ismilailaAvatar border
TS
ismilaila
Menjadi Penulis Online, Adalah Bentuk Investasi Versi Ane


Assalamu'alaikum, Agan dan Sista. Apa kabarnya hari ini? Semoga Gansis semuanya selalu sehat dan bahagia ya.



Teknologi semakin canggih, hampir semua orang memiliki gadget untuk membantu menunjang kelangsungan kehidupan yang terus dibarengi dengan perkembangan zaman.

Semua semakin dipermudah, apa yang tidak kita ketahui bisa kita cari secara instan lewat internet. Semua itu karena semakin maju dan berkembangnya teknologi.

Orang-orang tak akan kesulitan untuk mengakses apa yang ingin mereka temukan, hingga akhirnya bisa menikmati segala kemudahan yang sudah ada di era sekarang.

Selain menjadi orang yang mencari, kita juga berpeluang menjadi pembuat. Tulisan-tulisan yang muncul di berbagai blog dan platform tentu tak akan tercipta dengan sendiri. Ada orang di balik itu yang membuatnya, dan disebut sebagai penulis.

Pekerjaan semacam penulis bisa dibilang susah-susah gampang. Walaupun kelihatannya memang sepele, sebab hanya bermodalkan gadget dan kuota, serta sedikit pengetahuan mengenai dunia menulis, seseorang bisa saja menciptakan sebuah tulisan atau karya.



Namun, walaupun begitu seorang penulis tetap harus mampu berpikir kreatif untuk menciptakan sebuah karya yang bagus dan juga menarik. Meski tidak mengeluarkan banyak tenaga atau keringat, tetapi penulis di sini harus bisa bermain pikiran. Tak jarang, sebagian penulis membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bekerja, lingkungan yang tenang dan damai akan membantunya menyelesaikan tulisan lebih cepat.

Ane memang bukan penulis yang famous atau memiliki skill yang mumpuni, sebab sampai detik ini, ane sendiri juga sedang berusaha belajar bagaimana untuk terus mempercantik suatu karya.

Sambil menyelam minum air, sambil belajar ane juga bekerja keras menghasilkan #CuanXtradari pekerjaan sebagai penulis online ini. Alhamdulillah, Gansis, hasilnya lumayan bagi ane yang notabene belum pernah memiliki pengalaman kerja di dunia luar.

Sedikit cerita, setelah lulus sekolah, ane yang tidak tahu ingin ke mana akhirnya tertarik dengan dunia literasi. Beberapa kali membuat cerpen atau puisi, tak jarang juga ikut beberapa event yang bertebaran di sosial media, sampai akhirnya lolos dan karyanya turut dibukukan dengan peserta lolos yang lain.





Singkat cerita, ane akhirnya tertarik dengan Kaskus. Dibantu teman bagaimana cara menulis di sini, bagaimana membuat artikel yang menarik, hingga akhirnya bergabung di sebuah grup dan sampai sekarang tetap setia menulis di Kaskus walaupun akhir-akhir ini memang sudah jarang posting thread. Maklumin ya, Hehe.





Alhamdulillah di Kaskus bisa dapet penghasilan dari karya sendiri. Beberapa waktu kemudian, ane yang memang belum pernah menulis cerbung atau novel akhirnya nekat menulis di salah satu platform berbasis novel. Di mana, waktu itu yang bikin ane sangat tertarik adalah bonusnya.

Mulailah ane fokus di sana, belajar membuat novel hingga saat ini sudah ada tiga karya ane di sana. Ya, walaupun belum sebagus novel-novel penulis lain sih, tapi ane tetep optimis menulis.



Pendapatan di sana alhamdulillah banget, ane merasa bersyukur menemukan platform ini, sambil tetep belajar ane akan terus berkarya.





Untuk seterusnya, ane bakal menebarkan banyak karya lagi dan insyaa Allah akan diterbitkan juga di platform lain. Karena sekarang, peluang penulis untuk menuangkan karya mereka semakin banyak, terlebih novel online memang cukup banyak digemari. Selain mudah diakses, hanya melalui handphone saja kita sudah menemukan tempat untuk melepas penat dan menghibur diri dengan membaca.

Investasi tidak selalu mengenai materi, bakat menulis bagi ane adalah investasi dari dalam diri. Sebab tidak semua orang bisa dengan mudah menjadi penulis, selain itu para penulis sekarang juga bisa dengan mudah menerbitkan karya dan mendapatkan uang.

Apalagi di zaman sekarang, hanya dari rumah saja kita sudah bisa bekerja.

Terima kasih sudah berkenan mampir di thread ane, Gansis. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa cendol, rate, and share. Jika ingin diskusi, silakan coret-coret di kolom komentar tentunya dengan bahasa yang baik dan juga santai.

Sampai jumpa di thread ane selanjutnya, wassalamu'alaikum.

Opini Pribadi
Dokumen Pribadi


pein666
lianasari993
ningka
ningka dan 5 lainnya memberi reputasi
6
482
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan