Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Tips Merawat Ban Motor Agar Tidak Cepat Botak

Ban menjadi salah satu komponen yang penting dari sepeda motor. Oleh karena itu pengguna motor harus pintar – pintar merawat supaya usia pakainya bisa lebih lama dan aman juga ketika dikendarai.


Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pemotor yang berhubungan dengan ban adalah ban botak. Jika botaknya sesuai dengan lama pemakaian itu bisa dimaklumi GanSis, tapi botaknya lebih cepat dari seharusnya, nah itu baru yang jadi masalah GanSis. Makanya butuh perawatan khusus untuk menjaga ban tidak cepat botak. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat ban:

Gunakan ban sesuai standar motor

Untuk Anda yang senang melakukan modifikasi motor, perlu diperhatikan juga mengenai ban. Usahakan tetap menggunakan ban dan velg sesuai ukuran motor, baik ban luar maupun dalam yang sudah dianjurkan dari pabrikan. Soalnya penggunaan ban yang tidak sesuai dengan standar motor akan menimbulkan kerusakan.

Beban motor

Pemotor harus memperhatikan beban motor saat dikendarai. Usahakan untuk tidak melebihi batas beban maksimal. Apabila sering berkendara dengan beban yang melebihi batas, ban akan cepat rusak dan botak. Kemungkinan akan muncul retakan halus bahkan bisa pecah.

Rutin lakukan pengecekan

Selain itu ada sejumlah hal yang perlu Anda cek secara rutin pada ban motor. Seperti pentil ban, jangan sampai mengalami kebocoran yang menyebabkan ban jadi kekurangan angin terus-menerus. Cek juga tekanan udara pada ban, jangan sampai ban Anda kekurangan ataupun kelebihan angin. Ban harus dalam tekanan yang pas agar berkendara jadi lebih optimal.

Hindari parkir motor di bawah terik matahari

Sering meletakkan motor dibawah terik matahari bisa membuat ban motor menjadi cepat rusak. Ketika motor terparkir di bawah terik matahari, tekanan angin ban akan meningkat karena proses pemuaian. Sehingga dalam waktu yang lama ban motor akan cepat retak halus hingga botak.

makiinun
davecchio
dhinyzfrn
dhinyzfrn dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan