koyokampretAvatar border
TS
koyokampret
KOPI IJO khas TULUNGAGUNG [Pecinta KOPI WAJIB masuk gan]
Sebelumnya ane minta maaf kalau THREADnya enggak BAGUSemoticon-Sorry
baru pertama tampil gan

ane jadi warga Tulungagung juga bangga gan soalnya di Tulungagung ada kopi unik,nungkin uniknya hampir sepadan sama kopi JOSS di Jogja emoticon-Malu (S)

CEKIBRROOTTT gan ...emoticon-Ngakak

ini yang ngeracik koipi ijonya gan emoticon-Matabelo


ini hasil racikannya gan emoticon-Request




Kopi identik dengan warna hitam. Tapi, di daerah Tulungagung, Anda bisa menemukan kopi yang berwarna hijau. Yaitu Kopi Ijo. Wah, unik bukan? Memang, bagaimana cara penyajian Kopi Ijo ini? Jangan-jangan dari daun kopi atau dengan campuran bahan lain? Penasaran bukan dengan cara pembuatan Kopi Ijo ini?

Kopi Ijo memang mempunyai rasa dan juga tekstur yang berbeda dari kopi lainnya. Saat disajikan, Kopi Ijo ini akan terlihat berwarna hijau kehitam-hitaman saat Anda tuangkan ke dalam tatakan. Rahasianya, bukan pada campuran lain saat Kopi ini diseduh ataupun campuran zat pewarna. Tapia da dalam proses pengeringan biji kopi.
Ya, saat biji kopi sudah siap untuk dikeringkan dengan cara disangrai, Kopi Ijo ini disangrai dengan menggunakan kayu bakar yang terpilih dan juga wajan dari tanah liat. Bukan menggunakan api dari kompor, ataupun dari wajan biasa yang terbuat dari besi.

Nah, proses saat biji kopi ini disangrai ini dilakukan dengan telaten dengan menjaga besarnya api agar tetap stabil sehingga biji kopi bisa matang dan kering dengan merata. Dari proses manual dan terbilang tradisional ini, uniknya kopi tidak lagi digiling dengan cara yang sama yaitu tradisional, seperti dengan menggunakan alu dan lesung. Tapi, sudah menggunakan mesin.

Kopi Ijo memang terbilang tersohor di kotanya, Tulungagung. Anda bisa menemukannya di banyak warung kopi mulai dari yang menjajakannya di pinggir jalan hingga kafe-kafe besar. Tapi, ada satu penjual Kopi Ijo yang cukup ramai di sana, yaitu Warung Kopi Mak Waris.

Anda bisa datang ke warungnya yang tidak pernah sepi pembeli. Harganya cukup murah meriah. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 1.500,00 saja untuk satu gelasnya. Saat Anda memesannya, cara penyajian Kopi Ijo ini akan disajikan layaknya Kopi Tubruk. Yaitu Kopi Ijo bubuk yang sudah digiling akan dicampur dengan gula dan langsung diseduh dengan air panas.

Selain menjual cara penyajian Kopi Ijo dengan cara seduhan, Mak Waris ternyata juga menjual Kopi Ijo bubuk yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh. Satu bungkus seberat 0.5 kg dihargai Rp 25.000,00 sedangkan untuk yang ukuran 6 ons dibandrol Rp 6.000,00 per bungkusnya.Silakan bawa pulang!
Tempat : depan kantor Desa Bolorejo ada gang, masuk saja. Pokoknya ada antrean panjang, ya situ,jalan raya arah Tulungagung ke Trenggalek,bisa tanya ke penduduk situ gan...

JANGAN LUPA AGAN2 NGASIH emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
NB : Denger2 ada yang bilang kalau tidak biasa minum kopi ijonya bisa mules gan perut ente emoticon-Najisemoticon-Ngakakemoticon-Bingung (S) emoticon-Najisemoticon-Ngakak
Diubah oleh koyokampret 29-04-2014 11:48
0
34.5K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan