisa berfoto dengan latar belakang panorama formasi bebatuan eksotis layaknya di Madagaskar, Afrika. Cocok untuk Toppers yang hobi beraksi dengan kamera DSLR.

Quote:


Istilah Rammang-rammang sendiri adalah istilah yang berasal dari bahasa Makassar yang berarti adalah awan atau kabut. Penyebutan istilah tersebut diduga kuat merujuk pada kondisi alam, di mana biasanya pada pagi hari, kawasan tersebut selalu diselimuti awan dan terkadang kabut tebal.

Quote:


Deputi IV Bidang SDM, Iptek, dan Marim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Safri Burhanuddin yang juga pakar geologi dari Universitas Hasanuddin, Makassar, menjelaskan bahwa Rammang-rammang sudah terbentuk sejak lama, sekitar 30 juta tahun lalu.

Namun, kata dia, kawasan tersebut diperkirakan baru mulai dihuni manusia pada 40 ribu tahun lalu. Jejak manusia di masa lalu tersebut, hingga kini masih bisa dinikmati oleh para pengunjung melalui tulisan tangan atau simbol-simbol yang ada di dinding gunung.

Quote:


Sebelum dibuka sebagai tempat wisata, Rammang-Rammang sempat menjadi kawasan penambangan batu kapur. Aktivitas tersebut terjadi pada 2008. Saat itu, ada tiga perusahaan asal Tiongkok yang mendapatkan izin untuk menambang.

Quote:


Setelah tiga perusahaan tersebut gagal beroperasi, warga akhirnya bersepakat untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata. 

Rammang-Rammang menawarkan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Telaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, dan Kampung Berua.

Sungai Pute merupakan akses jalan yang harus dilalui para wisatwan yang hendak berkunjung ka Rammang-Rammang. Maka dari itu, perahu kecil yang disebut Katinting pun telah disediakan sebagi moda transportasinya. Sungai yang mengandung makna putih ini mengalir diantara bebatuan karst.

Quote:


Namun, sungai ini bukanlah sekedar rute yang harus dilalui oleh pengunjung saja. Hal ini dikarenakan sungai ini memiliki pesona alam yang sangat mengagumkan.

Maka dari itu, perjalanan menuju pegunungan Rammang-Rammang akan terasa seperti rekreasi. Berbagai tanaman khas seperti Nipah dan Bakau, akan menyambut para wisatawan yang melintasi area ini.

Quote:


Selain itu, rute sungai yang bervariasi semakin menmbah keseruan perjalanan ini. Papan-papan penunjuk yang bertuliskan -belok kanan dan kiri- serta -awas batu- seakan merupakan isyarat bahwa perjalan ini bukanlah sebuah  perjalanan biasa melainkan sebuah petualangan.

Adanya cekungan dinding batuan di sekitar aliran sungai, dijadikan sebuah tanda sebagai pintu masuk Kampung Berua.

Sudah bertahan-tahun silam, Kampung Berua merupakan danau besar, yang berada di tengah perbukitan Karst. Hal ini d buktikan oleh banyaknya peninggalan dan bukti arkeolog yang mendukung.

Quote:


Quote:


Karena letak kampung yang di kelilingi bukit Karst, maka sudah pasti kampung ini terlihat seperti cekungan. Keindahannya semakin tercipta dengan adanya jalan papan yang di buat oleh warga. Bahkan, tak jarang bagian jalan ini d jadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung yang datang.

Pada bagian sisi kiri jalan papan, terdapat 3 hingga 4 deretan rumah panggung suku Bugis. Lalu, di bagian kanan terlihat hamparan petak-petak sawah dan beberapa petak tanaman perairan yang di budidayakan.

Quote:


Daya tarik inilah yang menjadikan salah satu keunikan dan daya tarik tersendiri. Bukan hanya pemandangan bukit Karst yang memanjakan mata, tapi juga kearifan lokalnya yang masih terjaga.

Quote:


Quote:


Quote:


Berbagi momen saat mengunjungi tempat wisata unik, merupakan hal yang lazim dilakukan.

Provider Smarfren kini menawarkan fitur baru berupa Unlimitied MAXI yang bisa diakses di semua lokasi.

Quote:


Anda bisa membuat konten live streaming saat berkunjung ke Pugunungan Kapur Rammang-Rammang, maupun sekadar berbagi momen keseruan saat berada di salah satu lokasi Pegunungan Eksotis Makasaar ini.

Meskipun berada di lokasi pegunungan, tapi Anda tak perlu khawatir kehilangan sinyal, karena Smartfren Unlimited MAXI memiliki speed tinggi tanpa batasan lokasi.



emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Sumber : sulsel.idntimes.com



emoticon-Cendol Gan
0
520
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan