CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waspadai Kenaikan Harga Pangan, Menkeu Ajak Ahli Ekonomi Islam Sumbang Pemikiran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c2c69c6b98905bea76ba82/waspadai-kenaikan-harga-pangan-menkeu-ajak-ahli-ekonomi-islam-sumbang-pemikiran

Waspadai Kenaikan Harga Pangan, Menkeu Ajak Ahli Ekonomi Islam Sumbang Pemikiran

Waspadai Kenaikan Harga Pangan, Menkeu Ajak Ahli Ekonomi Islam Sumbang Pemikiran

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menyebutkan dalam masa pandemi ini tantangan perekonomian global adalah pemerataan pemulihan dan keterbatasan akses vaksin. Selain itu, kenaikan harga komoditas juga perlu diwaspadai, terutama untuk komoditas pangan dan tambang.

“Saya berharap seluruh jajaran para ahli ekonomi Islam Indonesia mempelajari dan memahami konteks ekonomi global dan nasional, sehingga kita terus bisa menyumbangkan pemikiran yang betul-betul bisa menjawab persoalan ekonomi Indonesia, meskipun juga dilihat dan ditekankan dari aspek nilai-nilai keislaman,” ujar Menkeu di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Untuk itu, Sri Mulyani meminta seluruh jajaran Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) ikut serta menjawab persoalan ekonomi Indonesia.

"Sebagai ikatan dari para ahli ekonomi Islam di Indonesia, tentu kita juga tidak bisa terlepas dari fenomena covid ini yang mempengaruhi ekonomi kita. Kita juga kemudian harus berpikir keras bagaimana kita semua bisa berkontribusi untuk memulihkan perekonomian,” katanya.

Dia menambahkan, jaringan IAEI terus berkembang dengan mayoritas berbasis akademisi di dalam maupun luar negeri menambah poin positif organisasi ini. Dengan jaringan yang luas, tentu konten dan kualitas akademisi di bidang ekonomi islam terus meningkat.

Dalam hal ini, pemahaman serta penguasaan teknik dan metode untuk menganalisa indikator ekonomi juga meningkat.

“Pada akhirnya, kita berharap bahwa ekonomi yang berhubungan dengan alokasi sumber daya bisa dilakukan dengan prinsip-prinsip keislaman yaitu keadilan, transparansi, integritas, dan juga dukungan terhadap mereka yang paling tidak mampu bisa diwujudkan di dalam kebijakan kita dan ini akan mencapai tujuan dari agama Islam yaitu menjadi rahmat bagi seluruh dunia, rahmatan lil alamin,” tandasnya. (TYO)

link


Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menyebutkan dalam masa pandemi ini tantangan perekonomian global adalah pemerataan pemulihan dan keterbatasan akses vaksin. Selain itu, kenaikan harga komoditas juga perlu diwaspadai, terutama untuk komoditas pangan dan tambang.
profile-picture
barathrum2010 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Cerita nya klean tuh udah ndak bole kismin, kismin itu khayalan.
Jadih klean wajib bayar pajak emoticon-Ultah
Akhir nya indon jadih negara maju, tanpa ada org kismin. Hurray...
Diubah oleh mibmobz
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Berhubung ahlinya, Tengku Zulkarnaen sudah tiada. Mungkin Anwar Abbas bisa menggantikan memberi masukan.

emoticon-Ultah
profile-picture
m0de83g0 memberi reputasi
Hilangi aja gaji ke 13 asn

Alihin untuk alesan mendasar mengenakan ppn ke semabko

Misal alesan untuk oengdaaan vaksin...
Ya alihin kesitu
Lakuin selama 3-5 tahun...
Setelah itu baru ketika ekonomi normal daya beli normal baru ppn terapin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
belial dan 3 lainnya memberi reputasi
Hilangin tu gaji buta ke 13
profile-picture
profile-picture
ridonculous dan Luca_Bligh memberi reputasi
simple tinggal serahkan saja semuanya kepada tuhan
Tuhan bakal kasih jalan keluar kok
Diubah oleh muhammadgie
Punya wapres kyai ahli syariah masak ga bs
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan matcha.tea.1402 memberi reputasi
ane heran gk ada ekonom muslim yg mencetuskan teori ekonomi islam

tapi prakteknya ada emoticon-Bingung (S)
tutup riba
profile-picture
pamansengkuni memberi reputasi
ya ganti aja presiden nya beserta menteri menterinya siapa tau berubah kan..

ngapain pusing pusing..

periode dua periode ini paling ancur sepanjang sejarah...
profile-picture
profile-picture
superman313 dan pamansengkuni memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Emang mampu mikirnya?
Reformasi agraria.
Biofuel 100%.
Palingan nanti cm disuruh baca manual book di manual book semua lengkap soal nya
Dr bumi datar sampe bumi bola jg ada bisa ditafsirkan sesuai kebutuhan
Tinggal tanya wapres kita kok susah. Lol
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan matcha.tea.1402 memberi reputasi
wapres situ kan ahli ekonomi syariah
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan matcha.tea.1402 memberi reputasi
Pajak itu haram bos...
Cukup zakat infaq sodaqoh saja
profile-picture
profile-picture
secer dan Somad.Monyong memberi reputasi
Udah harga pangan naik, masih mau dipajakin juga?

Luar binasa!! emoticon-Gila
profile-picture
matcha.tea.1402 memberi reputasi
Jd menkeu nyusahin org kerjaanya kl mau malak org2 kaya raya jgn org2 kecil carii duit susah dipalak pulak mending dpt fasilitas kesehatan dan pendidikan gratis ini semua hrs bayar plus dipalak pajak semoga anda kena karma yg setimpal
profile-picture
profile-picture
alslakraditossh dan matcha.tea.1402 memberi reputasi
Tepat sekali jeng sri mengajak ahli ekonomi islam untuk masalah pangan.. Jadi jeng sri bisa kasih opsi ke pelaku pangan.. Mau pake PPN 5 - 10 % ato sesuai syariah.. Zakat hasil tanam itu 5 - 10 %.. emoticon-Malu (S)

https://nasional.kompas.com/read/201...akat.Pertanian

Jadi bisa win2 solution dan halalan thoyibah.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
secer dan Somad.Monyong memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Nggak usah bingung Ani. Masyarakat ini jiwa gotong royongnya masih tinggi. Tengoklah kitabisa.com. Sumbangan apapun terus mengalir. ASAL tujuan sumbangannya jelas.

Kalau pemerintah mau menggalang dana masyarakat pasti bisa. Tapi tujuannya harus jelas. Programnya apa. Misal mau bikin bantuan sosial untuk 20 juta rakyat miskin. Buka aja penggalangannya, kerjasama dgn kita bisa. Tapi nanti laporannya harus transparan ya.
Yang jadi masalah selama ini kan transparansi program pemerintah yg kurang.

Lakukan juga efisiensi anggaran. Buat apa kementerian ngabis2in duit rapat di hotel di era pandemi?
Kalau semata-mata mau menyelamatkan hotel, ajak masyarakat nginap hotel tapi jangan pakai APBN. Gandeng artis misalnya.

Potong tunjangan ASN tapi proporsional. Yang gajinya kecil jangan dipotong. Makin gede gajinya, potongan makin besar.
profile-picture
profile-picture
yonalpro dan alslakraditossh memberi reputasi
Diubah oleh matcha.tea.1402
Yg tapir harap minggir dulu ya

emoticon-Toast
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di