Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Luar Biasa, Samsung Sedang Kembangkan Layar Skin OLED, ini Wujudnya
Gambar prototipe Skin OLED | news.samsung.com

Para peneliti di Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT), telah menerbitkan sebuah laporan penelitian baru, yang menyatakan bahwa perusahaan raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung sedang mengerjakan teknologi skin OLED yang dapat diregangkan dan digerak-gerakkan ke segala arah. Jadi setelah panel OLED yang dapat dilipat kini Samsung berencana akan luncurkan layar Skin OLED.

Skin OLED ini dapat membentang ke segala arah, dan skin patch ini akan berfungsi sebagai pelacak kebugaran tubuh, alat ini akan dipasang di pergelangan tangan sebagai layar alternatif perangkat kebugaran dengan integrasi dua sensor juga.

Samsung baru-baru ini mendemonstrasikan teknologi ini dan mempublikasikan penelitiannya di "Science Advances Journal", dan tim peneliti Advanced Institute of Technology (SAIT) mengklaim bahwa teknologi ini sudah mencapai tingkat kinerja yang stabil pada perangkat yang dapat diregangkan dengan elongasi tinggi.

Gambar prototipe Skin OLED | news.samsung.com

Tim peneliti SAIT menempatkan skin patch layar OLED di bagian dalam pergelangan tangan, sehingga saat pengguna menggerakkan pergelangan tangannya, maka pergerakan tidak akan memengaruhi kinerja layar. Peniliti Samsung menggunakan senyawa polimer dengan fleksibilitas tinggi untuk membuat Skin OLED.

Tim peniliti juga mengintegrasikan layar Skin OLED yang dapat diperluas dan juga sensor pencitraan dalam satu perangkat, sensor pencitraan ini mampu mengukur dan menampilkan detak jantung pengguna secara real time pada layar Skin OLED.

Dalam simulasinya, layar detak jantung yang ditampilkan Skin OLED dapat direngangkan dan memungkinkan pengguna dapat mengukur data biometrik untuk jangka waktu yang lebih lama tanpa harus melepas Skin OLED yang ditempelkan dipergelangan tangan.

Gambar ic pada prototipe Skin OLED | news.samsung.com

Terlebih lagi, Skin OLED ini mampu meregang hingga 30% dan terbukti bekerja dengan baik, bahkan setelah diregangkan lebih dari 1.000 kali. Selain itu sensor ini mampu menangkap sinyal detak jantung yang redup dengan lebih akurat.

Peneliti Samsung berharap dapat meningkatkan tingkat akurasi sensor, skalabilitas, dan akurasi pengukuran sistem ke tingkat yang lebih baik. Setelah Skin OLED ini tercapai, alat ini juga dapat digunakan untuk bidang medis yang bertujuan untuk membantu memantau pasien dengan penyakit tertentu, dan juga bayi.



Referensi: news.samsung.com - Samsung Researchers Prove the Viability of Commercialized ‘Stretchable’ Devices
japarina
viqririatra
ziont
ziont dan 18 lainnya memberi reputasi
17
8.1K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan