CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenag: Pancasila Bukan untuk Menggantikan Kedudukan Agama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60c094a7041b550da5498431/kemenag-pancasila-bukan-untuk-menggantikan-kedudukan-agama

Kemenag: Pancasila Bukan untuk Menggantikan Kedudukan Agama

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 14:48 WIB


Kemenag: Pancasila Bukan untuk Menggantikan Kedudukan Agama
Ilustrasi kantor Kemenag (Foto: Dok. Kemenag)

Jakarta - Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar, mengatakan pengamalan Pancasila tidak dapat dilepaskan dari semangat dan jiwa keagamaan. Fuad mengatakan Pancasila juga bukan untuk menggantikan kedudukan agama.

"Pengamalan Pancasila dalam tindakan tidak dapat dilepaskan dari jiwa dan semangat keagamaan. Pancasila tanpa agama akan kehilangan makna. Pancasila bukan untuk meminggirkan dan menggantikan kedudukan agama yang dijunjung tinggi dalam perikehidupan bangsa dan masyarakat kita," kata Fuad saat menjadi pembicara dalam serial webinar kebangsaan seperti dalam keterangan tertulis Kemenag, Rabu (9/6/2021).

Fuad menjelaskan, dalam pandangan umat beragama, khususnya umat Islam yang terwakili dua organisasi terbesar, NU dan Muhammadiyah, Pancasila adalah pilihan final dan terbaik karena merupakan perjanjian seluruh elemen bangsa. Disebutkan bahwa dalam pemahaman Muhammadiyah, negara berdasarkan Pancasila merupakan 'darul ahdi wa syahadah'. Sedangkan dalam pemahaman NU, negara berdasarkan Pancasila merupakan 'mu'ahadah wathaniyah' (kesepakatan kebangsaan).


Fuad juga menyitir istilah dari Wapres Ma'ruf Amin bahwa Indonesia 'darul mitsaq' (negara kesepakatan). Selain itu, Fuad menceritakan mengenai Perdana Menteri RI 1950-1951, M Natsir, yang menulis buku 'Agama dan Negara dalam Perspektif Islam'. Dalam buku itu ditegaskan bahwa kesatuan antara Islam dan Pancasila terjadi pada tingkat ide.

"Pancasila akan hidup subur dalam pangkuan ajaran agama Islam. Kita dapat menjadi Muslim yang taat yang dengan riang gembira pula menyanyikan 'Indonesia Tanah Airku'," kata Fuad mengutip pandangan pahlawan nasional Mohammad Natsir.

"Pancasila adalah dasar yang paling tepat bagi eksistensi negara kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merupakan karya bersama milik bangsa," sambungnya.

Fuad menegaskan Pancasila terbukti dapat mempersatukan rakyat Indonesia. Dia mengutip pernyataan Bung Karno.

"Pancasila, seperti dikatakan Bung Karno, merupakan suatu dasar yang dinamis dan terbukti benar-benar dapat mempersatukan rakyat Indonesia," imbuhnya.

link


Bisa ditebak karena perspektif sealiran, mungkin beda kalau perspektifnya beda sealiran  
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh goal481
Halaman 1 dari 2
apa kabar moderasi beragama? dikasih dana begitu banyak tp impactnya segitu-segitu aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 25 balasan
agama bisa memecah bangsa, tapi pancasila selamanya pemersatu bangsa
profile-picture
profile-picture
goal481 dan dic.lvx memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
masih ada yang seriusin kementerian islam urusan retorika dan omdo?emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan secer memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pancasila cuma tameng doang, tapi nggak diamalkan. Selama masih ada kafir non kafir, mayoritas minoritas, pribumi non pribumi jgn ngomong Pancasila. Apa kabar gereja yg ditutup2, apa kabar vihara yg dibakar karena ada yg tanya volume toa, apa kabar kolom agama di ktp.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
dibikin jadi agama baru aja pak, ibadahnya tereak2 "saya pancasila"... pemeluk yg mati dibacain pancasila emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Emg ga bisa mengganti kedudukan agama.
karena agama apapun harus tunduk dibawah dasar/hukum negara.
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bener jg sih. Terlalu nasionalis jg jelek, inget nazi? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
SELAMA MENAG MASIH DARI KALANGAN UCLIM IDIOT MANA MAJU NEGARA INI emoticon-Blue Guy Bata (L)

TOLERAN APAAN? KEDOK DOANG ISINYA KADRUN 0nta2 idiot emoticon-Najis
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pancasila itu sakti karena berketuhanan yang Maha Esa
nah, ini baru betul.

Pancasila bukan untuk menggantikan agama.

Pancasila adalah kesepakatan antar anak bangsa. jelas banget udah.
Jadi, Pancasila itu berlawanan dengan nasakom
ciri khas PKI: klaim bela pancasila dan selalu benturkan agama dengan pancasila.

sama seperti yang dilakukan gerombolan cebong saat ini, wajar kalau dicurigai sebagai neo PKI. emoticon-Ngakak
Salah sendiri bikin soal gitu... Jadinya panjang kan
..
Emang bener sih. Seingat saya waktu pelajaran sejarah masa sekolah dulu, tujuan Pancasila dijadikan dasar negara memang bukan untuk menggantikan agama, tapi mengasimilasikan budaya, agama, dan nasionalisme dalam satu wadah.

Tapi prakteknya sampe hari ini belum berhasil. Masing-masiing dari ktiga aspek itu seperti selalu berada lebih di atas dari aspek lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gesundheit
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pancasila dasar negaraaaa..

rakyat adil makmur sentosaaaa...

pribadi bangsa kibul..

ayo majuu majuuu..

ayo majuu majuuu..

AYO NYUNGSEP NYUNGSEP...
Diubah oleh noiiss
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perasaan yg ribut cuma agama itu itu melulu...

Yg lain adem ayem...

emoticon-Cape d...
profile-picture
Somad.Monyong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pecah negara ini, ada yg jadi negara islam, ada yang jadi negara sekuler.
Kemenag: Pancasila Bukan untuk Menggantikan Kedudukan Agama
Itulah karena P4 sudah di tiadakan jadinya ya penganut agama mayonais yang pemikirannya agak miring jadi berulah.
Post ini telah dihapus oleh KS06
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di